Mengenali Ciri-Ciri Burung Kenari AF Memiliki Kualitas Terbaik

Diposting pada

Burung kicau kini sangat diminati oleh banyak orang. Mulai dari burung kenari, love bird, perkutut, jalak, hingga jenis burung lain yang memiliki suara yang indah. Masyarakat memlihara burung kicau sering digunakan untuk perlombaan atau hanya sebagai peliharaan.

Disamping itu perawatan beberapa jenis burung juga tidaklah sulit. Hanya dengan menyediakan kandang yang sesuai, makanan, dan kebersihan itu sudah lebih dari cukup.

Namun, ada beberapa orang yang hanya menyukai satu burung untuk dipelihara atau diperlombakan. Jadi jika diharuskan memelihara burung jenis baru akan berbeda rasanya. Seseorang memelihara burung juga bukan karena suaranya yang indah dan merdu.

Melainkan memiliki warna bulu yang indah, dan bentuk tubuh yang unik. Dilihat dari fisik burung tersebut sudah dapat dikatakan memiliki spesifikasi tersendiri yang membedakan dengan burung lain.

Seperti burung kenari yang memiliki beberapa jenis. Ada kenari lokal, kenari lokal super, kenari AF, kenari AFS, kenari F1, kenari F2, kenari F3, dan kenari Yorkshire. Namun, kali ini kita akan membahas mengenai kenari dengan jenis AF.

Kenari jenis ini adalah kenari silangan antara kenari lokal dan kenari F1. Untuk kenari F1 hasil silangan antara kenari kolal dengan kenari import. Kemudian ciri apa saja yang dimiliki oleh kenari berjenis AF? Berikut akan dijelaskan beberapa cirinya.

burung-kenari-af

Cara Mengetahui Kualitas Kenari AF Yang Memiliki Karakter Juara


Ukuran Tubuh

Burung kenari jenis AF memiliki ukuran dan bentuk tubuh yang cenderung lebih kecil. Postur tubuh hampir sama dengan kenari jensi Yorkshire dan lebih besar dari kenari lokal. Namun, jika mengingat bagaimana ciri-ciri kenari jenis AF yang berkualitas terbaik memiliki paruh yang kecil.

Baca selengkapnya :  5 Jenis Burung Kicau Omnivora Beserta Habitat Di Alam Liar

Memiliki ukuran kepala kotak dan cenderung pipih. Memiliki bulu yang lebih rapi, nampak indah dan cantik. Jadi jangan salah memilih untuk kenari yang berkualitas terbaik. Memiliki warna bulu yang kuning cerah dengan kombinasi putih.

Suara Merdunya

Kenari AF memiliki suara yang cukup lantang dan keras meskipun lebih keras dari jenis Yorkshire. Biasanya dapat berkicau cukup panjang dan nyaring. Maka dari itu burung kenari sering diikutkan dalam perlombaan burung kicau. Memiliki suara yang khas dan paling berbeda dengan burung lainnya. Selain memiliki suara yang keras, mental burung ini juga cukup kuat.

Perawatan

Perawatan burung jenis AF ini juga sangat mudah untuk dilakukan pemiliknya. Kandang burung kenari jenis ini harus terawat dan bersih dari kotoran. Kenari kualitas terbaik biasanya diletakkan tidak mengenai udara secara langsung.

Menghindari udara secara langsung berguna untuk menghindari penyakit. Maka kenari ini sering diletakkan dalam ruangan supaya tidak terkena udara secara langsung.

Selain tidak diletakkan pada udara bebas, kenari AF juga tidak dikenakan sinar matahari secara langsung. Maka dari itu burung kenari tidak dijemur langsung dibawah sinar matahari. Mengindari terik matahari secara langsung baik untuk mencegah heart stroke hingga kematian.

gambar-burung-kenari

Pakan Burung

Burung kenari jenis AF yang berkualitas akan diberi pakan yang mengandung gizi baik dan juga penambahan vitamin. Terkadang beberapa pemilik burung memiliki menu pakan yang berbeda-beda setiap harinya atau memiliki pakan khusus. Hal ini dilakukan untuk mempertahakan kualitas terbaiknya atau memepertahakan suara merdunya.

Harga Burung

Mengenai harga, kenari AF ini memiliki harga khusus terlebih kenari dengan kualitas terbaik. Namun, ada beberapa varian harganya. Mulai dari 250.000, 275.000, 300.000 hingga 380.000.
Harga tersebut bisa dikatakan masih terjangkau untuk mendapatkan kenari jenis AF kualitas terbaik. Namun, harga tersebut bisa saja naik sesuai kualitas dan kelebihan dari kenari tersebut.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Burung Cipoh (Harga, Suara)

Ketika burung kenari jenis AF memiliki kualitas yang terbaik maka juga memiliki keunggulan yang bisa dijadikan nilai plus. Selain dijadikan sebagai burung kicau dalam perlombaan juga dapat dijadikan burung hias di rumah. Jadi bisa dijadikan hewan peliharaan yang dapat membuat rumah menjadi tidak sunyi lagi.

Untuk kamu sudah memelihara burung kenari AF dengan kualitas terbaik dapat dipertahankan kualitasnya dengan berbagai cara. Dapat melalui kebersihan kandang dan kerbersihan burung itu sendiri. Seperti yang dikatakan diatas jangan menjemur di sinar matahari dan terkena udara secara langsung untuk mengindari berbagia penyakit hingga menimbulkan kematian.

Sedangkan beberapa penjelasan diatas dapat kamu terapkan untuk menghasilkan burung kenari jenis AF yang berkualitas terbaik. Cukup mudah dan membutuhkan ketelatenan yang cukup ekstra memang. Karena banyak burung kenari yang kulitasnya menurun sebab melakukan perawatan yang salah atau memberikan makanan yang tidak sesuai.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatian untuk memilih burung kenari AF dengan kualitas terbaik. Jangan sampai tertipu antara burung kualitas terbaik dan kualitas abal-abal.

Perhatikan juga kondisi burung ketika membeli, bakan hanya harganya saja. Namun, hal ini mungkin cukup sulit jika harus diterapkan oleh pemula apalagi yang belum mengerti sama sekali mengenai burung. Tidak apa, penjelasan diatas dapat membantu juga bagi pemula.