Mengenal Jenis Burung Cucak Rawis, Makanan, Harga, Suara

Diposting pada

Bagi anda penyuka burung kicauan, pastinya telah mengenal burung yang memiliki jenis burung Cucak Rawis ini. Meskipun burung kicau di Indonesia memiliki banyak sekali ragam jenisnya, maka tentu saja setiap burung memiliki ciri – ciri dan karakteristik yang berbeda. Untuk itu, kali ini akan diulas mengenai salah satu burung kicauan yang bisa anda jumpai di Indonesia ini.

Berikut simak ulasan selengkapnya mengenai ciri – ciri hingga harganya akan dikupas dengan tuntas.

burung-cucak-rawis

Ciri – Ciri Yang Perlu Anda Tahu Tentang Burung Kicau Berjenis Cucak Rawis

Burung satu ini mempunyai nama latin yang cukup unik yakni Green – winged Bulbul ini juga bisa anda kenal dan akrab disapa dengan sebutan burung Bayeman. Ada beberapa ciri khas yang membedakan burung ini dengan yang lain, diantaranya adalah tubuhnya yang memiliki warna berwarna zaitun gelap dan mempunyai kepala yang tidak berjambul.

Selain itu, untuk dadanya sendiri memiliki warna abu-abu bercorak yang membuat burung ini menjadi unik. Burung cucak rawis pun juga memiliki bagian kepala yang tidak memiliki jambul. Tak hanya itu saja, warna mata burung satu ini pun coklat kemerahan sehingga terlihat sangat cantik. Sedangkan untuk bagian dari paruhnya sendiri mempunyai warna gadung dengan runcing yang panjang. Dengan perpaduan warna yang apik dan cantik tak heran jika burung satu ini menjadi burung kicau yang cocok untuk anda miliki.

Baca selengkapnya :  Menyiapkan Pleci Ke Kontes

Burung ini pun juga memiliki jenis suara yang terdengar sangat khas, dimana terbilang cukup mempunyai kicauan yang lumayan keras. Burung ini pun juga merupakan burung yang mampu untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

Sehingga anda pun nantinya tidak terlalu susah ketika baru pertama kali membelinya, karena burung cucak bayeman ini cukup mudah untuk beradaptasi. Hal ini terlihat dari para pecinta burung kicau yang membeli burung Cucak Rawis dan membawa pulang untuk pertama kalinya. Para penyuka burung tersebut membuktikan bahwa ketika mereka membeli bakalan Cucak Rawis tersebut, para pemilik ini dapat menikmati kicauan dari suara burung ini hanya dalam hitungan hari saja. Sehingga burung kicau ini menjadi salah satu burung yang disukai oleh penyuka burung.

Makanan Yang Bisa Anda Berikan Untuk Burung Jenis Cucak Rawis

Bagi anda yang memelihara burung dengan jenis ini, maka anda pun juga cukup mudah untuk memberinya pakan. makanan burung cucak rawis Biasanya, anda dapat memberikan buah berupa pisang kepok putih. Untuk makanan tambahannya, anda bisa menambahkan dengan Voer dan serangga untuk melengkapi kebutuhan vitamin, gizi dan mineral yang baik untuk burung ini.

Selain itu, anda pun alangkah baiknya untuk memberikan voer yang mempunyai tekstur agar besar. Hal ini dikarenakan Cucak Rawis merupakan salah satu burung yang memiliki nafsu makan yang tinggi (lahap).

 Untuk itu, bagi anda yang ingin memelihara burung Cucak Rawis ini maka anda bisa menyediakan pisang kepok putih untuk makanan pokok sehari-hari. Untuk jumlahnya sendiri, anda bisa menyediakan sebanyak 1 pisang untuk satu hari.

Cucak rawis sangat menyukai buah pisang kapok ini, sehingga keesokan harinya anda hanya tinggal menemukan kulit pisang saja yang tersisa di sarangnya. Hal ini dikarenakan jenis burung ini memang sangat menggemari buah-buahan terlebihnya pisang kepok tentunya.

Baca selengkapnya :  Manfaat Memiliki Burung Kacer Betina Untuk Ngecas Sang Jantan

Selain pisang kepok anda dapat juga meberikannya buah pepaya yang sudah matang untuk selingan, dan variasi makanan agar burung ini tidak bosan, karena manfaat dari pepaya ini sangat baik untuk melancarkan pencernaan dan menambah cairan tubuh. Untuk pemberian voer yang cocok untuk burung ini disarankan anda berikan voer yang bewarna hijau rasa (rumput laut) dengan merk Gold Coin hijau misalnya, agar asupan dengan kandungan protein serta mineral yang didapatkan oleh burung ini lebih lengkap.

pisang-kepok

Namun selain voer dan buah, yang berikutnya pakan serangga apa yang disukai oleh burung ini ?. Burung ini sangat menyukai jangkrik dan kroto, untuk pakan serangga hanya sebagai EF (Extra Fooding) saja atau makanan penunjang yang tidak wajib untuk diberikan setiap hari.

Untuk satu harinya berikanlah disaat pagi hari 2 ekor jangkrik dan menjelang sore 1 ekor saja, tapi ingat saat pemberian jangkrik ini kaki dan kepalanya harus dibuang ya, agar burung tidak tersedak. Untuk pemberian kroto (telur semut) ini baiknya hanya diberikan 1 minggu sekali saja, cukup 1 sendok makan. Jangan terlalu berlebihan dalam pemberiannya, dikarenakan nanti bulu burung dapat mudah rontok karena efek panas.

Berapakah Harga Untuk Burung Cucak Rawis

Dahulunya burung ini hanya dipandang sebelah mata dan sangat banyak ditemukan berkeliaran di alam liar, namun dengan perubahan trend dan hobi para kicau saat ini, burung ini menjadi banyak incaran yang dicari oleh banyak orang.

cucak-bayeman

Bagi anda yang tertarik untuk memeliharanya, maka anda pun perlu untuk memperhatikan bagaimana cara memelihara dengan tepat. Karena burung satu ini merupakan jenis burung yang aktif dan terlihat sangat lincah.

Untuk harga cucak rawis yang anakan ini anda bisa membelinya sekitar 50 ribu hingga 70 ribu rupiah. Sedangkan untuk yang gacor dan jinak harganya bisa mencapau 300 ribu hingga 400 ribu rupiah.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Menjinakkan Burung Kacer Yang Giras

Berikut Suara Cucak Rawis Gacor Untuk Masteran

Suara burung ini jika di dengarkan dan diamati sekilas, mirip seperti suara tikus wirok yang bunyinya hanya mendecing.. decing cing.. cing.. cing.. begitu saja. Akan tetapi dengan karakter suara unik seperti ini sangat disukai oleh para hobiis kicau mania untuk dijadikannya burung isian (masteran).

Banyak sebagian orang yang memiliki burung ini untuk dipelihara dan juga dijadikannya sebagai burung masteran. Dengan ciri khas suaranya yang tajam dan monoton ini sangat bagus jika untuk isian lagu untuk mastering murai batu dan kacer.

Penasaran dengan bunyi burung cucak rawis ini ?.

Berikut audio masteran download suara burung cucak rawis gacor mp3 :

download cucak rawis gacor – Download link disini


download suara burung cucak rawis nembak – Download link disini