3 Tips Jitu Ternak Burung Prenjak

Diposting pada

Burung prenjak juga memiliki berbagai julukan di setiap daerah, seperti biasa kicau menyebutnya burung ciblek, dalam bahasa jawa, cinenen dalam bahasa sunda, cici atau kecici dalam bahasa betawi dan masih banyak lagi sebutan untuk burung perenjak ini.

Budidaya Burung Prenjak – Ciblek Jawa

Umur maksimal prenjak jika sudah siap untuk di ternak sekitar 1 – 2 tahun.┬áBurung prenjak dewasa dibandrol dengan harga 50ribu burung bahan / ombyokan – hingga mencapai 200ribu rupiah per ekor jika burung perenjak yang sudah gacor. Perawatannya yang mudah membuat burung mungil dan imut ini digemari banyak orang. Nah, bagi anda yang ingin mencoba ternak burung prenjak, anda dapat menyimak informasi selengkapnya dibawah ini:

Cara Mudah Budidaya Burung Ciblek

1. Mempersiapkan Kandang

Mempersiapkan-Kandang

Tips pertama dalam ternak burung prenjak yaitu menyiapkan kandang. Kandang sebaiknya dibuat dengan ukuran 90 x 90 x 90 cm. Sediakan glodok berukuran 20x 20x 20cm untuk tempat bertelur.

Sediakan pula bahan untuk membuat sarang seperti jerami kering, daun pohon pinus kering atau bisa juga dengan mengguakan ilalang kering.


2. Membedakan burung jantan dan betina

Membedakan-burung-jantan-dan-betinanamun anda hanya perlu memperhatiakan beberapa ciri-ciri fisik burung seperti perbedaan panjang ekor dimana panjang ekor betina lebih pendek dibanding burung jantan dan perbedaan warna dada dimana burung jantan memiliki bulu yang berwaran abu-abu gelap pada bagian dada sedangkan pada dada betina warna abu-abu cenderung lebih cerah.

Setelah dapat mebedakan burung jantan dan betina, hal selanjutnya yaitu memilih burung yang sehat dan bebas dari cacat fisik untuk selanjutnya dijodohkan. Proses perjodohan pin sama seperti proses perjodohan burung pada umumnya, yaitu dengan mendekatkan kedua burung dengan 2 sangkar yang berbeda.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Memilih Glodok Lovebird Yang Baik Dan Berkualitas

3. Pemberian pakan

Pemberian-pakan

Menyediakan pakan dalam ternak burung prenjak tidak terlalu sulit. Kita bisa memberikan burung prenjak ulat kandang, ulat hongkong dan kroto, bisa juga dengan memberikan serangga-serangga kecil lainnya. Ada baiknya setiap hari selalu di selang – seling agar burung tidak bosan.

Dalam memberikan makanan yang baik dalam proses ini anda bisa berikan telur puyuh rebus juga sangat disarankan untuk anda yang menginginkan burung gacor, hal ini dikarenakan telur puyuh memiliki kandungan protein yang tinggi, pemberian telur puyuh juga diyakini dapat menambah daya ingat atau memori otak burung yang digunakan untuk merekam suara.

Nha, itu tadi beberpa tips yang harus anda lakukan untuk beternak burung prenjak, burung yang mudah jinak ini cukup mudah pula untuk dikembangbiakan. Semoga bermanfaat.