7 Cara Mudah Setingan Kacer Biar Buka Ekor

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, salam hitam putih para penghobi kacer mania. Apa kabarnya semua temen-temen. Mudah-mudahan selalu diberikan kesehatan dan tetap semangat terus menjalani aktifitas sehari-hari. Oke kali ini situs resmi Kacer.Co.id kembali update informasi tentang burung kacer nich.

Memiliki kacer yang tampil baik, serta ngobra dan buka ekor adalah menjadi sebuah impian bagi setiap kacer mania baik hobiis pemula ataupun yang sudah lama bergelut didunia hobinya, namun beberapa hari ini ada yang komen dan bertanya fanfpage fb Kacer kami ada banyak temen-teman pemula lainnya yang menanyakan permasalahan yang dihadapi oleh burung kacernya yang dimana, bingung dan melihat burung gacoannya jika ditrek tidak mau membuka ekor dan kurang ngeplay intinya.

Nah disini kita akan kupas habis cara setingan kacer biar buka ekor dan penanganan burung seperti ini, yang bertujuan agar dapat si kacer ini tampil on (prima) dan maksimal agar mudah buka ekor ketika di trek, yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini :

Trik Sederhana Membuat Burung Kacer Supaya Cepat Ngobra


Pengembunan Pagi Hari

Hal yang pertama adalah lakukanlah pengembunan setiap hari, rutin sekitar pukul : empat atau jam lima subuh burung kacer wajib dikeluarkan dari dalam rumah dan harus digantung diluar untuk menghirup udara pagi yang bermaksud mengembunkan burung agar burung sehat dan merangsang untuk lebih rajin berkicau ngeplong.

Namun tidak hanya itu saja, manfaat yang didapat dari embun pagi juga bisa menstabilkan emosi yang berlebih serta meredam birahi burung agar tidak terlalu galak, numbur-numbur sangkar ketika melihat burung sejenis.

burung-kacer

Kurangi Frekwensi Mandi

Yang dimaksud mengurangi frekwensi mandi, disini bukan berarti burung tidak boleh dimandikan ya. Namun hanya dikurangi saja. Misalkan rawatan harian burung kacer anda biasanya memandikannya setiap hari sekali baik itu diwaktu pagi, sore atau malam hari setidaknya bisa dikurangi menjadi 3 hari sekali itupun bagusnya dimandikan pada malam hari agar hasilnya lebih maksimal nantinya.

Baca selengkapnya :  Daftar Harga Burung prenjak Jenis dan Makanan

Ada juga temen-temen kicau yang lainnya hanya memberikan mandi si kacer gacoannya hanya 1 minggu sekali ada!, dan burungnya juga joss jika di trek buka ekor ngeplay dan maksimal itu ada. Semua dapat analisa anda sendiri sesuai dengan insting perawat burung gacoannya masing-masing, dan tidak boleh disamakan dan terlalu menjadi acuan ya. Intinya disesuaikan dengan karakter si burung kacer tersebut.

Terapi Sauna

Untuk melakukan terapi sauna ini tidak boleh sembarangan atau asal-asalan ya temen-temen, yang dimana jika salah melakukan caranya yang ditakuti akan berakibat buruk dan bisa menambah masalah baru nantinya.

Sebelum melakukan tahapan terapi ini, setidaknya anda harus mengetahui dan menilai kondisi si burung tersebut, jika burung dalam kondisi FIT dan memungkinkan untuk diberikan terapi sauna ini ya tidak masalah, jangan terlalu dipaksakan apabila burung terlihat sedang sakit, ataupun tidak FIT, atau ingin mabung, serta lagi mabung tidak dianjurkan memeberikan terapi sauna ya.

Cara melalukan terapi sauna ini, kondisi sangkar harus bersih terlebih dahulu dari kotoran ya, yang dikhawatirkan apabila banyak kotorannya akan berbau menyengat yang nantinya dapat mengganggu pernafasan burung kacer anda. Jika dipastikan kadang sudah bersih, cabutlah wadah pakan EF ataupun Voer, tinggalkan saja air minum jangan diangkat, yang bertujuan agar burung tidak terlalu dehidrasi di dalamnya.

Setelah itu barulah kandang boleh di kerodong dan dibasahi semprot dengan spray secara perlahan-lahan halus saja agar burung tidak kaget, semprot terus sampai krodong membasahi seluruhnya kemudaian jemur kandang dengan kondisi kerodong yang basah. Lama terapi sauna ini bisa anda lakukan selama 1 sampai 2 jam, dari pukul : 9 pagi sampai pukul 11 siang.

Kenapa saya menyarankan burung harus dalam kondisi sehat baru boleh menempuh sauna ini, karena terapi ini sangat menguras energi uap panas yang didapat akan menjadi 2 kali lipat seperti pada penjemuran burung biasa tentunya.

Baca selengkapnya :  Efek Samping Pemberian Ulat Hongkong Untuk Murai Batu

Full Kerodong

Setelah melakukan terapi sauna ini, burung jangan langsung dimasukan kedalam rumah, akan tetapi harus diangin-anginkan terlebih dahulu, sekitar 15 menitan hingga burung tidak terlihat gelisah lagi baru boleh dimasukan kembali wadah pakan yang berisi voer, berikan voer yang baru dan ganti yang lama atau sisa kemarin.

Untuk pemberian voer wajib diberikan yang baru setiap harinya. Dan kondisikan air minum selalu dalam keadaan bersih ya temen-temen. setelah burung mulai mau makan beberapa saat baru boleh dikerodong kembali menggunakan kerodong yang kering. Setidaknya anda harus menyiapkan 2 kerodong serep, yang satu untuk terapi sauna dan yang satunya untuk harian yang dimana kerodong harus bersih dan kering.

Lalu boleh burung dibawa masuk kedalam rumah ditaruh / digantung ditempat biasa yang menurut anda nyaman sembari dimasteri dengan suara audio mp3 atau dekatkan dengan suara burung asli isian, biar makin menambah variasi suara kicauan lagu materinya nanti.

kacer-ngobra

Latihan Di Kandang Umbaran

Nah tiba sore hari sekitar pukul 15:00 WIB atau jam 3 sore baru boleh burung anda keluarkan dari rumah, diangin-anginkan terlebih dahulu selama 10 menitan lah, jika anda memiliki kandang umburan boleh dimasukan kekandang umbaran selama paling lama 1 jam untuk latihan fisik dan menambah stamina si burung.

Lakukan pengumbaran juga jangan terlalu sering, maksimal 2 kali dalam seminggu, atau juga 1 minggu sekali juga jauh lebih baik. Namun jangan khawatir bagi anda yang tidak memiliki kandang umbaran, anda tidak perlu melakukannya karena sifat dari kandang umbaran ini hanyalah suatu kebutuhan bukan kewajiban ingat ya, jadi jangan begitu harus dan terlalu memaksakan bagi yang tidak punya kandang umbaran tersebut.

Pemberian Extra Fooding

Dalam memberikan pakan tambahan ini juga sangat perlu diperhatikan ya!. Ketika memberikan pakan berupa jangkrik, ataupun kroto anda juga harus teliti dan jangan asal-asalan. Karena sifat si burung kacer ini sensitif.

Baca selengkapnya :  Apa itu burung Kutilang Jambul ?. Berikut Penjelasan (Lengkap)

Berikanlan EF yang sewajarnya saja, dan kiranya masuk akal sehat dan aman tentunya. Untuk hasil yang baik diberikan pada sore hari setelah burung itu di umbar, baru boleh diberikan EF berupa jangkrik misalnya, akan tetapi hal yang harus diperhatikan buang kepala dan kaki jangkrik saat memberi pakannya, yang dikhawatirkan takut siburung lapar dan terburu-buru menyantapnya eh takut malah tersedak dan nyangkut (kelolotan) kaki jangkrik, kan bahaya!.

Untuk EF kroto juga harus di cek kebersihannya dari kotoran-kotoran seperti daun, batu ataupun semut yang masih hidup, saran saya saring lagi kroto yang baru anda beli dikios jangan langsung dikasih keburung, tapi harus dipilah dan disaring lagi, wajib diberikan hanya telur-telur semutnya saja yang masih dalam kondisi fresh (segar).

Kacer di Trek

Lakukan perawatan secara konsisten selama kurang lebih 2 – 3 mingguan lah, baru boleh di uji coba hasilnya yang dimana kacer harus ditrek atau di tes dengan beberapa kacer lainnya, minimal ngetrek kacer harus 4 sampai 6 burung agar anda dapat melihat hasil dan pola rawatan selama ini yang telah anda lakukan, apakah si burung akan tampil dengan maksimal ?. Dan mampu membuka ekornya serta ngeplay dan bongkar lagu isian!. Silahkan anda mencobanya.

Bagi temen-temen wajib mengikuti langkah yang telah dijelaskan diatas sesuai dengan urutan dan tahapan yang benar ya, karena nantinya akan bermanfaat untuk burung anda sendiri yang pastinya anda rasakan. Semoga berhasil. Terima kasih.

Baca artikel lainnya :

Cara Mudah Menjinakkan Burung Kacer Yang Giras

Cara Mudah Mengatasi Kacer Kanibal (Cabut Bulu)

Download Masteran Terbaik Untuk Burung Kacer

Suara Kacer Asli MP3 Download