Jenis Burung Kacer Dan Habitatnya

Diposting pada

Hai Sobat kicau maniak kacer.co.id semua. Pada artikel kali ini kita akan membahas spesifikasi khususnya untuk burung kacer adalah burung pemakan serangga yang mana kita harus mengetahui karakteristik dan sifat serta habitat asalnya. Burung magpie robin atau sering di sebut dengan burung kacer poci mempunyai sifat petarung, dan mental yang sangat baik.

Namun ada pepatah mengatakan , tidak kenal maka tak sayang ?. hehe. Waduh . . ., maka dari itu sobat kicau sebelum kita memelihara / merawat burung kacer ini perlu sedikit pengetahuan yang lebih dalam tentang burung kacer tersebut.

Dengan suara khasnya yang sangat indah, merdu dan pedes ditelinga oleh kebanyakan orang kacer dipelihara dan dirawat untuk hobi dan memainkannya di ajang arena lomba kicau gantangan. Bahkan perlombaan burung kicau untuk kacer saat ini telah menjadi trend kelas yang bergengsi yang banyak disukai oleh orang banyak.

Sebagaimana dengan sifat petarungnya terdapat rahasia dalam perawatan burung kacer sangatlah misteri. Tidak semua orang dapat memahami karakter burung kacer masing-masing untuk dapat tampil maksimal di arena lomba.

Jenis Jenis Burung Kacer :

Pada dasarnya jika dilihat dengan seksama / globalnya : kacer ada 2 jenis untuk warna yang berbeda. Ada kacer dada putih dan ada juga kacer yang dadanya hitam. Berikut penjelasan detailnya dibawah ini:

  • Kacer Poci

Kacer Poci Mempunyai bulu dada berwarna putih dan ada banyak lagi turunan dan golongannya dari berbagai masing-masing daerah dan wilayahnya; kacer poci yang memiliki mental petarungnya sangat baik, speed rapat tembakan pedas dan sangat mudah untuk dimaster dan sangat baik sebagai referensi burung lapangan di ikut sertakan diarena lomba kicau gantangan.

Baca selengkapnya :  Rahasia Perawatan Burung Cendet Agar Cepat Gacor

Kacer-Poci

  • Kacer Jawa

Kacer jawa memiliki warna bulu dada yang hitam pekat dan sangat langka dan unik, untuk volume vokal sangat keras dan crystal. Akan tetapi berbeda dengan kacer poci yang jauh lebih memiliki mental petarung dengan volume speed yang rapat dan tegas. Disarankan kacer jawa ini lebih baik untuk sebagai penghibur atau rawatan burung rumahan saja.

Kacer-Jawa

Habitat Burung Kacer

Jenis Burung Kacer Dan Habitatnya

  • Kacer skoci/poci (Copsychus saularis musicus)
  • Kacer bintik (jenis kacer tretes)
  • Kacer jawa lokal / kacer banjar (ekor putih)
  • Kacer lokal (wulung
  • Kacer blorok (belang)
  • Kacer Albino

Habitat dan tempat tinggal asal burung kacer adalah di hutan yang mempunyai sifat penguasa teritorial yang sangat kuat, kacer sangat senang dengan pepohonan yang sangat rindang, burung kacer sangat senang bermain dibawah tanah dengan insting alam liarnya burung ini sering mencari serangga cacing dan sangat menyukai tempat dan daerah yang sejuk di dekat sungai aliran air yang gemericik.

Habitatnya kebanyakan di hutan wilayah sumatera, kalimantan, jawa barat dan tersebar di semua wilayah di indonesia.