Cara Mudah Perawatan Kacer Mabung Agar Cepat Tuntas

Diposting pada

Salam sobat kicau, kali ini Kacer.Co.Id akan membahas informasi tentang perawatan khususnya untuk burung kacer yang sedang mabung agar cepat beres dan tuntas dengan perawatan yang benar. Mabung atau istilah rontok bulu adalah suatu fase bagi setiap burung yang merupakan siklus hidup. Rontoknya bulu-bulu kecil, hingga bulu sayap dan ekor.

Rontok bulu atau lebih sering disebut dengan mabung ini biasanya terjadi dalam setahun dua kali. Dan kira-kira berapa lama kacer mabung ?. Dalam proses merontokan bulu memakan waktu sekitar 3 bulan.

Perawatan Kacer Rontok Bulu

Mabung adalah masa beristirahatnya burung, dan bertujuan untuk merontokan bulu lama yang telah usang dan diganti dengan bulu-bulu baru (Pergantian Bulu) / molting. Proses mabung pada umumnya untuk berbagai jenis burung, berbeda-beda. Ada berbagai jenis Mabung untuk burung pemakan serangga ini seperti: Mabung Nyulam, Mabung Ambrol, Mabung Kering.

Memang kelihatannya sepele, tapi jangan menyepelekan burung yang sedang mengalami proses mabung, karena jika tidak sesuai dengan perawatan yang baik dan benar akan berdampak buruk dan mengurangi penampilan performa burung tersebut. Kembali ke pola rawatan harian yang sudah pasti berbeda dengan pola rawatan ketika saat burung sedang mabung.

Namun disaat mabung ini adalah masa emas untuk proses memberikan suara isian masteran. Karena burung lebih banyak diam dan menyimak suara yang mudah direkam dalam memori. Bagaimana cara pemasteran kacer mabung ?. Berikut akan kita bahas dibawah ini :

Perawatan khusus untuk kacer yang sedang mabung

  1. Full krodong, gantang burung di tempat yang nyaman dan aman dari gangguan seperti kucing dan tikus yang membahayakan.
  2. Burung jangan dimandikan ketika proses rontok bulu dan proses sampai dorong bulu selesai.
  3. Kebersihan kandang wajib diperhatikan. Minimal 3 kali sehari kotoran burung dibersihkan, agar burung tetap terjaga kesehatannya.
  4. Pemberian pakan EF saat mabung berbeda dengan sebelum mabung.
  5. Burung kacer yang sedang mabung wajib untuk dimasteri atau diperdengarkan dengan suara-suara burung isian yang sesuai dengan karakter suara burung kacer masing-masing. Proses pemasteran 24 jam dengan cara sangkar di krodong. Suara masteran yang diperdengarkan harus senyap dan kecil, ingat jangan terlalu keras suara volume nya, yang nantinya bisa menyebabkan burung tambah drop dan stres.
Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Dan Perawatan Burung Prenjak Lumut

Catatan disini : untuk pemberian kroto dan jangkrik harus perlu diperhatikan.

  • Jangkring mengandung protein yang cukup tinggi
  • Kroto mengandung nutrisi yang baik untuk menjaga stamina kekebalan tubuh burung.

Ketika bulu-bulu halus rontok , wajib memberikan kroto setiap hari sampai menyusul bulu-bulu sayap dan ekor berjatuhan, dan porsi jangkrik di turunkan.

Ketika sudah ambrol seperti bulu halus, sayap dan ekor copot semua. Moment ini sangat penting untuk burung dimasteri dengan isian menggunakan mp3 ataupun burung asli. Ketika kondisi burung sedang mendorong bulu ekor dan sayap wajib pemberian EF jangkrik di naikan dari biasanya, agar kandungan protein jangkrik membantu proses pertumbuhan bulu dengan cepat dan rapih.

Perkembangan burung selalu di awasi, hingga bulu-bulu tumbuh dengan sempurna dan rapih memakan waktu hingga kurang lebih sekitar 3 bulan. Baru boleh burung mulai dimandikan di keramba, ingat jangan dimandikan secara paksa ya / burung mandi disemprot tidak disarankan.

Tahap penjemuran bertahap setiap harinya, dari 5 menit kemudaian esok harinya cukup menjemur 15 menit, dinaikan lagi sampai 30 menit setelah mandi pagi. Penjemuran yang baik ketika matahari pertama kali muncul sekitar pukul : 08.00 WIB. Ada banyak sekali permasalah dalam perawatan yang dihadapi saat burung sedang proses mabung.

Berikut kita ulas selangkapnya disini :

Jika proses mabung tidak wajar seperti yang dijelaskan diatas, ada baiknya kami menyarankan dengan menggunakan bantuan vitamin / obat burung seperti Ngurak Sp alternatif yang di rekomendasikan untuk burung bermasalah dalam proses molting (mabung) nyulam, ngurak dan ambrol.

Obat Burung Mabung

Vitamin tambahan : Ngurak Sp adalah suplemen nutrisi / obat perontok bulu burung kacer khusus untuk burung mabung yang lengkap dan efektif mempercepat proses moulting pada burung mabung (ngurak, ambrol, mabung dan nyulam) hingga sempurna.

Baca selengkapnya :  Memahami Karakter Lovebird Pasbir Beserta Harga Terbaru 2020

Ngurak-sp

Manfaat dan Kegunaan :

  • Mempercepat proses ngurak/mabung secara alami dan serempak.
  • Menuntaskan kacer mabung nyulam.
  • Mempercepat pertumbuhan bulu burung.
  • Menguatkan bulu baru.
  • Mecegah burung macet bunyi.
  • Menambah nafsu makan.

Dosis dan Cara Pakai :

  • 5 tetes dicampurkan 5 ml air minum atau pakan burung.
  • Berikan setiap hari sejak awal ngurak (rontok bulu) hingga berhenti ngurak.

Berikut informasi yang dapat kami share sesuai dengan pengalaman yang nyata dan fakta seputar Perawatan Kacer Mabung. semoga bermanfaat.

Baca artikel lainnya :

Cara Mudah Menjinakkan Burung Kacer Yang Giras

Cara Mudah Perawatan Burung Kacer Biar Gacor

Setingan Kacer Biar Buka Ekor