Cara Mudah Membuat Pakan Racikan Jamu Lovebird Konslet

Diposting pada

Tidak mudah untuk mencetak lovebird juara digantangan, banyak proses panjang yang harus ditempuh, Bukan hanya sekedar dari segi perawatan perawatan, atau masalah trah indukan, selain membutuhkan perlakuan khusus.

Yang perlu diperhatikan terhadap pemberian pakan khusus dengan komposisi makanan pada lovebird juga harus benar-benar diperhatikan supaya burung ini bisa menghasilkan suara yang jernih dan nyaring lebih lama ketika berkicau.

lovebird

Bagaimana cara membuat jamu untuk lovebird ?. Anda bisa membuat pakan racikan lovebird konslet dengan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan dan tidak memerlukan banyak peralatan dalam pembuatannya.

Penasaran seperti apa cara pembuatan jamu untuk lovebird lomba dan bahan-bahan yang diperlukan? Yuk simak ulasan berikut dengan seksama!

Resep Dan Tutorial Membuat Makanan Untuk Lovebird

1. Menggunakan bawang putih tunggal

bawang-putihSiapkan bawang putih 3 siung kemudian haluskan dengan parutan,lalurendam selama 10 menitdidalam air putih. Setelah parutan bawang putih direndam, tiriskan bawang putih dan jemur hingga benar-benar kering.

Bawang putih yang dijemur ini disebut dengan milet, dan sudah terbukti membantu suara lovebird lebih nyaring dan terdengar lebih lama.

Bawang putih mengandung vitamin A, B1, C, kalsium, lemak, zat besi, fosfor, protein, yang baik untuk kesehatan lovebird.

2. Perpaduan Mengkudu dan Jahe

mengkudu-dan-jahe

Cara pembuatannya sama, anda hanya perlu menghaluskan jahe dan buah mengkudu menggunakan parutan, kemudian rendam parutan jahe dan buah mengkudu didalam air selama beberapa menit, lalu tiriskan dan jemur hingga kering. Buah mengkudu yang digunakan sebagai bahan pakan racikanlovebird konslet harus benar-benar matang.

Baca selengkapnya :  6 Cara Merawat Kenari

Mengkudu bisa memantu melancarkan pencernaan love bird, mengobati infeksi, dan kandungan antibakterinya mampu mengobati alergi pada burung.

3. Menggunakan Jahe Murni

rebusan-jaheTidak perlu khawatir jika tidak ada buah mengkudu, anda bisa memanfaatkan jahe untuk menunjang kesehatan lovebird. Haluskan jahe dengan parutan atau blender, kemudian rendam jahe didalam air hangat lalu tiriskan.

Jangan dibuang terlebih dahulu air jahenya, tetapi rendam milet didalam air jahe, kemudian jemur hingga benar-benar kering.

Dengan menggunakan metode seperti ini milet akan menyerap kandungan nutrisi yang ada didalam air jahe.

Jika ingin hasil dalam pengeringan setelah penjemuran milet ini, boleh anda sangrai dengan wajan penggorengan seperti gambar diatas tersebut, hasil penyangrai dengan metode pengapian yang kecil saja, namun harus sering di aduk-aduk miletnya hingga kering merata seluruh bagian.

4. Memanfaatkan perpaduan rempah-rempah

rempah-rempah

Jika anda ingin lovebird memiliki kicauan yang indah dan tetap sehat ditengah-tengah musim pancaroba, anda bisa menggunakan kencur, kunyit, kuning telur, dan madu sebagai pakan racikan lovebird konslet. Cara pembuatannya tidak jauh berbeda, haluskan kunyit dan kencur, kemudian campur dengan kuning telur dan madu.

Agar bahan-bahan lebih larut, tambahkan air hangat kemudian rendam milet didalam ramuan tersebut hingga benar – benar meresap. Setelah meresap sempurna, milet siap diberikan kepada lovebird konslet kesayangan anda.

5. Kombinasi binahong, daun mengkudu, pepaya, dan jahe

Haluskan terlebih dahulu daun binahong, daun mengkudu, jahe, dan pepaya. Setalah dihaluskan, rendam semua bahan didalam air hangat kurang lebih 20 menit. Setelah itu tiriskan dan gunakan air hangat bekas rendaman dededaunan, buah , dan rempah ini untuk merendam milet.daun-mengkudu

Jangan lupa berikan garam sejumput untuk merendam milet. Daun mengkudu berkhasiat untuk meningkatkan stamina dan meningkatkan kicauan lovebird, sehingga cocok jika digunakan campuran pada pakan racikan lovebird konslet.

Baca selengkapnya :  15 Makanan Jangkrik Agar Burung Kicau Tampil Maksimal

Daun binahong berkhasiat untuk mencegah penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri, menghangatkan tubuh lovebird saat udara dingin, mengobati diare pada lovebird, dapat menguatkan kekebalan tubuh burung sebelum melakukan perjalanan jauh, dan bisa menyembuhkan gatal-gatal yang terjadi pada lovebird.

Itulah deretan resep yahg bisa anda berikan untuk lovebird kesayangan anda agar memiliki performa suara yang luar biasa ketika diadu dalam ajang kontes. Bersihkan terlebih dahulu tubuh lovebird sebelum diberi makan.
Agar tampil lebih makasimal dan untuk menghasilkan suara yang lebih jernih, milet juga boleh dikombinasikan dengan ebod strong yang terbuat dari bahan-bahan herbal untuk menghindari efek samping pada lovebird.

Dan saat H-1 sebelum kontes ada baiknya burung diberikan vitamin lovebird agar selalu menjaga kondisi fisik dan kesehatannya lebih prima.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, seputar tips memberikan pakan racikan spesial untuk lovebird gacoan anda agar bisa tampil konslet di arena kontes nanti. Semoga bermanfaat.