Cara Perawatan Burung Prenjak Kepala Merah

Diposting pada
Rate this post

perawatan burung prenjak, Halo om bos kicau, gimana nih kabarnya hari ini ?. Pada postingan kali ini penulis blog kacer.co.id kembali ingin update informasi tentang jenis burung prenjak kepala merah dan bagaimana tips perawatannya. Burung prenjak merupakan sebuah burung yang berukuran kecil, yang sangat sering untuk menjadi burung masteran yang digunakan oleh para hobiis kicau maniak.

Nah bagi temen-temen yang baru saja ingin memulai ataupun pemula dalam hal memelihara burung kicau dan ingin mencoba merawat burung prenjak ini, tentu bacaan artikel ini sangat tepat untuk kalian simak sampai habis ya, oke tanpa banyak basa-basi lagi yuk kita cek aja langsung ke TKP di bawah ini :

Cara Perawatan Burung Prenjak Agar Cepat Gacor


Tips Rawatan Harian Burung Prenjak

Ada banyak sekali macam jenis burung perenjak yang ada di indonesia namun – jenis prenjak yang paling bagus untuk dipelihara om bos adalah prenjak kepala merah, dan burung ini sering sangat senang dengan habitatnya di perkebunan dan di pegunungan pasti sudah tidak asing dengan burung yang satu ini.

Burung Prenjak dominan dengan ukuran tubuh yang kecil di antara 10 sampai 15 cm saja. Walaupun burung yang satu ini kecil dan lincah tapi burung ini memiliki keistimewaan dan suara yang sangat indah yang tidak kalah dengan suara kacer bila kita bisa merawatnya dengan baik dan benar.

Nah disini penulis akan berbagi sedikit tips tips kepada anda mengenai cara merawat burung Prenjak agar bisa memiliki suara atau kicau yang sangat merdu lan indah. Oke berikut ini adalah tips tips yang mungkin bisa membatu untuk merawat burung prenjak kesayangan anda.

Baca selengkapnya :  Kriteria Penjurian Pakem Murai Batu RI Terbaru Bagi Pemula

Jenis-prenjak-yang-paling-bagus

Adaptasi Lingkungan

Pastikan burung prenjak yang anda miliki berkelamin jantan, karena jika burung yang anda miliki kelamin betina kualitas suara yang akan di dapat tidak bisa maksimal. Sebelum om bos membeli burung prenjak di kios burung ada baiknya om bos harus mengetahui perbedaan prenjak jantan dan betina. Agar tidak salah beli.

Jangan terburu-buru untuk memandikan burung prenjak yang baru saja di tangkap dari hutan, karena bisa membuat prenjak menjadi setres dan bahkan bisa berakibat fatal (mati). Jika Prenjak sudah bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar, silahkan untuk mandikan burung prenjak dan jemur 1-2 jam setiap harinya.

Dalam tahap memandikan burung prenjak jangan langsung di semprot karena bisa mengakibatkan stres pada burung tersebut walaupun burung yang anda miliki sudah beradaptasi pada lingkungan, kecuali dalam proses cara menjinakan prenjak kepala merah.

Untuk memandikan burung prenjak biasanya kita hanya dengan memberikan cepuk besar sebagai tempat mandinya.


Racikan pakan prenjak kepala merah

Untuk pemberian makan pokok anda bisa memberinya ulat kandang, ulat hongkong, jangkrik, dan kroto yang sudah di campurkan dengan voer.

voer untuk prenjak kepala merah yang berkualitas, seperti banyak digunakan oleh para hobiis dan kicau maniak lainnya – dengan merk : Chirpy Powder pakan voer halus untuk ciblek pleci prenjak.

Racikan-pakan-prenjak-kepala-merah

voer-untuk-prenjak-kepala-merah

Pemberian Mulvitamin Untuk Burung Prenjak

Dan jangan lupa om bos, jika ingin burung prenjak lebih lincah dan sehat dan tidak mudah terserang penyakit, berikan multivitamin burung.

Merk multivitamin yang kami refrensikan, sangat baik dan telah teruji adalah merk dengan Nama Produk : NEW ORBIRD 125ML 5, Kategori : Vitamin/Suplement.

NEW-ORBIRD-125ML-5

NEW ORBIRD 125ML VITAMIN BURUNG MENINGKATKAN METABOLISME KELINCAHAN

Baca selengkapnya :  5 Jenis Suara Burung Yang Memiliki Kicauan Merdu

Manfaat dan Kegunaan :

  • Melancarkan metabolisme burung
  • Membuat burung semakin lincah
  • Membuat burung semakin gacor
  • Meningkatkan kualitas suara
  • Meningkatkan daya imunitas burung

Cara pemakaian : Tuangkan setengah tutup botol/5ml orbird pada 100ml air minum burungUntuk jenis burung : murai, anis,cucak,prenjak, ciblek, dll. Mengandung bahan : rempah-rempah pilihan,madu,gula aren.

Dengan kalian memberikan vitamin secara teratur dan sesuai dengan kebutuhan, selain membuat burung menjadi sehat, maka salah satu cara perawatan burung prenjak agar cepat gacor. Demikian om bos, tips yang dapat kami bagikan untuk om bos semua. semoga bisa membantu dan bermanfaat.

baca juga : cara ternak burung prenjak kepala merah

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari