Cara Mudah Merawat Kacer Biar Gacor

Diposting pada

Kacer.Co.Id – Kacer adalah burung yang sangat misteri dan sangat sulit untuk di taklukan hatinya jika majikannya belum paham benar bagaimana rawatan burung kacer peliharaannya. Burung petarung yang sangat labil untuk mengontrol birahi sangatlah sulit untuk menemukan setelan kacer. Butuh proses dan kerja keras sang pemiliknya untuk memahami karakter burung kacer rawatannya. Bagaimana cara merawat kacer yang baik ?.

Perawatan Burung kacer ini sama seperti burung-burung pemakan serangga pada umumnya. Namun perawatan kacer lomba tentunya berbeda dangan pola perawatan kacer rumahan.

Perawatan Burung Kacer

Pola pakan yang sehat dan teratur

Pemberian pakan yang sehat dan teratur bertujuan untuk menjaga imun burung agar selalu sehat, lincah dan gacor. Pakan kacer meliputi serangga seperti : jangkrik, kroto, UH (Ulat Hongkong), Cacing kecil merah, Ulat Bambu, Ulat Jerman, Ulat Kandang, Belalang dan pakan tambahan voor kering yang berprotein cukup apabila dibutuhkan. Dan hal penting tepat waktu saat pemberian EF (Serangga), misalkan satu hari dua kali pemberian pakan EF nya disekitar waktu pagi dan sore hari dan tepat pada waktu yang sama.

Pola-pakan-yang-sehat-&-teratur

EF (extra fooding) yang rutin yang selalu diberikan setiap harinya untuk burung kacer adalah JANGKRIK : Ada baiknya jangkrik yang akan diberikan ke burung, jangkrik juga wajib diberikan makanan seperti : jahe merah, kunyit, jagung muda, kol, sayur – sayuran, kangkung, bayem , dan ketika jangkrik sudah mengkonsumsi makanan yang sekiranya yang mengandung vitamin, ini pastinya sangat baik bila jangkrik ini dikonsumsi oleh burung kacer.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Mengatasi Kacer Mbagong Saat Di Lombakan

Contoh: Misalkan jika saat pemberian EF 2x sehari pagi dan sore

  • EF Jangkrik 5 ekor
  • Pagi 3 ekor dan Sore 2 ekor
  • Air minum dan wadahnya harus selalu terjaga kebersihannya agar burung selalu sehat.
  • Pagi pukul : 08.00 WIB dan sore pukul 17.00 WIB, pemberian pakan ini harus konsisten setiap waktu / jamnya.
  • Pemberian EF Kroto cukup 1 sendok makan (1 minggu 2x) saja.
  • Pemberian Vitamin cukup 1 minggu sekali saja dan anda dapat mencarinya banyak dijual di pasaran kios burung, disesuaikan dengan merk yang cocok untuk burung kacer anda.

Catatan penting dalam pemberian EF makanan untuk kacer :

Saat pemberian jangkrik, kaki dan kepala jangkrik harus dibuang, untuk pemberian kroto harus dibersihkan dahulu dari semut semut dan kotoran yang keras yang dapat mengganggu vital suara burung kacer.

Pengembunan

Teknik pengembunan ini bertujuan untuk mendinginkan / menstabilkan kondisi birahi burung agar selalu stabil dan mempunyai vokal dan volume yang bersih dan jernih serta menjaga kualitas pita suara burung. Dengan cara ini merupakan salah satu tips kacer supaya gacor yang dimana di asumsikan bagi burung penguasa teritorial ini sangat baik bila di embunkan secara rutin setiap hari. Ada baiknya jika di keluarkan saat pagi hari sekitar pukul : 4.30 WIB.

Catatan disini: proses pengembunan disarankan untuk kondisi burung sedang VIT dan sehat.

Mandi dan Jemur

Bagaimana cara memandikan burung kacer ?. Untuk Pemandian dan penjemuran juga harus tepat dan disesuaikan dengan karakter burung, karena tipe karakter burung kacer berbeda-beda, ada yang mempunyai karakter tipe nya dingin dan ada yang panas. Jika belum terbiasa mandi di keramba, alternatif dapat di semprot menggunakan spray secara halus untuk merangsang burung mandi sendiri.

Baca selengkapnya :  Makanan Lovebird Biar Gacor Dan Ngekek Panjang

Mandi-dan-Jemur

Setelah selesai burung dimandikan ada baik diberikan EF 3 ekor jangkrik dan di jemur sampai pukul : 10.00 WIB. Kemudian di angin-anginkan 30 menit di teras dan kembali di krodong dan dimasteri dengan masteran yang cocok untuk burung kacer anda. Pukul : 15.30 WIB kerodong dibuka , lalu burung di angin-anginkan di teras, hingga pukul : 17.00 WIB sore – berikan EF jangkrik cukup 2 ekor saja s/d pukul : 18.00 WIB burung di kerodong kembali dan di istirahatkan hingga esok pagi lagi.

Pemasteran

Tujuan pemasteran burung kacer adalah untuk menambah materi isian yang mudah ditiru sesuai dengan karakter suaranya, jika saat di turunkan ke arena lomba, burung dapat maksimal mengeluarkan isian materi yang direkam oleh memori burung.

 

Teknik pemasteran burung ada 2 jenis :

  1. Ada yang menggunakan burung asli
  2. Ada yang menggunakan mp3 sound
  • Waktu yang tepat saat pemasteran adalah saat burung istirahat sekitar pukul : 11.00 WIB agar dapat lebih maksimal sangkar burung wajib di krodong hingga sore hari pukul : 15.30 WIB.
  • Suara Burung Masteran yang baik untuk burung kacer adalah : kolibri ninja, kapas tembak, cucak jenggot, ciblek ngebrem tembakan speed rapat, dan cililin.

Tujuan dari pemasteran burung kacer ini agar dapat memiliki banyak materi isian agar kacer gacor siang malam.

Umbaran

Kandang umbaran bertujuan untuk melatih pernapasan burung kacer agar lebih prima dan bernafas panjang ketika dilombakan. Teknik menggunakan kandang umbaran disarankan jangan terlalu lama dengan durasi umbaran cukup 2-3 jam saja di dalam kandang umbaran dan cukup 1 minggu sekali saja burung di umbar. Namun tidak boleh disamakan semua burung yang di umbar akan tampil dengan baik, dikembalikan lagi kepada karakter burung tersebut. Ada burung yang cocok menggukanan kandang umbaran dan ada yang tidak cocok. Tujuan melatih fisik dan stamina di kandang umbaran merupakan salah satu cara agar kacer ngeplong keras.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Membuat Bulu Burung Cepat Rontok (Molting)

Umbaran

Kebersihan kandang

Menjaga kebersihan kandang adalah bagian terpenting memelihara semua jenis burung, khususnya burung kacer. Cukup sehari sekali saja membersihkan kotoran burung di waktu pagi saat memandikan burung kacer.

Pengkrodongan

Teknik pengkrodongan ini sangat penting untuk selalu menjaga kenyamanan sang burung. Dan harus konsisten jam-jam saat mengkrodong burung, pengkrodongan yang baik ketika pemasteran di pukul : 11.00 WIB dan ketika saat burung istirahat di malam hari.

Ingat setelan rawatan harian burung kacer ini jangan disamakan dengan rawatan setelan / settingan untuk lomba ya.

Berikut informasi cara merawat kacer biar gacor terus sesuai yang dijelaskan diatas. Semua dikembalikan lagi kepada anda sang majikan. Kuncinya selalu konsisten dalam perawatan dan pasti akan merasakan hasil yang maksimal untuk performa burung kacer anda.