Inilah Spesifik Burung Wambi, Habitat, Ciri, Suara, wambie

Diposting pada

Hwa Mei juga biasa disebut wambi. Burung wambie ini sangat memiliki ciri khusus dan unik yang jarang sekali dimiliki oleh burung kicauan yang lainnya. Burung ocehan yang tergolong jenis burung yang rajin bunyi ini, berasal dari negara cina.

burung-wambi

Panjang tubuh yang dimiliki wha mei ini sekitar 27cm. Warna bulu tubuhnya bewarna coklat tua dan hanya di bagian kepalanya, menyerupai topeng di matanya bewarna putih. Dan dibagian belakang kepala hingga tengkuk terdapat garis kehitam-hitaman. Burung ini sempat populer di tahun 1986 yang termasuk jenis burung kicauan yang memiliki suara kencang (brisik).

Akan tetapi dengan karakter suara vokalnya yang kencang dan mengkristal ini, tentunya banyak menraik perhatian para penghobi kicau di seluruh belahan dunia, khususnya di wilayah indonesia kita ini.

Sebelum anda memelihara burung yang satu ini, ada baiknya anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang spesifikasi dan karakteristik dari burung ini. Agar dapat memudahkan anda dalam perawatan yang tepat dan baik. Berikut kita simak ulasan dari burung wambi selengkapnya dibawah ini :

Mengenal lebih dekat burung wambie yang belum anda ketahui


Habitat dan ciri

Burung Hwang Mei ini berasal dari negara China, bisa ditemui didaerah hutan sekunder terbuka penuh semak yang dekat hulu, ditepian sungai dengan sumber mata air yang sangat disenangi oleh burung yang satu ini, serta kebun bambu, selain itu juga burung ini sering di jumpai di bantaran sungai sebagai tempat berkembang biaknya burung tersebut.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Menjinakkan Burung Kacer Yang Giras

Hwa-Mei

Ciri burung Hwa Mei, Hwa mei jantan sangat pandai berkicau serta vokal lebih kencang dan bervariasi dan dapat menirukan kicau burung lainnya, berbeda dengan burung Hwa mei betina yang hanya mampu mengeluarkan suara yang monoton berbunyi kuur kuur kuuuuuur saja. Makanan yang dibutuhkan, pakan alami dari burung ini sangat menyukai ulat bambu, ulat daun, ulat hongkong (UH), kroto dan siput liar.

Keunggulan dan kelebihan yang dimiliki oleh burung hwa mei ini, bila burung ini sudah mapan dan jadi saat berkicau dengan penampilannya penuh agresif binal dan liar dengan gaya dan memiliki khas tersendiri. Ketika berkicau burung bergerak dengan energik yang menggetarkan seluruh tubuhnya dan kepakan sayapnya yang ikut bergetar.

Namun kelemahan dari burung ini, untuk pemeliharaan dibatasi bahkan sempat dilarang karena saat itu pernah gempar dan merbaknya kasus flu burung, sehingga semua burung impor yang dari luar negara dihentikan, termasuk burung hwa mei ini.

Bagaimana cara merawat burung hwa mei ini ?.

Berikut tips singkatnya, burung hwa mei ini bersifat liar, untuk menjinakannya butuh kesabaran dan proses yang lama. Alternatif khusus dengan cara mendekatkan burung hwa mei betina, dengan cara ini akan memicu burung jantan yang akan berbunyi (berkicau) merayu burung hwa mei betina, peliharalah burung ini dalam sangkar yang luas. Namun akan tetapi jika perawatan anda salah burung tersebut sangat rentan pada kematian.

Suara burung Wha Mei (wambie)

Siapa yang tidak kenal dengan suara ciri khas yang dimiliki oleh burung ini?. Bagi para hobiis kicau maniak sangat kagum dengan karakteristik dari burung ini jika sudah mengeluarkan suara andalannya yang sangat keras dan kristal, bahkan tidak sedikit para kicau yang menjadikan suara burung ini menjadi suara masteran burung ocehan lainnya, serta mampu sebagai terapi untuk memancing burung lain untuk berkicau.

Baca selengkapnya :  Efek Samping Pemberian Ulat Hongkong Untuk Murai Batu

Penasaran dengan suara burung wambi ini ?. Berikut kami sediakan audio mp3 suara burung wambie yang dapat anda download secara gratis disini :

Suara burung wambi jantan – Download link disini


Burung Hwamei Wambi wambie Istimewa Gacor – Download link disini


Dari informasi yang sudah kami berikan, setidaknya dapat memberikan barometer anda untuk menambah wawasan dan perkembangan seputar dunia kicau saat ini. Namun jika anda ingin memelihara burung yang satu ini setidaknya anda harus menyiapkan bajet yang relatif cukup mahal, tidak heran karena burung jenis ini burung import yang tergolong langka dan sangat sulit untuk di temui di indonesia.

wambie

Untuk harga dari burung tersebut, anda harus merogoh kocek kurang lebih sekitar Rp 2 jutaan untuk burung yang masih bahan (jantan), namun untuk burung wambie yang sudah jinak dan gacor berkisar 3 – 7 jutaan. Woow harga yang fantastis bukan. Akan tetapi untuk masalah hobi, harga akan menjadi urutan belakang tentunya.