Cara Menambah Volume Suara Dan Durasi Kenari Agar Maksimal

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb. Kembali lagi dan masih bersama kami disitus resmi Kacer.Co.Id yang dimana kali ini saya akan memberikan tips tentang burung kenari, burung yang terkenal dan memiliki suara kicauannya yang indah serta merdu ini. Mungkin banyak sekali para penghobi kicau yang sangat mengerti cara merawat burung ini, karena dalam perawatannya cukup sederhana.

Akan tetapi seiring berkompetensi untuk para pemain burung kicau gantangan masih banyak yang mengetahui bagaimana trik membuat suara vokal atau volume serta durasi dari burung kenari ini akan lebih maksimal, baik untuk bunyi-bunyian dirumah, maupun untuk dilapangan kontes lomba. Penasaran ?. Yuk simak ulasan selengkapnya Cara Menambah Volume Suara Dan Durasi Burung Kenari :

Membuat Vokal Kenari Lebih Kencang Serta Ngerol Tahan Lama


1. Sauna dan beri rangsangan

Apa itu sauna ?. Istilah di dunia burung kicau ini adalah pemandian yang dilakukan dengan cara menyemprot burung, akan tetapi kandang burung tersebut harus dikrodong. Dengan cara melakukannya yang tepat sebelum burung ini di sauna, anda harus membersihkan kotorannya terlebih dahulu, apabila banyak kotoran dan langsung di sauna, maka bau yang dihasilkan dari kotoran burung kenari akan sangat menyengat tidak sedap yang ditakutkan akan malah mengganggu pernafasan burung tersebut.

Memang ini hal sepele, akan tetapi jika hal ini dilewatkan, yang ada bukannya burung anda menghasilkan suara kicauan yang bagus, nantinya malah menjadi rusak karena serak efek dari kotoran udara dari kandang yang disauna. Kemudian cabut cepuk wadah pakan burung dan tinggalkan hanya tempt air minumnya saja yang diberikan air mineral yang bersih, namun biasakan setiap harinya

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Burung Pleci Lombok Dengan Mudah

penyemprotan yang dilakukan jangan terlalu basah, setelah itu jemurlah kandang tersebut sekitar pukul 11 siang, dan sangat saat penjemuran sauna ini didampingi atau temani dengan burung sejenis kenari yang sudah gacor yang bertujuan untuk memancing kenari yang didalam krodong agar mau berkicau dalam kondisi suhu yang panas.

rangsangan-bunyi-kenari-lainnya

Maksud dan tujuan dari mandi sauna ini sebagai meningkatkan tempramen birahi tempur dan lebih agresif saat berkicau yang mengeluarkan volume yang kencang, karena sifat dari sauna ini memberikan energi panas 2 kali lipat dari penjemuran biasa yang tanpa menggunakan krodong basah. Namun sebaiknya sauna yang anda lakukan jangan setiap hari, dikhawatirkan burung akan dehidrasi, maksimal 1 minggu 2 kali.

2. Umbar dan puasa

Setelah menjalani terapi sauna, buka krodong burung dan angin-anginkan terlebih dahulu sekitar 15 menitan lah, lalu apabila anda mempunyai kandang kepar atau umbaran ini sangat lebih baik untuk melatih stamina fisik si burung kenari agar bisa terbang leluasa kesana kemari di dalam kandang umbaran tersebut.

umbar-dan-puasa

Perhatikan burung kenari yang ada didalam kandang umbaran, jika burung tidak mau terbang pindah tangkringan satu ke tangkringan yang lainnya maka anda boleh menggusah di giring agar dapat melatih burung kenari bergerak terbang.

Saat ketika burung dimasukan di kandang umbaran jangan langsung memberikan makanan kepada burung kenari tersebut, melainkan suruh berpuasa sekitar 1 jam ya, biarkan burung beradaptasi dan terbang-terbang terlebih dahulu.

Setelah lewat dari satu jam baru boleh diberikan pakan kenari seed atau timun, karena habis sauna agar bertujuan si kenari ini tidak terlalu over birahi. Waktu yang paling lama dan baik di dalam kandang umbaran ini cukup 2 jam saja, saya kira ini sudah cukup ya.

Baca selengkapnya :  Download Suara Burung Sirtu Auto Gacor Mp3 Gratis

kenari-diumbar

3. EF (Extra Fooding)

Oke, setelah tahapan yang pertama dan kedua yang sudah dilakukan, sekarang kita bahas masalah pemberian EF yang baik, karena si burung kenari ini masa dalam meningkatkan volume suara kicauannya, EF apa yang baik diberikan kepada burung kenari ini ?. Ada dua jenis pakan EF yang bertujuan meningkatkan volume kicauannya yaitu jagung dan daun mengkudu.

Kalau saya pribadi biasanya memberikan jagung manis muda yang sangat banyak memiliki kandungan gizi yang baik untuk mencukupi energi siburung tidak mudah loyo, yang sering diumbar dan diberikan asupan yang tepat.

Nah disini yang perlu anda ketahui dari kedua EF ini, kenapa saya menggunakan jagung ?. Karena pelatihan kenari burung kita menggunakan kandang umbaran, jadi tidak masalah jika kenari yang biasa diumbar diberikan jagung. Jika rawatan tahap ke 2 mengumbar burung kenari tidak dilakukan, maka pakan EF yang disarankan adalah daun mengkudu.

Baca juga artikel lainnya :

Karena jika burung tidak diumbar diberikan jagung, akan bisa membuat burung kenari kegemukan atau obesitas, yang nantinya malah membuat siburung malas berkicau, dan membuat masalah baru lagi deh.

Jika perawatan yang dijelaskan diatas anda mampu melakukannya dengan konsisten, mudah-mudahan yang kami harapkan ada perubahan dalam jangka waktu sekitar 2 – 3 bulan pasti akan anda rasakan perbedaannya. Demikian informasi yang dapat saya berikan berdasarkan pengalaman teman-teman kicau mania khusus kenari profesional ini, semoga bermanfaat.