Inilah 4 Jenis Burung Parkit Terbaik, Habitat, Harga, Suara

Diposting pada

Burung parkit sendiri merupakan salah satu burung dengan ukuran yang kecil dan memiliki suara yang merdu. Asal asulnya sendiri adalah seorang penulis buku Zoologi bernama Shaw yang memberi nama burung tersebut dengan sebutan Melopsittacus Undulates yang dimana berasal dari Bahasa Yunani yang berarti nyanyian, sedanglan untuk psittacua berbarti keluarga betet.

burung-parkit

Untuk itu, kali ini akan diulas mengenai jenis burung parkit yang harus anda tahu.

Beragam Jenis Dari Parkit Yang Bisa Anda Pelihara Di Rumah


Jenis Burung Parkit Beserta Harganya


1. Parkit Australia

parkit-australiaSalah satu jenis burung parkit australia yang masih satu keluarga dengan burung kakatua yang endemik di Australia adalah parkit Australia. Untuk jenis satu ini banyak sekali orang yang beranggapan bahwa burung ini sebagai burung beo jambul atau kakatua kecil. Akan tetapi penelitian menunjukkan bahwa jenis satu ini memiliki sub family tersendiri sehingga dapat diklarifikasikan sebagai burung terkecil dari keluarga kakatua.

Jenis burung parkit ini memiliki jenis kicauan yanng berbeda antara jantan dan betina. Untuk burung yang jantan mempunyai suara yang lebih keras dan kompleks serta kemampuan vokal yang baik. Sedangkan untuk betina, memiliki vokal yang lebih tenang, meskipun sedikit agresif dan suka mendesis.

Baca selengkapnya :  9 Jenis Burung Kelas Atas Untuk Hobi Para Sultan

Untuk harganya sendiri, anda bisa membeli parkit Australia ini dengan harga yang berkisar 500 ribu rupiah untuk anakan. Sedangkan harga burung parkit australia umum untuk indukan adalah sebesar 1,4 juta rupiah.


2. Parkit Holland

parkit-hollandUntuk jenis parkit holland satu ini merupakan jenis yang paling populer di negara Jepang dan Korea. Hal ini dikarenakan di kedua negara tersebut banyak sekali yang memilihara jenis burung satu ini di rumah dan dibiarkan untuk berkeliaran di kandang sekitarnya.

Untuk asal dari burung ini sendiri adalah berasal dari negara Belanda. Dimana burung ini pun memiliki ciri ciri berupa badan yang lebih besar jika dibandingkan dengan burung parkit lokal serta memiliki warna yang mebih bervariasi.

Untuk jenis burung parkit ini pada umumnya akan susah untuk beradaptasi di Indonesia karena faktor cuaca dan suhu yang berbeda.

Untuk harga parkit Holland ini dijual dengan rentang harga sekita 500 ribu hingga 800 ribu rupiah. Untuk anda yang ingin mengoleksi jenis satu ini sebaiknya anda akan memiliki perawatn yang ekstra mengingat parkit dengan jenis ini susah untuk dipelihara di Indonesia.


3. Parkit Taiwan

parkit-taiwanUntuk jenis parkit satu ini memiliki habitat yang berasal dari negara Taiwan. Untuk postur tubuhnya sendiri, burung ini memiliki bentuk tubuh yang hampir sama dengan parkit Holland. Bedanya adalah jenis satu ini lebih mampu untuk beradaptasi dengan lingkungan suhu di negara tropis seperti di Indonesia.

Untuk harganya sendiri, anda bisa membeli burung satu ini dengan harga sekitar 125 ribu hingga 250 ribu rupiah saja.


4. Parkit Rosella

parkit-rosellaBagi anda pecinta parkit, pasti anda akan menyukai jenis burung parkit satu ini. Hal ini dikarenakan parkit rosella memiliki warna bulu yang sangat cantik. Parkit yang berasal dari Australia ini juga memiliki suara yang bagus. Selain itu, jika anda memelihara jenis satu ini anda pun harus sering melakukan interaksi sehingga nantinya parkit ini tidak menjadi liar.

Baca selengkapnya :  Manfaat Umbaran Untuk Burung Murai Batu

Harga untuk membeli yang anakan anda perlu merogoh kocek sekitar 250 ribu dan untuk indukan sekitar 500 ribu rupiah.

Bagi anda yang ingin melihara burung satu ini di rumah, maka anda pun perlu mengetahui jenis jenis apa saja dan bagaiman habitatnya. Jangan sampai anda salah pilih untuk membeli jenis parkit yang tidak bisa hidup di lingkungan Indonesia. Selain itu, anda juga perlu menyesuaikan harga parkit sesuai dengan kantong anda.


Habitat dan Kebiasaan

Parkit biasanya ditemukan diberbagai daerah di pedalaman, pengering Australia, akan tetapi mereka juga dapat ditemukan di semi kering dan sub lembab bagian. Ada beberapa pergerakan musiman untuk budgies sekalipun, dimana mereka dapat pindah keutara selama musim dingin.


Ciri-Ciri Parkit

Bagaimana cara membedakan parkit jantan dan betina ?. Untuk menganalisa jenis kelamin burung parkit bisa dibedakan dengan mudah setelah usia kurleb 4 bulan. Jantan memiliki ciri warna biru dibagian atas lubang hidungnya. Untuk jenis kelamin betina bewarna putih kotor, krem atau coklat.

Jika umur parkit masih sangat muda dan dibawah umur yang telah dijelaskan, maka akan sangat sulit untuk dibedakan mana yang jantan dan betinanya. Karena ciri-ciri tonjolan hidung parkit jantan belum dapat dilihat.


Makanan Yang di Butuhkan

makanan burung parkit sama seperti burung paruh pendek pada umumnya, yaitu biji-bijian beserta sayur-sayuran. Akan tetapi pakan yang paling disukai oleh parkit adalah biji milet atau jewawut yang terlihat bersih dan cerah, yang berisi. Itu pertanda pakan tersebut masih fresh dan sangat baik jika diberikan untuk burung ini.


Cara Merawat Burung Parkit

Makanan tambahan berupa sayur-sayuran, seperti tauge atau jagung muda yang sangat digemari sekali oleh burung ini. Pakan tersebut dapat kita berikan seminggu sekali untuk mengimbangi dan melengkapi kecukupan gizi si centil warna-warni ini.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis dan Ciri Cucak Ijo Banyuwangi, Harga dan Suara

Satu lagi yang tidak kalah pentinnya, yaitu pemberian grid atau batu mineral yang bisa diambil dari kulit sotong atupun tumbukan batu bata merah. Tujuan pemberian grid ini agar memberikan kebutuhan mineral untuk burung sebagai asinan, dan mampu untuk memperlancar proses pencernaannya.


Suara Burung Parkit

Suara burung parkit gacor memang sangat unik dan aneh terdengar seperti suara manusia yang sedang ngedumel / ngomel-ngomel. Akan tetapi bagi para hobiis kicau maniak, untuk burung parkit ini sendiri sering digunakan sebagai burung isian atau masteran yang baik untuk melatih suara kasar dan crecetannya yang khas.

Berikut dibawah ini suara audio mp3 burung parkit yang dapat anda unduh secara gratis.

download suara burung parkit juara

Download link disini


pancingan suara burung parkit

Download link disini


suara burung parkit gacor memanggil

Download link disini


download suara burung parkit betina

Download link disini