7 Jenis Makanan Terbaik Untuk Burung Kicau

Diposting pada

Salam satu hobi. Selamat datang kembali di blog resmi kami Kacer. Disini kami akan membahas tentang informasi makanan burung kicau yaitu tentang “Makanan Burung” Berikut dibawah ini penjelasan lengkapnya :

Tahukah anda, ada banyak sekali jenis burung dan makananya, setiap burung memiliki makanan yang berbeda walaupun ada juga yang sama, burung di bagi menjadi beberapa jenis makanan tergantung jenis dari burung itu masuk kedalam golongan Herbifora atau Omnifora.

makanan-burung

Tapi kebanyakan burung kicau masuk kegolongan Omnifora.(Pemakan Segala), Pemakan segala adalah burung yang memakan tumbuhan / buah buahan juga memakan serangga.

Apakah jenis makanan untuk burung kicau memiliki efek samping / dampak buruk ?.

Intinya jenis makanan yang berkualitas untuk burung kicau sangatlah baik apabila dalam pemberian yang tepat / pas sesuai porsi, kesegaran (fres) nya makanan tersebut. Biar lebih jelasnya berikut akan kita bahas secara lengkap kandungan (manfaat) dari pakan burung kicau beserta efek samping dan dampak buruknya.

Berbagai macam pakan berkualitas baik untuk burung kicau

1. Voer

Voer adalah makanan utama dari banyak sekali burung ,Hampir semua burung yang di pelihara memakan voer ini dan mejadikan makanan utama, kalau di ibaratkan Voer ini ibarat nasi buat makanan sehari-hari kita. Lalu kenapa burung juga mau makan Voer?.

Burung yang mau memakan voer hanyalah burung yang sudah di pelihara/jinak. Karena burung yang di alam liar tidak akan menemukan voer jadi di burung tidak akan mau bila belum terbiasa atau di ajari untuk makan Voer.

Voer juga di bagi menjadi beberapa jenis merk dan warna. Untuk warna Voer ini juga mengandung makna dan arti, ada yang berwarna : hijau, kuning, merah dan ada juga voer pakan lele. Dengan berbagai jenis voer yang dijual dipasaran / dikios burung memiliki kandungan vitamin, protein dan mineral yang berbeda-beda.

Baca selengkapnya :  Inilah Racikan Jamu Minuman Kacer Biar Cepat Gacor

Untuk jenis voer pakan lele yang berwarna coklat ini memiliki kandungan yang sangat tinggi yang dapat menaikan suhu tubuh burung ke level puncak, biasanya baik untuk diberikan ketika burung memiliki birahi yang sangat rendah / kurangnya emosi untuk berkicau, serta dapat mentuntaskan perontokan bulu burung di saat memasuki masa mabung.

Untuk voer yang berwarna hijau dengan rasa rumput laut memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yang diberikan berdasarkan persentase dari masing-masing merk. Untuk voer yang berwarna kuning memiliki kandungan yang pas (sedang), dan yang berwarna merah memiliki kandungan yang rendah protein tentunya.

Dengan adanya versi kandungan yang berbeda pastinya akan memudahkan perawatan untuk pemberian pakan voer yang dapat disesuaikan dengan kondisi dan birahi burung kicau kita tentunya.

Bagaimana sih cara memilih voer yang cocok untuk burung Kicau ?

Membutuhkan proses yang cukup lama dalam menentukan voer yang cocok untuk burung peliharaan anda, Ada banyak sekali merk dan jenis voer yang dijual di pasaran, namun anda jangan terpengaruh dengan promo yang menawarkan dan memberikan kualitas voer yang baik dengan harga yang mahal, karena voer yang cocok untuk burung kita bukan dilihat dari harga.

Disini saya akan memberikan tips nya, beli lah 3 jenis merk voer yang berbeda, cara pemberiannya :

Contoh disini adalah voer dengan Merk A, B dan C. Berilah pakan burung peliharaan anda dengan merk yang A selama satu minggu dan lihat pekembangan burung, apakah burung anda doyan dan suka untuk memakan voer jenis A, namun perhatikan juga kotoran dari burung tersebut apakah kering dan bagus ataukah mencret ?. Jika kotoran berbentuk mencret berair berarti voer A tidak cocok.

Lanjutkan tester menggunakan voer merk B selama satu minggu begitu pula seterusnya, analisa kotorannya dapat dilihat dalam pemberian voer selama 1 minggu lamanya. Jika kotoran burung kering dan bagus, maka voer jenis itulah yang tergolong cocok dan sangat baik untuk dikonsumsi sebagai pakan harian burung anda.

