Cara Mudah Ternak Burung Parkit

Diposting pada

Para pecinta burung pastinya sudah tidak asing dengan burung parkit. Burung ini memiliki bulu yang indah dengan kicauan yang cukup unik. Ada beberapa dari burung ini yang bisa berkicau dan menirukan apa yang dikatakan pemiliknya. Pada pembahasan kali ini saya akan berbagi tips dan pengalaman pribadi saya tentunya tentang bagaimana cara ternak burung parkit dengan mudah.

Tak heran jika burung ini memiliki harga yang cukup mahal. Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan cara membudidayakan parkit agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Penasaran ?. Yuk cek info selengkapnya dibawah ini :

Trik Sederhana Membudidayakan Parkit


1. Membeli parkit Jantan dan Betina

Ketika anda berencana untuk membudidayakan burung ini, maka anda harus menyediakan burung dengan jenis kelamin yang berbeda agar melakukan perkawinan.
Agar tidak sampai salah membelinya, maka anda harus mengetahui cara memilih burung jantan maupun betina yang benar.

Namun, akan lebih baik lagi jika anda mendapatkan parkit yang sudah berjodoh sehingga tidak perlu menunggu keduanya menjadi cocok. Dengan ini kita dapat menghemat waktu untuk ke tahapan selanjutnya.

penjodohan-parkit

2. Menjodohkan Parkit Jantan dan Betina

Namun jika anda membeli kedua jenis indukan yang belum berjodoh, berarti cara ini harus ditempuh dengan proses penjodohan terlebih dahulu. Setelah membeli dua burung dengan jenis kelamin yang berbeda, maka anda perlu menyediakan dua sangkar yaitu masing masing untuk jantan dan betina.

Kemudian meletakkan keduanya berdekatan agar burung satu dan yang lain bisa saling bersahutan saat berkicau. Biasanya proses ini memakan waktu sekitar satu minggu. Jika burung ini sangat rajin berkicau maka anda perlu memasukkan burung betina di dalam sangkar ternak agar beradaptasi.

Baca selengkapnya :  Inilah Spesifik Burung Wambi, Habitat, Ciri, Suara, wambie

3. Menyediakan Tempat Penangkaran untuk Burung Parkit

Saat anda berternak burung parkit, maka anda harus menyediakan penangkaran burung. Hal ini bisa dilakukan setelah anda memastikan bahwa antara parkit jantan dan betina saling cocok, sehingga anda harus memindahkan keduanya kandang dengan ukuran yang lebih besar.

Biasanya kandang ini memiliki ukuran 40 cm x 40 xm x 60 cm. Namun, ukuran ini hanya untuk sepasang parkit saja. Sedangkan jika anda memiliki lebih dari satu pasangan, atau dengan sistem koloni yang anda gunakan maka anda harus menyiapkan kandang dengan ukuran yang lebih besar lagi tentunya.

ternak-koloni-parkit

Selain itu, anda juga harus memperhatikan bahwa kandang tersebut tidak memiliki lubang yang dapat beresiko hewan seperti tikus yang nantinya bisa masuk dan menyantap burung anda, namun kandang juga harus selalu dalam kondisi yang bersih.

Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan dari burung parkit itu sendiri. Anda juga harus menempatkan kandang ditempat yang lebih aman serta tidak berisik, pastikan kenyamanan di area penangkaran harus selalu kondusif aman, dari gangguan manusia, maupun predator lainnya yang kiranya dapat membahayakan.

Kesalahan dalam meletakkan kandang bisa menyebabkan telur parkit tidak menetas atau gagal pecah telurnya. Selain itu, jangan lupa untuk meletakkan ranting di dalamnya sebagai tempat nangkring burung.

4. Menyediakan Makanan yang Tepat

Salah satu hal yang perlu dilakukan saat ternak burung parkit adalah menyediakan makanan dengan nutrisi yang cukup. Jenis makanan untuk burung ini biasanya berasal dari biji bijian, buah buahan dan sayur sayuran.

Untuk makanan dari biji bijian anda bisa menyediakan biji milet merah, biji millet putih. Sedangkan jenis makanan dari buah buahan, anda bisa memberikan pakan berupa buah pepaya, buah apel, buah pir maupun buah pisang.

Baca selengkapnya :  Inilah 4 Jenis Burung Parkit Terbaik, Habitat, Harga, Suara

Selain memberikan pakan yang berkualitas, namun untuk pemberian minumnya juga harus perlu diperhatikan, cek dan ganti setiap hari air minum burung ini sehari 2 kali, pagi dan sore. Dan diusahakan air yang diberikan adalah air mineral yang sudah dimasak matang.

pakan-burung-parkit

5. Membersihkan Kandang Parkit

Penting bagi anda untuk menjaga kebersihan kandang dari burung ini. Namun, jangan terlalu sering melakukannya karena hal ini menyebabkan parkit menjadi terganggu. Jika kandang sudah terlihat kotor maka anda harus membersihkan secara perlahan dan mengganti minumnya secara berkala.

Minuman yang tidak diganti bisa menyebabkan adanya cacing anakan nyamuk. Anda juga harus memastikan bahwa kandang tetap kering saat sedang ternak burung parkit.

Itulah beberapa cara mudah membudidayakan parkit bagi anda yang masih pemula. Penting untuk menyediakan sarang yang biasanya memiliki bentuk kotak di dalam kandang parkit.

Pastikan juga untuk memilih burung yang sehat dan berkualitas, agar bibit yang dihasilkan memiliki kualitas yang sama dengan indukannya. Selain itu, anda juga harusmeletakkan sangkar di tempat yang lebih sepi agar tidak tidak terganggu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan sesuai pengalaman kami dalam membudidaya / ternak burung parkit dengan cara yang simple dan sangat baik. Semoga kiranya dapat menambah pengetahuan teman-teman kicau semua , semoga bermanfaat.