Mengenal Burung Blackthroat (Kenari Afrika), Ciri, Makanan, Suara, Harga

3 min read

Burung-Blackthroat

Burung pemakan biji khususnya famili fringlidae masing tergolong sebangsa jenis kenari, bernama Serinus Otrogularis dikenal juga dengan sebutan seedate canary atau yellow rumped. Blackthroat ini memiliki postur yang berukuran sedang, dan jika dilihat sekilas hampir mirip dengan burung sanger.

Burung-Blackthroat

Karena banyak orang yang keliru, mengenalinya yang paling utama yang membedakan blackthroat dengan burung sanger adalah warna hitam pekat pada leher/kerongkongan blackthroat oleh karena itu burung ini diberi nama blackthroat, burung jantan dewasa blackthroat memiliki warna kuning pada ujung ekornya. Burung yang menyukai biji-bijian selain lovebird adalah burung blackthroat atau sering dikenal dengan kenari afrika.

Sebelum anda membeli burung ini untuk dipelihara, ada baiknya anda harus mengetahui terlebih dahulu dengan mengenal spesifik dari burung yang satu ini. Berikut ulasan selengkapnya akan dibahas dibawah ini :

Memahami karakteristik jenis burung kenari Afrika


A. Habitat dan Ciri Black Throat

Habitat alamnya burung ini adalah hutan terbuka berhawa panas dengan tumbuhan perdu, Blackthroat ini yang biasa disingkat BT banyak hidup tersebar di daerah pulau jawa, kalimantan, bali, china dan khususnya di Afrika sendiri. Karena burung ini asalmu asalnya – pertamakali berasar dari daerah tersebut.

Burung blackroath yang tersebar di indonesia ini merupakan burung bawaan, yang di bawa oleh bangsa belanda saat ketika menjajah bangsa kita sejak zaman sejarahnya dahulu. Dengan seiring waktu yang berjalan sebagian burung ini berkembang biak diwilayah indonesia dan populasinya penyebarannya sangat cepat yang telah disebutkan diatas.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Lovebird Cobalt Beserta Kelebihan dan Harga Jual

kenari-afrika

Ciri Jantan

Ciri-ciri dari burung ini, khususnya untuk burung blackthroat kenari afrika yang jantan :

Memiliki postur tegap (gagah) dengan panjang sekitar 12 cm. Berleher lebih panjang. Warna pada tenggorokannya berwarna hitam pekat, bentuk kepala cenderung besar dan lonjong. Yang memiliki pen / kloaka yang sedikit menonjol keluar dan tonjolan tersebut terlihat sebesar biji kacang hijau dengan bulu rawis.Bentuk paruh yang tebal, bersuara nyaring dengan membawakan lagu saura yang variatif.

Ciri Betina

Namun untuk ciri burung blackthroat betina :

Memiliki bentuk tubuh yang bulat, berleher pendek, warna tenggorokan terlihat samar, bentuk poros kepala yang lebih kecil dan bulat. Bentuk pen kloakanya terlihat mendatar hanya ada lubang untuk keluarnya kotoran. Berparuh tipis, dengan suara volume yang kecil dan lagu yang monoton (tidak bervariasi).

B. Makanan Yang Dibutuhkan


Biji-bijan yang baik dikonsumsi

Makanan burung blackthroat ini adalah biji-bijian, buah-buahan dan sayur/dedaunan. Dan ada beberapa makanan tambahan EF (extra fooding). Makanan biji-bijian yang dikonsumsi oleh burung ini seperti Milet, Biji Sawi, Niger, Biji Lobak, Jewawut atau Cannary Seed sangatlah banyak mengandung gizi dan kalori yang baik untuk tumbuh berkembangnya burung ini.

Dan dapat juga untuk mencukupi kebutuhan karbohidrat untuk jenis burung finch ini juga sebagai sumber tenaga yang mengandung lemak nabati.

Daun-Sayuran/Buah-buahan

Selain biji-bijian, adabaiknya anda juga memberikan pakan sayuran. Sayuran yang diberikan adalah sayuran yang tidak terlalu banyak memiliki banyak serat. Seperti daun (singkong) karena sangat memudahkan untuk membantu proses pencernaan burung, selain itu sayur yang lainnya seperti sawi putih, selada air, oyong, buah apel, dan daun selada.

Pakan sayur dan buah-buahan yang kami sebutkan diatas merupakan pakan tambahan yang sangat disukai oleh burung yang satu ini. Yang bertujuan untuk memberikan asupan alam yang mempunyai banyak manfaat untuk menjaga daya tahan tubuh agar burung selalu sehat dan vit, tentunya pasti burung blackthroat anda akan rajin untuk berkicau merdu.

Baca selengkapnya :  Download Suara Burung Elang Auto Gacor MP3 Gratis

C. Suara Burung Kicau Blackthroat

Keunggulan burung ini, rajin berkicau. Untuk suara khas yang dimiliki oleh burung ini, adalah suara kasar dengan volume yang cukup kencang, tebal dan bening serta kristal dengan irama yang ngerol dengan memiliki durasi yang rapat, dengan karakter suara seperti ini tidak sedikit para kicau mania yang sangat mengagumi dan menyukai burung ini untuk dijadikan sebagai burung isian (masteran) ocehan burung lainnya.

Blackthroat

Burung ini sangat mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya sehingga memudahkan dalam perawatan sehari-hari serta sangat cepat bagi burung bahan sekalipun untuk dapat berkicau. Namun burung ini juga memiliki sifat poligami atau dengan kata lain satu burung jenis jantan ini dapat dikawinkan oleh berbagai jenis betina yang lebih dari satu pasangannya. Hal ini pastinya sangat menguntungkan bagi para penangkarnya.

Adapun kelemahan dari burung yang satu ini : warna corak bulu yang kurang menarik, dengan kombinasi trotolan abu-abu dengan warna coklat. Dan burung juga dapat mudah stres yang diakibatkan jika salah perawatan dan faktor lingkungan yang berubah kondisi ketika melakukan perjalanan yang cukup jauh. Namun stres pada burung jenis ini juga bisa diakibatkan karena mendengar suara kicauan burung yang lain yang memiliki vokal yang lebih keras dan kencang dari suaranya.

Bagaimana penasaran dengan suara burung yang satu ini ?. Berikut kami sediakan suara audio mp3 burung masteran blackthroat gacor dor yang anda unduh (download) secara gratis dibawah ini :

burung blackthroat gacor mp3

Download link disini


suara burung blacthroat gacor irama lagu mewah

Download link disini


masteran burung blackthroat gacor kristal

Download link disini

Baca selengkapnya :  Download Suara Burung Prenjak Auto Gacor MP3 Gratis

Berapa harga burung ini ?.

Bagi anda yang ingin memelihara burung satu ini, setidaknya anda harus mengetahui harga burung blackthroat tersebut, untuk membeli burung blackthroat yang masih bakalan (bahan), setidaknya anda harus merogoh kocek senilai 600 – 700 ribu, per ekor dan untuk burung yang sudah gacor berkisar Rp 1 jutaan, namun untuk sepasang jantan dan betina burung blackthroat ini dibandrol Rp. 2,3 juta per pasang.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, seputar pengenalan burung blackthroat ini agar dapat menambah ilmu pengetahuan anda tentang dunia kicau perburungan. Semoga bermanfaat.