Inilah 3 Jenis Burung Jalak Yang Baik Untuk Dipelihara

Diposting pada

Jalak merupakan salah satu spesies burung yang sering diikutkan pada ajang adu gacor antar burung. Burung ini memiliki ukuran panjang sekitar 20 hingga 25 cm dengan paruh yang lurus, kuat dan tajam.

Banyak orang yang menyukai burung ini karena suaranya dan juga memiliki tingkat kecerdasanya yang tinggi hingga dapat menirukan beberapa kata yang diucapkan manusia dan suara ocehan burung kicau lainnya.

Penasaran ..?. Yuk simak ulasan lebih lengkapnya untuk jenis burung jalak yang cocok untuk dipelihara.

Jalak yang Cocok Untuk Dipelihara Sebagai Burung Ocehan


Jalak Bali

Jalak bali merupakan salah satu jenis burung yang berasal dari Suku Sturnidae. Hewan dengan jenis endemic ini yang berada di wilayah Indonesia ini memiliki warna hitam pada bagian ujung sayap dan bulu ekor.

jalak-bali

Pelupuk mata jalak bali akan terlihat seperti berwarna biru dan menjadikanya ciri khas burung tersebut. Hewan ini mempunyai paruh runcing dengan panjang 2-3 cm dengan bagian ujung berwarna kuning kecoklatan.

Habitat asli burung jalak bali adalah hutan mangrove, hutan rawa dan daerah dataran rendah. Burung ini merupakan salah satu hewan yang dilindungi oleh pemerintah. Sehingga untuk bisa memelihara jalak bali anda harus memiliki ijin yang bersertifikat sah dari pihak berwenang.

Berapa harga burung jalak yang satu ini, jika anda ingin memelihara anda juga harus merogoh kocek yang relatif mahal sekitar 5 – 10 juta. Ada baiknya apabila membeli hewan endemik ini harus melalui agen yang terpercaya dan memiliki sertifikat jual beli. Jika tidak burung bali tersebut akan disita oleh pihak yang berwenang.

Baca selengkapnya :  Perawatan Khusus Untuk Murai Batu Yang Cuma Ngeriwik

Jalak Suren

Burung Jalak Suren yang terdapat di Indonesia sendiri memiliki ras yang bermacam – macam. Akan tetapi yang paling diminati oleh masyarakat adalah jalak suren jawa.

jalak-suren

Burung ini memiliki ciri yang berbeda antara burung betina dan juga jantan. Suren betina akan memiliki kepala yang relatif ramping disbanding suren jantan. Jalak suren jawa juga memiliki kepala yang berwarna hitam, sedangkan jalak yang ada di habitat lain memiliki kepala berwarna putih.

Jalak Suren merupakan burung yang memiliki kegacoran yang terbaik dan sering di adu suaranya, jalak suren ini juga terkenal dengan burung satpam (security) dan bisa bermanfaat sebagai penjaga rumah, apabila ada orang asing yang datang dan tidak dikenalnya maka burung ini akan bersuara keras dan lantang.

Namun, suren betina akan memiliki beragam suara yang tidak monoton jika dibandingkan dengan suren jantan. Untuk merawat burung ini anda bisa menyediakan kandang yang relatif cukup besar atau bisa untuk pembudidayaan.

Kemudian juga harus selalu perhatikan kebersihan kandang agar burung mampu menunjukkan performa terbaiknya saat berkicau. Dalam pemberian makan burung juga mempengaruhi suara kicauan sang jalak suren tersebut. Dengan anda yang perlu memperhatikan dan memberikan perawatan yang ekstra agar burung jalak suren mau berkicau dengan merdu.

Pada umumnya, jarak suren akan mengkonsumsi makanan seperti burung biasa yaitu buah atau juga voer. Namun anda bisa memberikan ektra makanan tambahan seperti jangkrik dan kroto yang yang tentunya sangat baik untuk menambah kualitas kicauan sang burung.

Jalak Putih

Banyak pecinta burung yang menyukai jalak putih karena hampir semua bulunya berwarna putih. Jalak putih sendiri dikenal karena memiliki bulu yang halus berwarna putih dari ujung kepala, pungguh, tenggorokan, perut dan ekor bagian bawah.

Baca selengkapnya :  Cara Memilih Ciblek Jawara Prospekan Yang Bagus

Pada bagian sayap jalak putih ini memiliki warna hitam pada ujung sayap nya dan bagian atas ekor yang berwarna hitam. Anda juga akan menemukan lapisan kulit berwana kuning terang disekitar kelopak mata sang burung.

jalak-putih

Jalak putih memiliki ukuran tubuh yang proposional yaitu berukuran 20 – 25 cm. Burung ini juga memiliki postur tubuh yang gagah dan juga menawan. Jangan salah, jalak putih juga mempunyai suara kicauan yang begitu istimewa jika dibandingkan suara burung jalak pada umumnya.

Jenis burung jalak ini akan sangat mudah untuk menirukan suara burung burung lain. Akan tetapi masih ada banyak lagi jenis jalak lainnya yang bisa anda pelihara di rumah anda. Sebagai pemilik burung adu gacor, wajib bagi anada untuk memeprhatikan asupan makanan ekstra untuk membuat suara burung semakin mempesona. Anda juga harus memperhatikan kesehatan burung dan kebersihan kandang agarburung tidak mudah drop dan sakit.

Berapa kisaran harga jalak putih saat ini ?. Untuk harga burung jalak putih yang berada dipasaran, berkisar 1,5 – 1,7 jutaan dengan usia umur yang sudah mapan dan gacor.

Demikian Penjelasan yang dapat kami berikan seputar Burung Jalak. Jika saya ada kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf.

Semoga kiranya dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi teman-teman di dunia burung kicau. Terima kasih.