Ciri Ciri Kacer Over Birahi Dan Cara Mudah Mengatasinya

Diposting pada

kacer.Co.Id – halo om bos kicau maniak semua, kali ini penulis kembali lagi untuk update informasi seputar dunia perburungan khususnya untuk info burung kacer mania, banyak permasalahan burung kacer yang timbul dan sering ditemukan oleh para hobiis kacer maniak dilapangan maupun dirumah, pokok bahasan kali ini bagaimana mengetahui ciri-ciri burung kacer yang sedang OB (Over Birahi) ?. Dan bagaimana solusi cara mengatasinya ?.

Burung kacer ini sangat aneh, dan bahkan jarang sekali si majikannya ini tidak mengetahui dan sulit untuk memahami karakter burung yang dirawatnya sendiri, karena kacer terkenal dengan julukan burung yang penuh misteri.

Bagi anda para pemain kacer yang sering mengalami permasalah burung kacer anda sedang over birahi (OB) dan cara mengatasinya akan kita bahas dibawah ini:

Mengamati birahi kacer yang berlebih berikut solusinya

Sebelum kita menilai burung kacer kita sedang OB atau tidak, hal yang pertama dan harus anda amati dan analisa perilaku burung. Sebelum kita bahas Over Birahi / sering disebut dengan OB pada jenis burung kacer, ada baiknya anda harus mengetahui karakter dari burung kacer tersebut.

Burug kacer memanglah burung petarung, burung yang mempunyai sifat dasarnya single fighter yang mempunyai sifat emosi dan birahi yang tinggi jika bertemu dengan sesama jenisnya. Sifat emosi yang stabil atau bisa disebut dengan birahi, dan burung kacer yang kurang bergairah / lesu karena dalam kondisi yang rendah / kurang birahi.

Jadi kondisi yang pasti dialami oleh setiap burung kacer ada 3 kondisi yaitu : Birahi, Over Birahi dan Kurang Birahi.

Baca selengkapnya :  Rahasia Setelan Burung Kacer Untuk Lomba Agar Bongkar Isian

Ciri – Ciri Kacer Over Birahi

Burung kacer yang sedang mengalami masa / kondisi yang sedang over birahi terkadang sayap kacer bergetar, dan apabila di trek dengan kacer lain burung kacer mbagong jalan mbagong jalan atau sering disebut nangkur jalan. Namun ada juga dari penyebab kacer matukin kaki nya sendiri ini juga bisa tergolong kondisi burung sedang OB.

7 Cara Mengatasi Kacer OB

  1. Settingan EF Dirubah :

    EF (extra fooding) merupakan makanan penunjang burung kacer seperti : kroto, jangkrik, ulat hongkong, dan serangga lainnya. Yang dimana jika dalam pemberian / takarannya kurang tepat atau berlebihan maka akan memicu burung kacer anda dapat mengalami kondisi over birahi. Ada baiknya stop / berhentikan sementara untuk burung kacer anda mengkonsumsi EF dalam waktu 1 minggu, lalu berikan makanan penurun birahi kacer seperti voer kacer protein rendah dan buah untuk menurunkan birahi kacer, seperti buah pisang dan buah pir.
  2. Terapi Pengembunan :Burung kacer yang sedang mengalami over birahi sebaiknya harus diembunkan rutin selama 1 minggu, dikeluarkan pagi hari sekitar pukul : 4.30 WIB sampai pukul : 6.30 WIB. Bertujuan membuat burung lebih sehat dan rajin bunyi serta nyaman dan dapat mendinginkan suhu tubuhnya dengan banyak manfaat embun untuk kacer tersebut.
  3. Terapi Mandi Malam :Mandi malam untuk burung kacer ini memang sangat dianjurkan, dan sangat baik untuk menstabilkan birahi burung kacer, apalagi burung kacer anda sedang mengalami kondisi over birahi. Jika anda membiasakan burung kacer anda mandi malam, dengan catatan burung anda dalam kondisi sehat dan VIT.
  4. Kacer dimandikan :Memandikan burung setiap hari, dan ditambah biasanya hanya mandi 1 kali sehari hanya pagi saja, dengan kondisi yang OB, kacer harus dimandikan menjadi 2 kali sehari – pagi dan malam hari. Untuk cara memandikan burung kacer yang sedang OB wajib dimasukan kedalam bak keramba mandi dan berikan waktu durasi yang lebih lama dari biasanya.
  5. Kacer tidak dijemur :Burung kacer tidak boleh dijemur, hanya boleh diangin-anginkan saja. Agar tetap terjaga kondisi suhu tubuh burung dan bila burung tidak terkena sinar matahari secara konsisten perlahan menurun, namun bila burung terjemur dan terkena sinar matahari, yang ada nanti birahi burung malah tidak stabil dan menambah naik.
  6. Kacer diumbar :Proses pengumbaran, untuk burung kacer dimasukan ke dalam umbaran, agar dapat melampiaskan gerakan yang dapat bergerak bebas terbak kesana-kesini dengan melatih otot, dan pernafasan yang baik akan membantu menstabilkan birahi kacer yang sedang ob.
  7. Kacer dijodohkan :Semua mahkluk hidup berdampingan dan memiliki pasangan khususnya pada burung kacer yang memiliki sifat dasar yang memiliki hasrat dan birahi tinggi yang tidak dapat dipungkiri, akan tetapi kita selaku pemilik (majikannya) yang memelihara burung tidak memikirkannya kearah sana, dan tidak memperdulikan kebutuhan biologis dari burung yang kita rawat dan pelihara. Jika tahapan 1 – 6 sudah dilakukan burung kacer masih selalu menunjukan perilakunya yang selalu OB (Over Birahi), sebaiknya anda harus mencari kacer betina untuk menjadi pasangannya dan di jodohkan. Tahap penjodohan burung kacer dikawinkan adalah tahapan terakhir yang harus ditempuh.
Baca selengkapnya :  Jenis Cucak Ijo Kalimantan

OB (Over Birahi) pada burung kacer umumnya adalah suatu kondisi hal yang wajar, yang pasti dialami oleh setiap jenis burung yang lainnya. Akan tetapi disini bagaimana cara kita menyiasati dan meminimalisir kondisi yang sedang dialami untuk momen-momen yang dibutuhkan dan diperlukan untuk tetap menjaga birahi burung kacer anda agar dapat tetap stabil di rumah maupun dilapangan.