Mengenal 5 Jenis Burung Cucak Ijo Terbaik Di Indonesia

Diposting pada

Cucak Ijo – Ada banyak macam burung CI yang harus anda ketahui, sedangkan warnanya yang hijau, terlihat cukup mencolok dan menarik perhatian. Di Indonesia sendiri, burung berwarna hijau ditemukan setidaknya ada 5 jenis. Yuk kenal lebih lanjut dengan burung berkicau ini lebih dekat.

Varian Jenis, Ciri Khas, Beserta Harganya


1. Jenis Sumatera

cucak-ijo-SumtraBurung hijau dari Pulau Suamtera ini, sangat mudah dibedakan daripada jenis lainnya. Sebab burung peliharaan satu ini memiliki postur tubuh lebih kecil, jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Dirinya memang memiliki tubuh yang kecil, namun sangat reaktif saat berkicau. Tipe kicauan yang dikeluarkannya cenderung monoton. Namun jika disandingkan dengan jenis lainnya, burung ini ternyata miliki kicauan yang terdengar bervariasi.

Ciri tubuhnya yang terlihat paling mencolok, adalah warna bagian atas kepalanya yang memiliki warna kekuningan. Sesuai dengan namanya, ciri bulu yang dimilikinya lebih dominan warna hijau. Namun terdapat sedikit warna kuning, di beberapa bagian tubuhnya. Di bagian pipi atau dagunya, burung ini memili warna biru yang terlihat sedikit mengkilap. Tubuhya sendiri dianggap proporsional, sebab bentuk badannya lurus nan tegap.

Harga yang ditawarkan untuk burung cucak ijo gacor ini cukup bervariasi. Biasanya pedagang akan membedakan harga jual, berdasarkan tingkat kedewasaan, prestasi, dan bakalan. Untuk burung hijau dewasa, harga sudah mencapai Rp.1 jutaan per ekornya. Jika si burung telah menyabet prestasi, harga jualnya bisa saja mencapai Rp. 3 jutaan per ekornya. Lebih tertarik membeli bakalan ? Anda sudah bisa memilikinya dengan harga dibawah Rp. 1 jutaan.

2. Jenis Rante atau Ranti

cucak-ijo-RanteHewan berbulu hijau ini, memiliki habitat asli dari Pulau Sumatera. Jika diperhatikan lebih teliti, burung kicauan ini memiliki kesamaan dengan Cucak Mini ketika masih kecil. Beranjak dewasa, hewan ini pun akhirnya memiliki ciri khas sendiri. Yang membuatnya berbeda denganjenis lainnya, si burung kicauan ini memiliki warna hijau terang yang cukup mendominasi. Di sektiar wajah dan dahinya, terdapat warna biru yang cukup mencolok.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Menjinakkan Cucak Jenggot Bakalan Liar Hutan

Pada sisi sebelah kanan dan sisi kiri lehernya, terdapat warna ungu yang berbentuk garis (strip Malar). Yang membuat burung kicauan ini semakin menarik, yaitu iris matanya yang berwarna kecoklatan. Pada umumnya, kaki si hijau ini memiliki warna abu abu kebiruan yang cukup unik. Sedangkan pada bagian tenggorokannya, memiliki warna hitam pekat.

Berdasarkan info yang didapatkan, burung Cucak Ijo saat ini memiliki harga yang cukup terjangkau. Anda yang ingin meminangnya, cukup menyiapkan dana sekitar Rp. 400 ribuuntuk membeli satu ekornya. Harga yang ditawarkan tersebut, dirasa cukup rendah untuk kelebihan yang dimilikinya. Namun harga tersebut, bisa saja berubah seiring berjalannya waktu.

3. Jenis Kalimantan

cucak-ijo-KalimantanHabitat aslinya yang berada di Pulau Kalimantan, hewan satu ini memiliki kelebihan berbeda denagn jenis lainnya. Kelebihan tersebut, terletak pada mental kuat nan tangguh yang dimilikinya. Dengan ketangguhannya, tidak mengherankan bila hewan ini dapat ditemukan di ajang perlombaan kategori kicauan burung. Dengan pelatihan tepat, suara cucak ijo ini mampu mengeluarkan tembakan, crecetan yang keras nan bervariasi.

Untuk membedakannya dengan jenis lainya, anda harus mengetahui ciri yang dibawanya. Perbedaan dominan yang dimilikinya, terletak pada bagian ekornya yang terlihat kaku dan cenerung lurus. Walaupun memiliki bentuk lurus, ekornya relatif lebih pendek jika dibandingkandengan jenis lainnya. Proporsi tubuh yang dimilikinya pun relatif lurus, seperti jenis Sumatera.

