Rahasia Settingan Pakan EF Harian Murai Batu

Diposting pada

Situs Resmi Kacer.Co.Id kembali akan berbagi / sharing ilmu atau pengalaman untuk mencari settingan pakan extra fooding (EF) yang tepat untuk murai batu kesayangan anda agar nantinya tampil lebih maksimal dan lebih apa yang diharapkan.

Untuk pakan murai batu Ada banyak sekali para kicau maniak – hobiis murai yang bertanya tentang takaran / mengatur settingan rawatan ef harian yg tepat dan bagaimana caranya.

Untuk mendapatkan settingan yg pas untuk murai batu kita, selama ini kebanyakan kita memberi makan burung murai batu berdasarkan feeling saja tanpa didasari dengan asumsi saja pandapat anda saja bukan ?.

Akan tetapi ada baiknya jika kita memberikan rawatan / pakan ef dengan takaran yang tepat dengan menyesuaikan karakter burung masing-masing itu sangat lebih baik, ada halnya kita belum mengetahui sebenernya berapa porsi yg pas buat burung murai batu kita, sewaktu kali saat memberikan pakan untuk murai ada beberapa tips yang harus anda perhatikan dan analisa, penulis tentunya akan bagikan cara menemukannya berdasarkan pengalaman yang telah saya coba sebelumnya.

Kenapa dalam pemberian pakan EF untuk burung murai batu anda harus konsisten?.

Bertujuan supaya pola settingan tidak berubah-ubah, karena jika anda telat waktunya dalam memberi makan murai batu akan naik porsi makannya, sebaliknya jika kecepetan maka mb yg masih kenyang akan menyisakan makanannya, akhirnya settingan kembali jadi kacau dan pengaruhnya ya emosi / birahi burung menjadi tidak stabil.

Sebab setiap ef yg diberikan memiliki efek birahi, hanya kadarnya yg berbeda2 pada setiap jenis ef, kalo pola jadwal makannya kacau ya naik turun birahinya burung murai batu bisa ikut menjadi kacau. Bukannya menjadi kicau maniak eh malah Kacau Maniak ini mah gan!.. hehehhe.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Merawat Burung Pleci, si mungil (kacamata)

Yang akan kita bahas disini Rahasia Settingan Pakan EF Harian Murai Batu – ada 2 teknik khusus untuk pemberian pakan EF (Jangkrik dan Kroto) saja. Dan dijamin pasti pas untuk burung murai batu om bos.

Setelan Pola Makan Burung Kicau Murai

Teknik Pemberian EF Jangkrik Untuk Murai Batu

Contoh: Setiap Pagi hari pukul : 05.00 WIB burung Murai Batu di keluarkan untuk tujuan diembunkan dan ada 2 teknik dalam pemberian jangkrik.

jangkrik

1. Teknik yang pertama – berikan (EF) Jangkrik satu persatu pada burung murai batu anda, lalu anda analisa dan perhatikan serta amati betul berapa jumlah ekor jangkrik yg langsung di makan.

Dan perhatikan juga jumlah jangkrik yang hanya di dimain-mainkan saja atau hanya dibuang ke karpet, nah itulah porsi / takaran jangkrik yg tidak masuk hitungan dalam jumlah tentunya. Pemberian EF (Jangkrik) dipagi dan di sore hari harus sama dan selalu di analisa.

2. Teknik yang kedua – hampir sama hanya saja cara yg kedua ini lebih tepat untuk burung Murai Batu yg terlalu jinak,supaya Murai Batu tidak semakin jinak karena di beri jangkrik satu persatu maka dapat kita gunakan cara lainnya.

Contoh: Langsung anda beri EF Jangkrik dengan jumlah 5 ekor pada cepuk, perhatikan dan amati saat burung Murai Batu anda makan, ketika Murai Batu sudah mulai memain-mainkan Jangkriknya dan berhenti untuk memakannya, langsung saja anda ambil cepuknya lalu hitung brp yg termakan lalu sisanya jangan diberikan lagi.

Baca selengkapnya :  Kolibri Macet Bunyi? Atasi Dengan Cara Terapi Ini (Terbukti Ampuh)

Catatan: Hal yang paling penting lainnya adalah waktu makan harus konsisten jika pagi setlah habis memandikan burung sekitar kurleb pukul : 9.00 WIB maka seterusnya demikian, namun untuk pakan sore biasanya pukul : 17.00 WIB ya seterusnya demikian, inga – inga harus KONSISTEN ya brooo.. hehehe.

Pertanyaan yg timbul biasanya: wah om .. Kenapa Murai Batu saya kalo dikasih jangkrik berapa aja habis om, nah jika seperti itu namanya mb masih belum stabil rawatan hariannya, biasanya burung murai batu seperti itu kita temukan saat kita baru membeli murai batu baru atau bahan.

Saya jg pernah mengalaminya, berapapun EF jangkrik yang diberi habis, bahkan ada yg mampu makan hingga jumlah yg ga masuk akal kurleb 20 ekor per sekali makan, nah untuk kasus seperti ini biarkan saja mbnya kenyang dulu nanti ke esokan harinya apabila sudah kembali stabil baru cari setelan / settingan yang tepat, tidak mungkin murai batu tersebut akan terus – terusan makannya seperti itu toh. Kembali lagi kepada penerapan ilmu yang sudah dibahas diatas, inti dan kuncinya harus konsisten.

Teknik Pemberian EF Kroto Untuk Murai Batu

Settingan Pakan EF (Kroto) Yang Tepat Untuk Murai Batu :

Cara mencari setelan / settingan kalo saya biasanya kroto saya berikan setelah aktifitas pagi selesai, yaitu setelah proses pengembunan, jemur, mandi, lalu baru saya beri kroto, tepatnya sekitar pukul : 12.00 WIB siang hari.

keroto

contoh: misalnya berikan satu sendok makan kroto segar, lalu perhatikan sisa kroto pada sore harinya ketika kita memberi makan EF jangkrik di sore hari, jika kondisi cepuk kroto bersih tak bersisa berarti kroto kurang,tambahkan porsi kroto per setengah sendok untuk settingan kroto esok harinya, tapi jika cepuk kroto masih tersisa sedikit kurleb 50 sd 70 butir kroto atau hanya satu layer tipis kroto maka porsi yg diberikan sudah cukup.

Baca selengkapnya :  Tips Mudah Cara Merawat Burung Parkit Agar Cepat Gacor

Sekian penjelasan dari saya tentang setelan makan burung murai batu. Namun jika anda sudah menemukan setelan yang pas dengan apa maunya burung Murai Batu anda, otomatis sudah pasti burung akan merasa nyaman dan cepat mencapai kondisi puncaknya, Gacor dor bocor tentunya.

selamat mencoba, sekali lagi mohon maaf kalo ada perbedaan dengan cara settingan teman-teman para kicau maniak yg lain,sukses buat kita semua Ammin.. salam kicau maniak.

Baca artikel lainnya :

Cara Tepat Memilih Voer Murai Batu Yang Baik

Penanganan Yang Tepat Untuk Murai Batu Mabung Tidak Tuntas

Dampak Buruk Menggunakan Doping Untuk Murai Batu

Efek Samping Pemberian Ulat Hongkong Untuk Murai Batu