Baca selengkapnya :  Rahasia Sukses Ternak Burung Anis Merah Bagi Pemula

2. Keroto (Telur Semut)

Keroto, makanan burung yang satu ini sebagai vitamin yang banyak mengandung nutrisi baik untuk burung biasanya burung yang malas berkicau akan menambah nafsu berkicaunya setelah memakan si kroto ini.

Burung jenis kacer ini sangatlah menyukai pakan kroto ini, akan tetapi sangat tidak dianjurkan apabila kroto diberikan setiap hari.

Ada baiknya berikanlah makanan kroto yang segar ini hanya seminggu 2 kali saja.

3. Jangkrik

Jangkrik, sama seperti keroto jangkrik juga adalam makanan tambahan, karena di alam liar jangkrik ini juga menjadi makanan yang sangat di favoritkan oleh burung. Walaupun hanya sebagai pakan tambahan.

Namun tidak sedikit para hobiis kicau mania yang memberikan jangkrik ini secara rutin setiap harinya asalkan dengan takaran yang pas untuk burung kesayangannya agar dapat dapat meningkatkan kualitas suara kicauannya menjadi lebih kencang dan gacor. Untuk pemberian jangkrik sebagai pakan setiap harinya tidak ada masalah, akan tetapi yang harus anda ingat. Berilah jangkrik hanya pada jeroan perutnya saja, kepala dan kaki harus dibuang, agar burung tidak tersedak / kelolotan yang dapat mengganggu pita suara dari tenggorokan burung peliharaan anda.

4. Ulat Hongkong

Ulat hongkong, atau sering disebut dengan (UH) merupakan termasuk makanan favorit mungkin di alam liar burung akan sulit mendapatkan ulat hongkong padahal ulat hongkong ini sangat baik untuk burung dalam menaikan birahi mental tempurnya dengan cepat.

Biasanya pakan ini sering digunakan ketika mencari (setingan/setelan) saat burung kicauan akan mengikuti lomba (kontes).

Namun untuk pakan jenis ulat hongkong ini sangat tidak di anjurkan untuk diberikan setiap harinya, hanya boleh diberikan saat burung mau di lombakan atau ketika burung sedang mabung saja.

5. Ikan (kecil)

Ikan yang masih berukuran Kecil, adalah pakan penunjang (extra fooding) terbaik yang sangat digemari oleh burung-burung jenis petarung (fighter). Semua orang pasti tahu banyak manfaat dan kandungan yang dimiliki oleh ikan ini, yang baik dikonsumsi oleh manusia maupun untuk jenis burung pada umumnya.

Baca selengkapnya :  Inilah 3 Jenis Burung Tledekan Terbaik Yang Ada Di Indonesia

Pakan ikan kecil ini biasanya sangat digemari oleh jenis burung kacer ataupun murai batu, karena kandungan yang dimiliki oleh ikan ini mampu mendongkrak stamina dalam tubuh serta menghaluskan / membuat mengkilap pada bulu burung tersebut.

Catatan : “Ingat dalam pemberian pakan ikan kecil ini, tidak boleh diberikan setiap hari, minimal 2 minggu sekali / sebulan sekali saja. Jika diberikan setiap hari kepada burung kicauan anda maka akan menimbulkan efek samping atau dampak buruk yang dapat dialami oleh burung kesayangan anda”.

6. Buah Pisang

Pisang, pisang adalah makanan kegemaran banyak sekali jenis burung, pisang juga dapat membantu pencernaan burung, anda tahu sendirikan manfaat dan khasiat dari buah pisang ini.

Untuk manusia saja sangat bagus dan di sarankan oleh para ahli untuk mengkonsumsi pisang setiap harinya.

Buah pisang ini biasanya sangat digemari oleh burung cucak ijo. Dan ada baiknya berikan pakan buah pisang ini dengan takaran 2 kali saja dalam 1 minggu.

7. Buah Pepaya

Pepaya makanan burung yang satu ini baik juga untuk burung om bos kandungan dari pepaya. antara laian vitamin, mineral air dll. Manfaat Air yang di berikan kepada burung sangatlah baik.

Karena setiap mahluk hidup itu memerlukan air tentunya.

Jika burung kicauan anda sangat menyukai buah pepaya ini, ada baiknya berikan 4 kali dalam 1 minggu.


Demikian Penjelasan yang dapat kami berikan seputar 7 Jenis Makanan Terbaik Untuk Burung Kicau (Versi: kacer.co.id)

Semoga kiranya dapat kiranya bermafaat dan menambah wawasan anda di dunia burung kicau, namun om bos boleh membagikan / share ke akun Jejaring sosial milik om bos seperti Fb,twiter ,instagram dll. Terima kasih.