Burung Remetuk Laut

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Oke kembali lagi masih bersama kami situs resmi Kacer.Co.Id yang selalu update memberikan info-info terbaru seputar dunia kicauan, nah di kesempatan kali ini kami akan mengulas sepuatr jensi burung remetuk laut ya temen-temen, mungkin dari kalian ada yang belum kenal dan belum pernah memelihara nya ?.

Burung yang satu ini bukan jenis burung lomba yang bisa kalian latih untuk digantang dilapangan ya, namun bisa dibilang hanya burung rumahan lah istilah nya ya, bisa difungsikan untuk burung isian / masteran serta meramaikan suasana rumah kalian agar nggak sepi-sepi amat ya, hehehe.

Nah bagi temen-temen yang masih penasaran dan ingin tahu lebih jelasnya info seputar jenis burung remetuk laut ini, yuk simak pembahasan lengkapnya ada dibawah ini ya :

Apa Itu Burung Remetuk Laut ?


Habitat Dan Ciri Burung Remetuk Laut

Kenapa kok bisa dipanggil / disebut remetuk laut ?, jadi asal-usulnya burung ini memang di habitat asli di alam liarnya sangat menyukai tempat untuk berkembang biak, bereproduksi di area tepi laut ataupun pantai terbuka ya temen-temen, dan masih tergolong kerabat keluarga dengan jenis burung acanthzidae

memang jika kita perhatikan burung ini memiliki postur yang kecil ya, namun memiliki kicauan yang sangat lantang jika sudah ngeplong di alam liarnya, terdengar mirip-mirip suara burung tledekan laut ya.

ciri fisik burung remetuk laut ini memiliki warna bulu dada dominan berwarna kuning cerah seperti pleci lombok, untuk jenis burung ini masih banyak populasinya di benua asia, dari filipina, malaysia hingga indonesia tentunya.

Baca selengkapnya :  Cara Menjinakkan Burung Kutilang

burung-remetuk-laut-jantan

Tips Membedakan Jenis Remetuk Laut Jantan Dan Betina

Setelah kalian sudah mengenal habitat beserta ciri-ciri fisik dari burung remetuk laut ini, selanjutnya disini kami akan berikan tips bagaimana sih untuk mengenali tipe jantan dan betina nya ?.

Berdasarkan pengalaman para senior kicau mania burung jantan dan betina memiliki kemampuan berkicau yang hampir sama ya temen-temen, jadi untuk perbandingan jantan serta betina nya kita fokuskan pada ciri fisiknya ya sebagai parameter.

burung jantan ini biasanya memiliki bentuk kepala lebih besar dan tubuh lebih panjang, adapun si betina yg mempunyai bentuk kepala kecil dengan postur tubuh yang lebih pendek

jika kalian memilih burung remetuk laut ini di ombyokan atau kalian sandingkan maka akan mudah sekali untuk kita amati dan bandingkan antara satu dengan yang lainnya, maka ciri tersebut sangat jelas terlihat apabila kalian amati dengan teliti.

Yang kedua pada burung jantan warna pada bulu di bagian dada berwarna kuning pucat sedangkan burung betina berwarna kuning terang / nampak cerah ya, biasanya cara ini sangatlah akurat untuk kita memilih dan membedakan burung tersebut ya.

burung-remetuk-laut-betina

Tips Memelihara Remetuk Laut Bahan Pikat Hutan

Nah disini bagaimana cara merawat burung remetuk laut hasil tangkapan liar yang masih giras agar tidak mudah mati ?. Banyak kasus yang di alami dari temen-temen kicau mania yang masih belum mengetahui bagaimana sih pola rawatan harian nya terlebih burung yang baru di dapat ataupun baru saja membelinya dari ombyokan.

Jadi kalian harus tahu cara perawatannya Seperti apa karena burung remetuk laut ini memang sangat rentan sekali mati ya teman-teman apalagi burung dari bahan ombyokan ataupun pikatan ya karena perawatannya memang butuh ketelatenan ya teman-teman.

Baca selengkapnya :  Harga Pasaran Burung Branjangan

Oke langkah awal disini khususnya untuk penempatan sangkar kalian sebaiknya jangan langsung di ablak / bentang di tempat yang rame ya Jadi kalau baru beli itu sebaiknya kita asingkan atau di isoman (isolasi mandiri) terlebih dahulu ya karena tingkat stres burung remetuk laut ini sangat tinggi ya temen-temen

dan selanjutnya ini jangan kita untuk buru-buru melakukan perawatan harian pada umumnya burung ocehan lainnya ya, seperti terapi penjinakan penjemuran dan juga pemandian untuk burung remetuk laut yang baru beli dari ombyokan.

Jadi biarkan dulu beradaptasi di dalam sangkar untuk beberapa hari maksimal 1 minggu full kerodong dan tempatkan di tempat yang kondusif dan nyaman tentunya. Setelah melakukan isolasi tersebut kiranya jika kalian sudah mengamati burung mulai tenang baru kalian bisa melanjutkan ke perawatan harian seperti biasanya ya.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan seputar burung remetuk laut ini, semoga kira bisa kalian jadikan referensi, yang bisa menambah wawasan dan bermanfaat. Terima kasih. Salam kicau mania.