Cara Bikin Kapas Tembak Buka Ekor

Diposting pada
Rate this post

kapas tembak buka ekor, Assalamualaikum wr, wb. masih bersama website Kacer.Co.Id yg selalu konsisten memberikan informasi terupdate seputar dunia burung ocehan, nah tema kali kami akan memberikan tips dan cara supaya kapas tembak buka ekor, jika kondisi burung sudah seperti itu tentunya akan menarik perhatian siapapun yang melihat penampilannya ketika sedang berkicau.

Awalnya burung kapas tembak ini tidak di anggap sebagai burung yg istimewa, hanya liar banyak sekali berterbangan di hutan, semak-semak, ladang di tempat terbuka tentu habitatnya sangat banyak masih di wilayah asia khususnya di indonesia,

dengan berjalannya waktu, serta para peminat dari hobi burung kicau di nusantara terus melonjak, terlebih ada dari para kicaumania yang bereksperimen untuk merawat burung kapas tembak ini, alhasil sukses dan mampu membuatnya menjadi gacor buka ekor dan jinak ya. Ditambah lagi untuk para juri yang memberikan nilai suara dari burung masteran yang dimasukan ke daftar list penilaian, bagi lomba burung kacer, ataupun murai batu.

perawatan-kapas-tembak-buka-ekor

Nah bagi kalian yg ingin mencoba untuk memelihara burung kapas tembak ini yang bertujuan untuk dijadikan sebagai burung piaraan ataupun hanya untuk masteran, sebaiknya kalian harus mengetahui dan paham tentang ara perawatannya yang baik dan benar, agar hasil yg diharapkan tentu bisa sesuai ya. Yuk simak pejelasan lengkapnya dibawah ini :

Tips Membuat Burung Kapas Tembak Agar Cepat Buka Ekor Dan Gacor


Embun Pagi

Sudah kita ketahui, manfaat dari embun pagi tentu sangat bagus untuk setiap burung kicau ya, terutama burung kapas tembak ini ya temen-temen. Kalian harus rutin memberikan pengembunan di setiap pagi harinya ya,

Baca selengkapnya :  Tips Mudah Cara Merawat Burung Pelatuk Beras

selain membuat burung menjadi lebih sehat, aktif dan rajin berkicau pastinya. Waktu pengembunan bisa dilakukan dari jam 5 pagi sampai jam 7 ya temen-temen.

Memandikan Rutin

Setelah melakukan pengembunan ini, kita bisa memberinya pemandian ya, dengan menggunakan air yang bersih, nah untuk cara memandikannya disesuaikan dengan karakter dan kebiasaannya ya, boleh dengan cara di semprot ataupun disediakan di wadah khusus untuk mandi nya ya.

Atau bisa juga langsung memasukannya di keramba mandi yg ada di dalam kandang umbaran misalkan, biarkan agar burung bebas mandi dengan sendirinya. Saran kami mandikan sehari sebanyak 2 kali diwaktu pagi dan sore hari ya, nah setelah burung selesai mandi, biasakan kalian juga harus cek kebersihan kandangnya ya, baik alas kotoran ataupun perlatan pakan dan minumnya. Karena intinya burung yg satu ini sangat suka dengan kebersihan ya.

Pengumbaran

Teknik melatihnya di dalam kandang umbaran, merupakan salah satu cara supaya kapas tembak cepat buka ekor, nah untuk tata cara melakukan umbaran, kalian bisa memberikan pelatihan burung kapas tembak ini di kandang umbaran sehabir rawatan pagi mandi dan jemur ya, nah durasi yang tepat cukup 35 – 40 menit saja, 2 sampai 3 kali dalam seminggu ya.

Hal yang harus di ingat ya, jika kalian menerapkan umbaran ini khusus untuk burung yg sudah mapan jinak ya, bukan untuk burung yg masih giras. Karena jika burung giras kalian paksakan yang ada nantinya akan bertambah giras dan semakin tidak kondusif.

Manfaat dari kandang umbaran ini jika diaplikasikan dengan tepat, maka akan membuat nafasnya menjadi lebih panjang, dan kesetabilan birahi, emosi serta stamina burung yg akan selalu terjaga performanya.

Baca selengkapnya :  Cara Merawat Burung Flamboyan Agar Gacor

cara-bikin-kapas-tembak-buka-ekor

Terapi Suara Gemericik Air Alami

Jika temen-temen di halaman rumahnya memiliki kolam ikan tentu sangat bagus burung di dekatkan di area tersebut ya, jika lebih maksimal mendengar suara gemericik air kolam yang kita pasang pompa air nonstop agar sirkulasi air di kolam terdengar sangat tenang dan rileks bagi burung kapas tembak.

Nah jika kalian keterbatasan fasilitas dan hanya mampu memberikan masteran suara air dengan menggunakan audio mp3 juga tidak masalah ya, dari pada tidak sama sekali.

Pengkrodongan (Istirahat) + Pemasteran

Teknik pengkrodongan merupakan cara yg tepat untuk memberikan jedah atau selah waktu untuk si burung ini bisa beristirahat dengan maksimal ya, tentu berbeda jika burung yang teratur menggunakan kerodong dan yang tidak di kerodong sama sekali hariannya.

Tentu untuk fisik dan staminanya lebih terjaga yang menggunakan kerodong ini ya, nah waktu yang tepat untuk burung ini di kerodong setelah melakukan rawatan harian sekitar jam 11, sampai sore jam 5 sore, dan kemudian pada waktu malam burung harus di kerodong lagi sampai ke esokan harinya ya.

Trik pemasteran, nah saat melakukan pengkrodongan ini jika temen-temen memiliki burung isian masteran gacor seperti kenari ataupun kolibri juga tidak masalah untuk di tempel di dekat sangkarnya burung kapas tembak yang kondisinya saat di kerodong ya, jika tidak ada burung asli pakai audio mp3 pun jadilah ya.

Pemberian Buah

Nah untuk pemberin makanan burung kapas tembak, selain voer ataupun serangga tentu temen-temen juga wajib memberikannya buah ya, seperti pisang kepok dan pepaya matang ya,

untuk cara memberikannya bisa kalian selang-seling secara bergantian setiap harinya ya, misalkan hari ini menunya buah pepaya, dan hari lusa nya bisa kalian kasih pisang, minimal 3 kali dalam seminggu ya.

Baca selengkapnya :  Download Suara Anis Merah Mp3 Auto Gacor, Ngeplong, Teler

cara-supaya-kapas-tembak-buka-ekor

Di Trek (Latberan) Di Gantangan

Nah untuk melihat hasil pola rawatan yang selama ini kalian berikan kepada burung kapas tembak seyangan kalian, tentu harus ada pembuktian di lapangannya ya, tentu kalian harus mengetes burung ini di gantangan atau di trek beberapa burung dengan kapas tembak milik temen-temen kalian ya,

nah dengan cara ini kita bisa analisa dan melihat gaya tarung burung kita tersebut, apakah sudah bisa main enak + gaya buka ekornya sudah mulai tampil atau belum maksimal, jika burung durasi kerja dan penampilannya masih kurang, tentu karakter burung ini agak sedikit berbeda, ataupun bisa jadi teknik perawatan burung yang kalian lakukan belum konsisten.

Demikanlah tips agar kapas tembak buka ekor dengan cepat dan mudah, yang bisa kalian aplikasikan ke pola rawatan hariannya ya, selamat mencoba dan semoga dapat berguna bagi temen-temen semuanya.

Baca juga artikel lainnya : harga burung kapas tembak 2021

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari