Tips Membedakan Ciri Cucak Jenggot Betina Dengan Jantan

Diposting pada

Assalamualaikum, wr.wb. Apa kabarnya semua temen-temen kicau mania ?. Semoga selalu diberikan kesehatan ya dan sukses selalu, Ammin. Masih bersama website resmi Kacer.Co.ID , pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi seputar burung cucak jenggot dan tips membedakan cucak jenggot betina dengan jantan akurat 100%.

Tipe burung yang satu ini termasuk salah satu jenis burung monomorfik, yang dimana atara jenis jantan dan betinanya memiliki kesamaan bentuk fisik rupa dan sangat sulit dibedakan jika dilihat hanya sekilas saja.

Dikarenakan banyak para hobiis kicau mania yang merasa kebingungan saat memilih dan membedakan jenis kelamin dari cucak jenggot yang akan dibelinya. Maka dari itu akan kita bahas secara lengkap pemaparannya dibawah ini :

Keistimewaan cucak jenggot betina


Banyak sekali para kicau mania yang cenderung lebih menyukai cucak jenggot berjenis kelamin betina ini ketimbang yang jantannya, karena memiliki suara yang khas dari besetan yang tajam serta volume yang kencang akan tetapi monoton dan sangat baik untuk dijadikan sebagai masteran isian burung ocehan lainnya, seperti murai, kacer, kolibri, lovebird dan lainnya.

gambar-cucak-jenggot-betina

Tidak itu saja jika dilihat dari hargapun jauh lebih ekonomis. Harga cucak jenggot betina memiliki harga yang dibawah cucak jenggot jantan, pastinya lebih murah, dengan kualitas yang diharapkan untuk menjadi guru dirumah mastering materi andalan.

Selain menjadi burung masteran cucak jenggot ini jika dilatih dan dirawat dengan baik, maka akan lebih maksimal dalam berkicau dan memiliki gaya tarung yang menjadi-jadi, yang dapat anda ikutkan di kelas gantangan burung lomba kicauan, baik latber, latpres ataupun kontes besar sekalipun.

Baca selengkapnya :  5 Jenis Lovebird Mangsi Yang Berkuallitas (Ciri, Harga dan Suara)

Trik mudah menganalisa bentuk fisik cucak jenggot betina dan jantan


Bentuk Tubuh

Jika diperhatikan dengan seksama, ukuran tubuh cucak jenggot jantan jauh memiliki tubuh yang lebih panjang dari pada burung betinanya.

Bentuk Kepala Dan Paruh

Untuk bentuk dari kepala cucak jenggot jantan memiliki ukuran yang lebih besar, dan paruhnya terlihat lebih panjang tebal dan kokoh. Sedangkan untuk kepala cucak jenggot betina cenderung lebih kecil dan paruhnya berwarna agak putih tipis.

Bentuk Leher

Untuk ukuran leher dari pejantan memiliki diameter bentuk yang panjang dan terlihat lebih besar ketimbang sang betinanya. Leher cucak jenggot jantan jika menoleh kekanan atau kekiri hanya lehernya saja yang bergerak.

Tubuhnya hanya diam saja. Berbeda dengan yang betina yang memiliki ukuran leher lebih pendek dan ketika menengok sering dibarengi dengan gerakan tubuhnya yang mengikuti arah lehernya bergerak.

cucak-jenggot-jantan

Bentuk Ekor

Jika dilihat dari bentuk ekor cucak jenggot jantan memiliki ukuran yang panjang cenderung lurus dan sejajar, berbeda dengan yang betina agak pendek dan melengkung.

Bentuk Mata

Lingkar mata cucak jenggot jantan memiliki lingkar mata dengan ukuran yang lebih besar, dan sorot mata yang lebih tajam. Dan untuk yang betinanya memiliki ukuran lebih kecil dengan bentuk yang tipis.

Vent (Tulang Supit)

Tulang supit cucak jenggot jantan jika diraba, terasa lebih rapat. Dan untuk jenis betinanya lebih renggang terutama jika sudah pernah bertelur.

Demikan informasi berdasarkan pengalaman kami, tentang cara membedakan cucak jenggot betina dan jantan yang kiranya dapat bermanfaat bagi temen-temen sobat kicau mania semua.

Baca Juga : Cara Menjinakkan Cucak Jenggot