Cara Mudah Perawatan Kenari Mabung Yang Baik Agar Cepat Tuntas

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, apa kabar sobat kicau semuanya ?. Mudah-mudahan pada sehat semuanya ye. Kembali lagi bersama blog resmi Kacer.Co.Id, yang dimana kami akan berbagi tips khusus untuk penghobi burung kenari yang banyak digemari dinusantara kita ini. Pembahasan kali ini tentang cara perawatan kenari mabung yang baik dan benar agar cepat selesai.

Bahasa akrab yang sering disebut oleh teman-teman kicau mania, apabila burung sedang rontok bulu (Molthing) atau Ngurak. Proses ini akan dialami oleh setiap jenis hewan unggas yang memiliki bulu, salah satunya seperti burung yang satu ini yang juga pasti mengalami siklus alamiah yang wajib untuk dialami oleh setiap jenis kenari dimanapun.

Berapa lama burung kenari ini menjalani masa mabungnya?. Pada umumnya burung ini mengalami rontok bulu (mabung) selama 5 – 8 minggu sekitar 56 harian, bahkan juga ada yang bisa lebih dari yang diprediksikan jika mabung dari burungnya ada masalah. Penasaran bagaimana cara merawatnya ketika burung ini sedang mengalami masa mabung ?. Yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini :

Sebelum sobat kicau semua melakukan perawatan mabung untuk kenari yang anda rawat, setidaknya anda harus mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri burung kenari anda, apakah ingin mengalami atau sudah harus di tangani dengan rawatan yang berbeda khusus burung tersebut.

ciri-kenari-mabung

Karena dalam hal perawatan yang diberikan kepada burung yang sedang mabung tentunya berbeda dengan burung yang normal, jangan sampai telat dan melewati proses perawatannya, karena akan berdambak buruk kepada performa burung nantinya akan berakibat bisa macet bunyi dan kenari akan mudah stres.

Ciri Dan Faktor Penyebab Kenari Mabung


Ciri – Ciri Kenari Masuk Masa Mabung

Anda bisa melihat pada bulunya yang terlihat kusam, baik itu ekor nyerit kusut, sayap dan bulu kepalanya mulai ada yang berjatuhan (rontok), yang tentunya siburung ini terlihat lesu dan tidak bersemangat seperti burung sakit, dan yang pastinya malas berkicau dominan lebih banyak diamnya.

Faktor penyebab kenari mabung

Burung babung memanglah faktor alami, akan tetapi juga ada beberapa faktor yang menyebabkan burung kenari ini bisa mengalami proses mabung sebelum masanya, bahkan juga ada yang telat waktunya.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan kenari mengalami masa mabung

Faktor Usia : Jika dilihat dari usia yang dimiliki oleh setiap jenis burung berbeda-beda, untuk kenari cepat mabung bisa dikarenakan faktor umur yang masih muda, karena dimasa ini memang seharusnya dan biasanya lebih cepat dari yang sudah dewasa.

Faktor Cuaca : Kemudian mabung juga ada yang bisa dikarenakan faktor cuaca yang ekstrim seperti pancaroba yang terkadang panas dan kadang-kadang hujan ini juga sangat rentan, burung bisa sakit, mabung bahkan ada yang mati.

Faktor Lingungan : Namun bisa juga dari faktor lingkungan yang kurang nyaman yang banyak sekali pengganggu seperti hewan predator ataupun gangguan lainnya.

Faktor Hormon : Banyak sekali para pemain kicau burung kenari di lapangan, kebingungan lantaran burung yang dimilikinya tidak stabil mengalami masa mabung, mentas dan tidak wajar saat rontok bulu, ini juga bisa dikarenakan faktor dari hormon burung tersebut, karena sering di trek sesama jenisnya ataupun terlalu over menggunakan doping penggacor burung yang membuat si hormon burung ini tidak stabil.

Dua Teknik Perawatan Yang Harus Anda Lakukan

Ada 2 tahapan yang tepat dan benar dan harus dilakukan oleh anda ketika burung kenari sedang memasuki masa mabungnya agar cepat selesai :

Baca selengkapnya :  5 Jenis Burung Kutilang Yang Mempunyai Suara Merdu

1. Perawatan Burung Kenari Saat Rontok Bulu

  • Burung harus disolasikan terlebih dahulu, dengan kondisi sangkar / kandang yang dikerodong tipis serta tempatkanlah pada ruangan yang kondusif dengan suasana yang tenang, sepi serta nyaman. Pastikan jauh dari gangguan hewan predator seperti tikus, kucing, semut, nyamuk dan lain-lain, agar si burung kenari bisa fokus dalam menjalani proses rontok bulunya dengan cepat.
  • Full Pengkrodongan sangkar harus dilakukan setiap harinya, dan boleh dibuka kerodongnya apabila anda ingin memberikan pakan, atau membersihkan kotorannya saja. Lalu sangkar wajib dikerodong kembali.
  • Dalam masa perontokan bulu ini, sangat tidak dianjurkan bagi anda untuk memandikan burung, ataupun menjemurnya yang sedang rontok bulu. Apabila anda memaksakan untuk memberikan mandi pada burung kenari ini nantinya akan mengganggu proses perontokan bulu, atau mabung akan berlangsung menjadi lebih lama, bulu akan pecah-pecah serta bantet nantinya.

burung-kenari-tumbuh-bulu

2. Perawatan Burung Kenari Saat Tumbuh Bulu

  • Berikanlah pakan EF (Extra Fooding) yang berkualitas dengan takaran yang berbeda seperti perawatan biasanya, saat kenari mengalami proses tumbuh bulu, burung ini sangat membutuhkan asupan nutrisi, protein dan mineral juga sangat baik diberikan agar pertumbuhan si bulu-bulu ini dapat dan cepat selesai dengan bulu baru yang cerah.
  • Berikan EF pakan alami berupa sayur-sayuran dan buah seperti : apel, sawi putih/hijau, oyong, mentimun.
  • Berikan EF berprotein dan bernutrisi yang tinggi yang baik diberikan untuk burung kenari ini seperti kroto dan rebusan telur puyuh yang sudah matang. Namun cara pemberian yang tepatnya untuk kroto dapat anda berikan 1 minggu sekali, dan untuk telur puyuh bisa 3 kali dalam 1 minggu.
  • Tahap pemasteran burung kenari yang sedang mabung perlu juga diperhatikan, boleh anda masteri apabila semua bulu kenari ini sudah tiada yang rontok dan nampak bulu-bulu jarum / bulu baru yang ingin tumbuh. Baru boleh anda memasterkan suara isian bagi burung kenari ini. Karena saat seperti itulah dimana itu kenari bisa fokus untuk mendengarkan suara-suara burung ocehan lainnya. Boleh anda memasternya dengan menggunakan burung asli maupun dengan suara audio mp3, isian yang baik untuk jenis burung kenari ini anda bisa memberikan suara burung blackthroat ataupun suara burung kenari yang sudah ngerol panjang dan gacor.
Baca selengkapnya :  Kacer Macet Bunyi? Atasi Dengan Cara Ini (Terbukti Ampuh)

Demikian informasi perawatan kenari mabung yang dapat kami sampaikan kepada sobat kicau semuanya, berdasarkan pengalaman yang pernah saya alami dengan mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai harapan. Semoga dapat bermanfaat.

Baca juga artikel terkait lainnya seputar burung kenari :

Cara Menambah Volume Suara Dan Durasi Kenari

7 Makanan Terbaik Burung Kenari

Suara Burung Kenari

Ternak Burung Kenari