3 Jenis Burung Pentet Cendet Kontes, Pilis, Sembur, Gondrong

Diposting pada

Mengenal jenis burung pentet yang paling bagus dan sering dijadikan sebagai burung kontes digantangan dan banyak diminati oleh para kicaumania baik yg masih pemula sampai yg sudah kawakan ya temen-temen atau pemain senior lama, pasti kalian yg sudah lama merawat burung yg satu ini tentu sudah tidak heran lagi ya dengan karakter dari ketiga jenis pentet tersebut.

Untuk temen-temen yg masih bingung dalam membedakan ciri-cirinya disini akan kami jabarkan dan diulas secara lengkap ya beserta gambarnya, agar kalian tidak salah pilih untuk menentukan burung cendet mana yg ingin anda miliki ?. Penasaran yuk simak saja langsung pembahasannya dibawah ini :

Ada Berapa Macam Cendet Yg Wajib Kalian Ketahui


Cendet Pilis

Oke kita langsung aja ke cendet yang pertama ya, jika dilihat dari gambar dibawah ini sudah kita ketahui banyak orangnya bilang ini tentu cendet pilis ya temen-temen.Cara membedakannya sangatlah mudah ya, ciri-ciri nya cendet pilis ini memiliki alis atau hanya hitam di alis aja separuh diatas kepala depannya ya dan tidak menyeluruh sampai bagian belakan ya.

Untuk dipasaran harga cendet pilis ini sangat murah ketimbang jenis cendet yg lainnya, biasanya hanya untuk dijadikan sebagai burung peliharaan rumahan saja atau masteran ya. Karena keterbatasan dari mental dan suaranya yg kurang diminati oleh pemain cendet lapangan.

cendet-pilis

Cendet Sembur

Ciri yg dimiliki oleh tipe sembur ini jika diperhatikan dengan seksama, memang sangat mirip dengan pilis ya, namun untuk warna pada area di bagian kepalanya tidak terlalu melebar, melainkan hanya menutupi mata dan berbentuk lebih datar ataupun turun kebawah.

Baca selengkapnya :  7 Jenis Makanan Terbaik Untuk Burung Kicau

Untuk materi penguasaan lagu dan karakter suaranya hampir sama dengan blangkon ya, tapi jika untuk kesetabilan saat ditrek atau di adu digantangan tentu cendet sembur ini lebih dapat mengontrol emosi dan lagunya ya temen-temen. Dan sering juga dijadikan sebagai burung andalan bagi para pecinta cendet untuk dapat dijadikan burung juara kontes.

cendet-sembur

Baca juga artikel lainnya tentang : harga pasaran burung cendet

Cendet Gondrong / Blankong

Untuk jenis burung pentet di indonesia saat ini sangat sulit dijumpai dialam liarnya terlebih tipe gondrong ini ya, karena sudah banyak di incar oleh penghobi kicauan yg paham dengan karakteristik dan keistimewaan yg dimiliki oleh tipe cendet ini. Nah para cendet mania di nusantara kebanyakan dalam mengikuti ajang kontes perlombaan, memang lebih banyak memilih jenis blangkon ini ya.

Karena dikenal lebih fighter dan memiliki karakter suara yg lebih bervariasi, serta memiliki tingkat kecerdasan yg tinggi dalam mengikuti suara burung ocehan lainnya atau bisa dikatakan mudah dalam pemasterannya.

Jadi wajar saja karena materi lagu sangat diprioritaskan oleh penilaian juri, jadi pilihan dalam menentukan cendet gondrong ini adalah hal yg tepat ya, untuk di jadikan sebagai gacoan perlombaan burung ocehan digantangan.

cendet-gondrong-belangkon

Makanan Berkualitas Yg Disukainya

Nah untuk makanan burung cendet ini sangatlah mudah ya temen-temen, setiap jenis dari masing-masing tipe ini sama ya, mereka sangat senang mengkonsumsi serangga, di alam liarnya cendet sering menguasai daerah atau tempat teritorialnya wajar saja jika burung ini disebut-sebut dengan burung predator ya.

Jika temen-temen memelihara burung cendet ini, untuk pakan hariannya bisa kalian kasihkan jangkrik, kroto, belalang kecil, ulat hongkong, atau kandang serta boleh juga voer kasar jika burung sudah mau makan voer ya.

Baca selengkapnya :  Download Suara Burung Prenjak Auto Gacor MP3 Gratis

Demikianlah informasi singkat seputar jenis burung pentet yg perlu kalian ketahui ya, jangan mengaku-ngaku sebagai penghobi burung cendet jika kalian tidak kenal dari setiap tipenya, hehe. Semoga dapat bermanfaat ya.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari