Makanan Burung Jalak Rio Rio

Diposting pada

Halo kicau mania semua, apa kabarnya ?. Nah di kesempatan kali ini Kacer.Co.Id akan memberikan tips tentang makanan burung jalak rio rio, beserta tips lain serperti rawatan burung yang masih bahan ya jika temen-temen baru saja membelinya di ombyokan, dan langkah-langkah apa saja yang harus di lakukan ?.

Burung rio-rio ini masih tergolong sejenis keluarga jalak-jalakan ya temen-temen, hanya saja perbedaan yang agak mencolok di postur tubuh dan paruhnya, jika dilihat sekila mirip burung paruh bengkok pemakan biji ya, namun pada dasarnya karakter yang dimilik si jalak rio-rio ini hampir mirip dengan burung manyar yang menyukai serangga juga.

Sejak dulu juga burung ini sudah dijadikan sebagai burung masteran handal ya temen-temen, biasanya untuk mastering murai batu, kacer dan cucak ijo. Karena karakter suara kicauan yg dimilikinya sangat lantang, nembak ngerol dan lebih bervariasi.

Apa Makanan Burung Rio Rio ?


Voer

Nah pakan voer untuk jalak rio ini kalian bisa memberikan jenis voer kasar ya, yang memiliki tinggi akan protein, dan vitaminnya, ya minimal antara 18% standar lah ya, untuk pribadi dan pengalaman saya sendiri biasa menggunakan jenis merk topsong kuning ataupun hijau ya,

Untuk lebih bagusnya bisa juga memberikan voer nanjung 105, yang memiliki campuran ekstrak buah dan kandungan proteing yang tinggi, tentu baik ya bagi kebutuhan asupan burung rio-rio tersebut, agar selalu sehat.

Buah – Buahan

Buah yang cocok dan aman untuk burung jalak rio-rio ini adalah pisang kepok ya, terserah kalian mau memberinya yang pisang kepok putih ataupun kuning, asalkan harus matang ya dan segar ya, usahakan jangan memberikan buah yang hasil peraman ya, yang lebih baik matang asli atau alami dari pohon.

Baca selengkapnya :  Cara Ampuh Membuat Ciblek Gacor Dan Jinak Dengan Mudah

Selain pisang ini buah apa saja ya kira-kira ?. Temen-temen juga bisa memvariasikannya dengan jenis buah pepaya, anggur, apel ataupun pear ya, karena buah yang kalian berikan dengan cara bergantian atau bervariasi tentu akan membuat burung tidak akan bosan saat mengkonsumsi buah-buahan,

dan tidak hanya itu saja manfaat dari buah itu sendiri mampu menaikan birahi si burung rio ini dengan sangat cepat alhasil burung akan rajin berkicau.

cara-menjinakan-jalak-rio

Serangga Kecil

Yang sudah saya jelaskan diatas ya, sama halnya seperti burung manyar, selera pakan jalak rio-rio ini juga sangat menyukai pakan serangga-serangga kecil seperti jangkrik (kecil), ulat – ulatan seperti ulat hongkong, kandang, bambu atau daun pisang, tentu tidak menolak juga jika kalian berikan keroto segar ya.

Tapi ingat pada pakan EF (ekstra fooding) ini hanyalah sebagai pakan pendaming saja ya, jadi tidak terlalu di fokuskan atau tidak wajib diberikan setiap hari kecuali jangkrik.

Tips Rawatan Burung Rio Rio Agar Cepat Gacor


Oke jadi apa saja tahapannya, dan bagaimana cara untuk diterapin pola rawtannya hariannya untuk burung jalak rio-rio ini. Khusus bagi kalian yang baru pemula atau mencoba baru memelihara burung ini Oke simak terus tips kali ini sampai habis ya biar pada paham.

Nah untuk yang pertama yang harus kalian lakukan dalam perawatan burung rio-rio yaitu penjinakan terlebih dahulu dengan teman-teman di sini juga tidak dirawat terlebih dahulu secara terpisah,

jadi nggak harus kita lagi bikin dulu abis Itu baru penggacoran nya tidak juga jadi automatis jika burung itu tidak takut dan bakal gampang untuk berbunyi.

Pemandian Secara Rutin

Untuk yang pertama yang bikin Rio Rio itu cepat jinak dan nggak takut orang kalian harus rajin mandi temen-temen jadi kuncinya ada di hall pemandian burung rio-rio ini termasuk jenis burung jalak-jalak kan Ya teman-teman,

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Siri Siri Beserta Habitat, Makanan, Harga, Suara

makanya disebutnya burung jalak rio-rio jadi dia masuk dalam katagori jalak artinya kalau burung jalak itu udah pasti nggak lepas dari mandi makanya burung rio-rio ini sangat menyukai air seperti burung jalak Hongkong,

Seperti jalak suren jadi nggak bisa ngeliat ada air di cepuk besar, tentu dia pasti langsung nyebur atau mandi makanya tergantung kebiasaan masing-masing di rumah kalian ya, misalnya mau pakai metode semprot atau spray dan ada juga yang pakai metode pakai cepuk besar untuk proses pemandiannya.

Pengembunan Dan Penjemuran

Namun yang harus kalian perhatikan juga dalam rio-rio ini sebelum kalian melanjutkan ke tahap penjemuran yang gak kalah penting di pagi-pagi buta kalian harus rutin untuk melakukan pengembunan nya ya teman-teman karena burung jalak rio Seneng banget cuaca lembab dan udara yang sejuk ya.

Makanya di pagi hari Anda Jangan sampai terlewatkan untuk tahap pengembunan sekitar jam 5 Anda harus sudah mengeluarkan burung ini agar burung lebih segar ngeplong lebih cepat ngeluarin kicauannya. Lalu untuk penjemurannya bisa kalian lakukan setiap hari cukup 1 jam saja lamanya ya, karena tipe burung seperti ini tidak terlalu menyukai cuaca yang terlalu panas.

Pemberian Extra Fooding

Yang kedua yaitu agar si burung birahinya cepat naik dan cepat ngeluarin oceannya kalian juga jangan lupa mengasihkannya extra fooding nya ya teman-teman, karena burung ini termasuk burung yang mau juga terhadap pakan serangga.

Jadi kalian bisa ajarin yang pertama FF yang perlu diterapkan untuk burung rio- rio ini berupa jangkrik ya, namun ada bebera jenis burung rio-rio ini juga nggak doyan jangkrik terkadang dia doyan dengan ulat Hongkong. Nah untuk takaran EF nya berapa ya ?. Kalian bisa memberikannya jangkrik misal pagi 2 dan sore cukup 1 ekor saja ya, jika menggunakan UH (ulat hongkong) ini bisa sampai 7 ekor ya, pagi 4 dan sore 3.

Catatan : Lakukanlah rawatan seperti yang sudah kami jelaskan diatas secara konsisten ya, dan bersabar intinya agar bisa mendapatkan hasil sesuai harapan temen-temen semua.

Ya mungkin itu saja pembahasan kita kali seputar makanan burung jalak rio rio beserta tips pola perawatan hariannya yang tepat, agar bisa menjadikannya selalu gacor dan sehat setiap harinya, semoga dapat bermanfaat.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari