Inilah Keistimewaan Burung Unta Yang Belum Anda Ketahui

Diposting pada

Sudah kenal dengan burung unta? Burung unta memang terlihat berbeda kalau dibandingkan dengan beberapa jenis burung yang lainnya, hal ini dikarenakan leher burung unta yang panjang sehingga memiliki jarak yang jauh antara leher unta dan badannya. Walaupun begitu burung unta juga termasuk burung memiliki keunikan tersendiri justru berbeda dengan beberapa keunikan yang lainnya.

Bukan hanya itu saja, tetapi ada salah satu hal yang berbeda dari burung unta melainkan burung jenis ini memang tidak memiliki sayap untuk terbang. Sehingga tidak heran jika unta memang memiliki kaki yang kuat, kamu bisa melihat langsung seperti apa kaki dari burung unta.

Biasanya badan unta ini memang menanggung berat yang besar sekitar 100 kilogram paling minimal dan paling maksimal bisa sampai 200 kilogram, sehingga tidak heran memiliki tubuh yang berat. Bagaimana? Tertarik dengan berbagai keistimewaan unta?. Untuk informasi selengkapnya yuk simak ulasan dibawah ini :

Mengetahui keunikan burung unta


Tidak bisa terbang dengan baik

Salah satu keistimewaan yang paling utama yang ada pada burung unta adalah tidak punya sayap, hal ini dikarenakan jika burung ingin terbang maka kamu harus mempunyai sayap yang memadai. Hal ini bisa saja berbeda pada burung unta, apalagi burung unta memang terkenal sekali tidak bisa terbang kemanapun. Melainkan burung unta hanya bisa mengandalkan kaki yang kuat. Dengan kaki yang dimilikinya, unta bisa berjalan kemanapun yang dia mau.

Berbeda jika pada burung biasanya yang memiliki sayap memang cenderung sekali untuk memiliki bobot yang besar. Jika ada burung yang memiliki bobot yang melebihi minimal bobot yang ditentukan maka burung tersebut memang tidak akan bisa terbang.

Baca selengkapnya :  Cara Membedakan Murai Batu Betina Dan Jantan

Kecuali jika burung tersebut ingin mengurangi bobot yang berat ke bobot yang lebih ringan. Tetapi jika tetap tidak bisa maka burung yang satu ini memang tidak akan bisa terbang layaknya beberapa burung yang lainnya.

Memiliki lompatan yang jauh

Keistimewaan yang selanjutnya dari burung unta yaitu memiliki lompatan yang jauh, biasanya burung yang satu ini tidak akan berjalan secara pelan. Melainkan sering sekali butung unta melompat maupun berlari sehingga tidak heran jika burung yang satu ini memiliki lompatan yang sangat besar. Bahkan banyak sekali orang yang sudah percaya dengan salah satu keistimewaan dari burung unta yang satu ini, dengan begitu burung bisa lebih leluasa dalam berpindah tempat.

Memiliki-lompatan-yang-jauh

Bahkan ada yang pernah melihat burung unta melompat sampai lima meter, hal ini dilakukan karena burung unta memang memiliki jenis kaki burung yang lebih besar. Sehingga kaki unta mampu menahan bobot berat yang ada pada tubuh unta sehingga bisa memungkinkan unta untuk memiliki lompatan yang sangat jauh walaupun hanya satu kali lompatan saja. Bukan hanya lompatan melainkan unta juga memiliki kecepatan yang sangat besar hingga 70 kilometer per jamnya.

Mempunyai sayap yang sampai dua meter

Sebenarnya memang ada beberapa burung yang memiliki keistimewaan seperti burung unta ini melainkan burung unta bisa melebarkan sayapnya sampai dengan dua meter, lho. Padahal ini suatu pencapaian yang luar biasa jika ada burung yang memiliki sayap yang bisa dilebarkan sampai dua meter. Tetapi dikarenakan bobot unta yang sangat berat maka sayap hanya digunakan oleh unta untuk berlari saja bukan untuk berjalan. Sehingga tidak heran jika sayap unta bisa dimanfaatkan sebaik mungkin.

Baca selengkapnya :  Mengenal Burung Sriti (Mitos, Makanan dan Harga)

Burung unta juga sering sekali untuk berlari dengan arah yang berbeda – beda, terkadang bisa arah ke Utara, selatan, timur maupun barat. Biasanya tergantung kepada arah saat unta berjalan karena biasanya unta memang berjalan menggunakan kaki tetapi sayap juga memang bisa digunakan oleh unta. Walaupun begitu keistimewaan unta yang satu ini harus diketahui oleh orang banyak terutama bagi kamu yang suka sekali dengan berbagai burung maka kamu harus mengetahui burung yang satu ini.

Bisa hidup berkelompok

Bisa-hidup-berkelompok

Berbeda dengan ketiga keistimewaan yang sebelumnya, maka pada keistimewaan yang keempat ini memang unta bisa berkelompok atau berkoloni dengan sesama ataupun beberapa jenis burung lainnya.

Biasanya burung unta memang bisa berkelompok dengan minimal burung dengan total 10 burung, hal ini dilakukan agar burung bisa merasa bahwa banyak sekali burung yang ada di suatu tempat tertentu. Dan bahkan ada burung yang sampai berkelompok sampai dengan 30 total burung yang ada pada suatu populasi.

Bisa menyembunyikan kepala

Nah, musuh memang sering sekali muncul di saat yang tidak tepat tetapi unta juga memiliki cara mengatasinya yaitu bisa menyembunyikan kepala. Dengan memasukkan kepala, ke dalam tanahya maka unta bisa mengetahui bahwa musuh memang sedang ada dekat di daerah sekitarnya. Tetapi walaupun begitu, burung unta juga bisa memunculkan kembali kepalanya ke permukaan bumi jika sudah tidak ada musuh di dekatnya.

Bisa-menyembunyikan-kepala

Mungkin beberapa keistimewaan dari burung unta bisa membantu kamu lebih mengenal lagi seperti apa unta ini. Sekian informasi kali ini yang bisa saya sampaikan dan terima kasih!.