Mengenal Jenis Dan Ciri Kenari Yorkshire Yang Kualitas Bagus

Diposting pada

Burung jenis ini disebut-sebut sebagai raja dari Burung kenari lainnya. Sesuai namanya, kenari jenisini berasal dari Yorkshire di Inggris. Awalnya kenari ini bukanlah termasuk dalam kenari ras alami tapi merupakan hasil dari persilangan antara beberapa jenis kenari yaitu Belgia, Norwich, dan Lanchsire dan kemudian telah dikembangkan menjadi salah satu dari burung kenari yang diperhitungkan.

Karena kecantikannya, burung kenari ini dihargai sangat mahal. Postur tubuh, fisik, dan warnanya yang indah, serta suara burung kenari terindah pada umumnya membuatnya menjadi terkenal dan banyak diminati oleh kalangan pencinta burung.

Harga burung kenari untuk jenis Yorkshire jantan dewasa yang sudah gacor bisa mencapai 1 sampai 10 juta rupiah. Tapi, jika tdak dilihat dengan teliti para penggemar burung bisa mendapatkan kenari ini dengan kualitas yang kurang bagus, sayangkan sudah beli mahal-mahal dapat burung yang tidak diharapkan ?. Jadi apa saja sih sebenarnya ciri-ciri Kenari Yorkshire yang bagus?. Yuk simak ulasannya berikut ini! :

kenari-YS

Mengetahui klasifikasi karakter yang dimiliki oleh kenari YS


1. Bentuk tubuh

Tubuh dari burung ini lucu dan panjang. Kurang lebih seperti sebuah wortel yang terbalik, sangat unik bukan?. Dadanya bidang dan juga agak padat memuat siapapun yang memegangnya akan semakin ingin memilikinya.

Selain itu, burung ini juga dikenal dengan burung yang bersih karena bahkan di sekitar duburnya tidak ada kotoran yang menempel. Tentu saja hal ini adalah berita bagus bagi para penggemar burung yang suka akan kebersihan karena tidak perlu susah payah menjaga kebersihan burung.

Baca selengkapnya :  Inilah Keistimewaan Burung Cucak Jenggot

Panjang tubuh dari burung ini bisa mencapai 16 cm. Yorkshire merupakan jenis kenari yang paling besar di antara kenari lainnya.Nah tentu hal ini juga bisa menjadi referensi bagi kamu yang ingin memiliki burung Kenari Yorkshire untuk melihat dari bentuk tubuhnya terlebih dahulu.

Tidak semua burung memiliki bentuk tubuh seperti Yorkshire. Terlebih lagi dadanya yang pdat dan bidang. Jadi memang sebelum membeli harus benar-benar dilihat dan diraba ya!

2. Warna bulu

Warna bulunya menarik dan unik.Selain itu, bulunya yang tipis dan bersih membuat kenari ini semakin menarik. Perbedaannya inilah yang membuat penggemar burung semakin memburu Yorkshire.

Lagi-lagi bulunya juga bersih bikin betah pemiliknya untuk berlama-lama berdiam diri dan menghabiskan waktu bersama burung Kenari Yorkshire ini. Untuk itu, bgi kam jangan sampai salah pilih burung ya. Harusbenar-benar diperhatikan kualitasnya. Termasuk dalam memperhatikan keadaan bulu burung kenari.

3. Mata yang unik

Mata yang dimiliki kenari ini berwarna cerah. Sangat cantik untuk menjadi pemandangan setiap hari. Mungkin hal ini jugalah yang menjadi alasan para penjual rela menawarkan semua jenis burung kenari dengan harga yang tinggi meski dengan kualitas yang lebih rendah.

Maka dari itu, sudah menjadi kewajibanmu untuk melihat dengan jeli dulu ciri-ciri yang menunjukkan bahwa burung kenari YS yang kamu beli memiliki kualitas yang baik. Pandangan mata yang diberikan oleh kenari ini akan membuat siapapun jatuh cinta. Bagaimana tidak? Ia akan memiliki tatapan mata yang tajam dan mampu membiussiapapun yang melihatnya.

4. Kaki panjang

Selaimn bentuk tubuh yang cukup panjang yakni bisa mencapai 16 cm, burung memiliki kaki yang cukup panjang dan juga jenjang. Sangat lucu bukan? Ciri yang satu ini juga menjadi keunggulan dari kenari jenis ini dan membedakannya dari burung jenis lain. Ciri ini juga tidak boleh kamu tinggalkan ya saat sedang melihat mana burung yang bagus dan mana yang tidak bagus.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Dan Habitat Burung Flamingo

Kakinya yang jenjang dan panjang membuat burung kenari Yorkshire bisa berdiri dengan kuat dan tegap. Cukup puasbagi kamu yang suka akan burung kenari yang terlihat gagah dan bersiul untukmu setiap harinya.

5. Nafsu makan

Nafsu makan dari burung ini banyak. Artinya apa? Ia memiliki kondisi yang bugar dan tidak mudah sakit. Hal itu jugalah yang membuat burung kenar ini aktif dan lincah. Jadi kamu tidak perlu bersusah payah membuatnya untuk makan banyak dan bergerak lincah karena ia akan melakukan denga sendirinya.

burung-kenari

Tapi tetap, kamu perlu menjaga dengan baik pola makannya dan memberinya makan tepat waktu. Napasnya juga lancar dan tidak terdengar ada suara sesak saat Yorkshire bernapas.

Dari lima hal yang telah dijelaskan di atas adalah beberapa poin yang membedakan kenari Yorkshire dengan burung jenis kenari lokal lainnya. Kamu perlu memperhatikan kelima hal di atas untuk mendapatkan burung kenari dengan kualitas yang bagus.

Burung Kenari dari Yorkshire ini memang dinilai lebih baik dan lebih unggul jika dibandingkan dengan jenis burung kenari f1. Akan tetapi, perawatan yang diperlukan juga sedikit memerlukan usaha yang lebih.

Perhatian: Burung kenari ini sangat rentan dan mudah sakit, namun apabila teman-teman tidak pandai merawatnya dengan baik, bisa-bisa Kenari Yorkshire akan lemas dan mati. Jadi pastikan dulu sebelum memebli burung ini untuk tahu cara perawatannya mengingat harganya yang tidak murah. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Baca artikel terkait seputar burung kenari