Cara Mudah Membedakan Kenari Merah Lokal Dengan Red Intensive

Diposting pada

assalamualaikum wr wb, halo temen-temen kicau mania semua kembali lagi bersama situs resmi kacer.co.id yang dimana kali ini saya akan berbagi informasi berdasarkan pengalaman dan pegetahuan saya tentang burung kenari merah, baik cara membedakan yang jenis lokal ataupun intensive, santai saja ya om sambil diminum kopinya.

Mengetahui jenis burung kenari merlok dan red import


Bagaimana caranya untuk membedakan kenari merlok dan kenari intensive import

Berikut parameter yang bisa anda jadikan sebagai acuan adalah warna bulunya. Ada 2 hal yang sangat mencolok dari kenari ini adalah, yang penting dan perlu anda ketahui untuk segi warna dari kenari intensive import ini memiliki bulu yang nyata jelas terang berwarna merah.

Akan tetapi untuk jenis yang kenari merlok (merah lokal) ini bulunya hampir mendekati merah bias yang aslinya berwarna seperti orange, jadi untuk warna lebih merahan yang kenari intensive import tentunya ya.

Dan bagi teman kicau maniak yang mau memulai mencoba atau terjun kedua tangkaran burung kenari, agar tidak salah pilih burung kenari mana yang akan anda cetak dan pilih sebagai indukan ternak tentunya anda harus paham terlebih dahulu untuk menentukan ciri kenari merlok ataupun import yang telah dijelaskan diatas.

kenari-red-intensive

Pakan yang disukai

Untuk makanan yang diberikan apakah sama dengan jenis kenari lainnya, ya sudah tentu sama persis dan sangat mudah dalam perawatan hariannya. Anda dapat memberikan setiap harinya makanan yang berkualitas agar dapat memenuhi kebutuhan asupan gizi, mineral serta banyak mengandung vitamin baik nabati maupun hewani.

Baca selengkapnya :  Tips Perawatan Burung Kutilang Agar Cepat Gacor

Pakan nabati yang baik bagi burung kenari antara lain :

1. Daun Sawi
2. Kecambah
3. Mentimun
4. Canary Seed – (Biji-bijian kenari)
5. Apel
6. Biji sawi

Pakan hewani yang sangat digemarinya seperti : telur rebus ayam ataupun burung puyuh, serta juga boleh anda kasih keroto 1 minggu sekali saja, agar kenari tidak terlalu over birahi.

Baca juga artikel terkait tentang jenis kenari

Harga jual kenari merah

Memang sangat berbeda dari burung jenis kenari lainnya, burung merlok yang satu ini memiliki keistimewaan yang sangat indah untuk dilihat dari warna bulunya yang hampir bias dengan merah dan tidak hanya itu saja, bagaimana dengan kualitas suaranya apakah kicauannya dapat mengerol panjang dan merdu..?.

Ya sudah pasti. Selain memiliki tubuh yang ideal serta warna yang sangat cantik, burung ini memiliki kicauan yang sangat bagus, volume tembus kencang dengan variasi yang tidak monoton, dan mudah sekali untuk dimasteri dan cepat menangkap isian burung ocehan yang lainnya.

Bagus mana kenari merlok dengan kenari RI (Red Intensive), menurut saya pribadi dengan yang saya ketahui tidak ada peternak kenari yang benar-benar mencetak kenari RI (import) ini, nah kalau peternak kenari merlok di indonesia ini memang masih ada dan masih banyak anda temukan di indonesia.

Nah tapi kenapa untuk warna kok merahan kenari ri daripada kenari merlok tapi peternak kenari merlok di indonesia kok nggak ada ?.

Nah disini akan saya jelaskan bagi teman kicau yang baru terjun (pemula) didunia kenari agar mengerti dan tidak salah langkah dalam memilih burung kenari yang sesuai harapan.

burung-kenari-merah-lokal

  • Kenari RI (Red Insentive) Import ini memiliki warna yang benar-benar merah, akan tetapi sayangnya warna merah yang dihasilkan dari jenis burung ini bukan warna asli yang dihasilkan dari trah genitik asli indukannya, kesimpulannya kenari ini adalah kenari sulapan.

Lah kok bisa kenari disulap ?. Karena basic kenari import ini berasal dari kenari yang berwarna kuning, bon orange, rose, sunkis, atau bisa juga dari warna putih. Tapi kenapa kok bisa menjadi warna merah?. Karena burung ini di daerah luarnya saat dirawat dari anakan diberikan pakan pewarna atau zat kimia, yang diberikan secara terus menerus setiap harinya.

Namun saat ketika burung ini mabung, bulu anakannya rontok dan akan tumbuh bulu dewasa, nah pada saat bulu dewasanya keluar tentunya akan berubah warna dengan warna merah yang pekat atau merah (ferari) karena dari makanan efek yang telah diberikan sebelumnya.

Dan sayangnya warna itu tidak bertahan lama, pengalaman kasusnya burung RI itu masuk ke indonesia, dibeli oleh penghobi kenari warna yang mungkin belum mengetahui sepenuhnya merahnya karena apa ?. Ketika dirawat di indonesia burung ini mengalami masa mabung dengan cara dirawat seperti biasa, dana pakan yang diberikan ke burung juga wajar tanpa memberikan pakan pewarna buatan terseut, hingga setelah kenari ini beres mabung. Warna bulu kenari ini sudah tidak merah pekat lagi dan kembali ke warna asalnya.

  • Kenari merlok Kalau menurut saya ini tidak ada seninya, berbeda dengan jenis kenari merlok yang benar-benar bulu asli walaupun tidak semerah kenari RI jauh lebih natural dan memiliki harga jual yang lebih tinggi, jika dibandingkan dengan kenari RI.

Untuk harga burung kenari Red intensive ini berkisar 750 sampai 1,5 jutaan. Namun untuk jenis kenari merlok jauh lebih mahal sekitar 1,5 sampai 3 juta per ekornya itu yang warna standar rata-rata, belum yang diatas standar, namun kenari merlok juga banyak yang dijadikan sebagai burung kontes yang bisa mencapai harga yang melambung tinggi.

Sudah jelas, kenari merah lokal jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan kenari RI (import). Demikian informasi yang dapat saya berikan semoga dapat menambah wawasan teman-teman kicau semua, semoga bermanfaat.