Jika berbicara mengenai warnanya, burung ini hadir dengan warna hijau terang. Jika anda beruntung, anda juga bisa menemukan burung kicau ini dengan warna hijau kekuningan. Kicauan yang dimilikinya, juga bisa menjadi pembeda denagn jenis lainnya. Sebab burung kicauan ini memiliki kicauan monoton, cenderung tidak variatif. Hewan hijau satu ni, juga tidak terlalu atraktif pada saat berkicau.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Ternak Burung Parkit

Pasaran nampaknya membedakan harga si burung kicauan berwarna hijau ini. Harga yang diberikan, akan disesuaikan dengan 3 kategori yaitu burung yang telah dewasa, miliki prestasi, dan bakalan. Satu ekor burung kicauan dewasa, akan dikenakan biaya sekitar Rp. 1 jutaan. Sedangkan satu ekor burung kicauan berprestasi, pembeli akan dikenakan biaya hingga Rp. 3 jutaan. Jika lebih tertarik membeli burung kicauan bakalan, anda hanya akan dikenakan biaya Rp. 800 ribu saja.

4. Jenis Mini

cucak-ijo-miniBagi anda yang lebih tertarik memiliki burung kicauan dengan bentuk mini, burung jenis ini bisa menjadi rekomendasi alternatif. Bahkan ukuran tubuhnya ini, masih lebih kecil daripada jenis Sumateranya. Selain bentuknya yang mini, hewan berbulu hijau ini memiliki ciri khas lainnya. Menurut dari data yang didapatkan, hewan mungil satu ini hanya memiliki ukuran tidak lebih dari 17 cm. Dari ukuran tersebut, anda sudah pasti mengetahui seberapa kecil bentuk tubuhnya.

Si Cucak Ijo mini ini, memiliki warna yang cukup indah yang tak kalah dengan para saudaranya. Warna bulu yang dimiliki si mini sangat khas, yaitu warna hijau matang ataupun hijau gelap. Bahkan anda tidak akan menemukan warna biru pada bagian pipi dan dagunya. Saat berkicau, suara yang dihasilkan cukup nyaring nan merdu. Hanya saja volume suara yang bisa dihasilkannya, tidak konsisten.

5. Jenis Banyuwangi

cucak-ijo-BanyuwangiBagi anda yang tertarik untuk membuka usaha dari ternak burung kicauan, bisa memilih hewan berbulu hijau satu ini. Bisa dikatakan demikian, karena harga jual hewan berbulu hijau ini memiliki harga paling tinggi daripada saudaranya. Harga mahal yang dimilikinya, dirasa sesuai dengan daya tarik dari suara indah yang dimilikinya. Untuk membedakannya, bisa dilihat dari ciri fisik yang dimilikinya.

cucak ijo banyuwangi Berbeda dengan teman temannya, hewan satu ini memiliki bentuk tubuh yang sedikit melengkung. Tampil beda daripada yang lainnya, hewan satu ini justru memiliki tubuh yang relatif lebih besar nan panjang. Bahkan ekornya lumayan panjang, dan terlihat lebih lentur dengan bentuk sedikit melengkung. Warna bulu yang dimilikinya, cenderung lebih hijau tajam tanpa ada kekuning kuningan.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Finch (Makanan, Suara Dan Harga)

Sebagai burung kicauan, burung satu ini sangatlah reaktif. Ketika mendengar ransangan suara dari burung lainnya, hewan ini ikut berkicau dengan suara merdunya. Dalam kondisi berkicau, biasanya hewan satu ini akan melakukan gerakan yang atraktif. Pada posisi ngentrok, jambul yang dimilikinya akan berdiri. Sebagai penompang tubuh, kaki yang dimilikinya cukup besar dibandingkan jenis lainnya.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, harga burung satu ini cukup mahal daripada jenis lainnya. Untuk satu ekor burung dewasanya, burung hijau satu ini dibandrol dengan harga dibawah Rp. 2 jutaan. Harga tersebut, masih belum ditambahkan ketika si hijau pekat ini memiliki prestasi. Untuk satu ekor burung yang sudah berprestasi, anda harus merogoh dompet kurang lebih Rp. 5 jutaan. Bahkan harga bakalannya sendiri, sudah mencapai harga Rp. 1 jutaan per ekornya.

harga yang telah disebutkan diatas adalah untuk jenis kelamin jantan, namun untuk burung cucak ijo betina pastinya lebih murah.

Dari berbagai jenis yang dihadirkan, anda dapat memilih membudidayakannya sesuai keinginan. Apabila ingin mendaftarkan si burung kicauan pada perlombaan, pilihlah burung kicauan yang memiliki suara merdu nan nyaring. Apabila anda lebih suka mengoleksi dari bentuk tubuhnya yang unik, anda bisa memilih beternak jenis Sumatera yang berjambul kuning ataupun si mini. Sesuaikan dengan budjet, agar tidak merogoh dompet terlalu dalam.

Baca juga artikel lainnya : 13 Jenis Makanan Burung Cucak Ijo Terbaik Untuk Harian Lomba

download suara burung cucak ijo full tembakan

Download link disini


kicau cucak ijo juara

Download link disini


cucak ijo gacor mp3

Download link disini