Cara Mengatasi Burung Cendet Over Birahi

Diposting pada
4/5 - (4 votes)

Pada kesempatan kali ini, kacer.co.id akan memberikan tips cara mengatasi cendet over birahi dengan cepat dan pasti ampuh di jamin work 100%, oke temen-temen para penghobi burung cendet atau pentet tentu sudah paham bagaimana cara memberikan perawatan harian,

namun jika salah dalam menerapkan pola rawatan baik mandi, jemur, pemberian EF yang terlalu berlebihan maka dapat membuat si cendet ini menjadi salah tingkat atau naik tingkat birahinya, sehingga menunjukan perilaku yang tidak seperti biasanya ya.

Terlebih pada saat musim hujan seperti ini kita tidak heran lagi teman-teman karena banyak sekali burung cendet yang over birahi bahkan bukan burung cendet saja Bahkan burung-burung yang lain juga mengalami hal yang sama teman-teman yaitu over birahi dikarenakan asupan ekstra puding yang masuk ke dalam tubuh itu tidak terbakar dengan sempurna dikarenakan tidak ada penjemuran ya teman-teman,

sehingga asupan EF yang sudah diolah itu berubah menjadi birahi bukan berubah menjadi emosi, lalu bagaimana untuk mengatasinya ?. Yuk kita simak ulasan selengkap dibawah ini.

Cara Menurunkan OB Burung CENDET Dengan Cepat Dan Tepat


Penyebab Burung Cendet OB

Kemarin burung cendet saya juga sempet mengalami over birahi yang lumayan parah ya temen-temen, namun kita terapi dalam jangka waktu 3 hari itu sudah mulai sembuh temen-temen Dan sekarang Sudah agak mendingan itu tidak terlalu over birahi lagi ya , yg dikarenakan kemarin sempat mengalami hujan yang sangat lebat untuk beberapa hari terakhir ini,

Baca selengkapnya :  Daftar Harga Burung Hantu Terbaru Terlengkap Di Tahun 2020

Dan kita juga tidak bisa memprediksi tentang cuaca tersebut sehingga saya tetap memberikan ekstra puding yang lumayan banyak, dan kami tidak mengurangi jumlah takaran pemberian EF nya ya, jadi wajar saja kondisi cuaca mengalami hujan lebat terus-menerus sehingga burung ini menjadi OB.

Catatan : Intinya faktor cuaca yang tidak mendukung seperti musim hujan, dan kalian tidak mengurangi porsi pemberian ekstra puding nya tentu akan berdampak burung dan membuat birahi burung cendet kalian tidak bisa stabil dan bahkan bisa berlebih naik menjadi over ya.

daun-kersen-obat-cendet-ob

Tips Mengatasi Cendet Yang Sedang OB

Oke ya temen-temen kita lanjut Nah untuk menurunkan birahi burung cendet itu sebetulnya gampang-gampang susah ya, nah langkah pertama yang harus kita lakukan yaitu memberikan extra fooding yang bersifat dingin ya teman-teman.

Namun EF apa yang baik digunakan ketika cendet kesayangan kalian sedang mengalami over birahi ini, saran kami kalian bisa menggunakan EF ulat bambu dan ulat pisang itu salah satu ekstra puding yang gampang sekali menurunkan birahi.

Nah kalau untuk ramuannya untuk lebih paten nya kalian juga bisa menggunakan daun kersen ya temen-temen atau istilahnya daun phon ceri ya, memang sulit ditemukan ya namun masih ada juga terkadang di berbagai daerah, terlebih jika kalian tinggal di area perkampungan, jika tinggal dikota tentu akan sulit menemukan pohon ceri / daun kersen ini ya.

Nah jika kalian ingin memberikan obat herbal alami dengan daun kersen ini bisa kalian rebus terlebih dahulu ya, kemudian airnya bisa dikasihkan kepada air minumnya si cendet tersebut yang sedang OB.

baca juga : cara budidaya burung cendet

Tips Menurunkan Porsi Pemberian EF

Nah untuk takaran EF ulat daun pisang ini, bisa kalian berikan pagi 3 ekor dan sore dikasih lagi 3 ekor ya, Nah kalau untuk jangkriknya kita turunkan yang tadinya saya biasa memberikan pagi dan sore ini 7-7 dan sekarang kita turunkan bertahap dari 7-7 menjadi 6-6 jadi 5-5 jadi 4-4 sampai sekarang untuk menjadi pagi 3 dan sore 3 ya temen-temen.

Baca selengkapnya :  Cara Menambah Volume Suara Dan Durasi Kenari Agar Maksimal

Dikarenakan memang cuacanya Di sini masih sering sekali hujan sehingga ekstra puding jenis jangkrik ini kita turunkan menjadi 3-3 kalau kita menurunkan tidak bertahap itu pun bisa beresiko jadi harus bertahap sampai mentok minimal takaran porsi nya menjadi 3 – 3 ya.

tips-penjemuran-burung-cendet-over-birahi

Tips Memandikan

Nah kalau untuk pemandiannya itu kita rubah menjadi 1 kali dalam 1 minggu teman yaitu malam hari yang tadi yang tadinya Biasanya kalau untuk musim hujan seperti ini itu biasanya sampai 2 minggu tidak memandikan tapi ini saya rubah menjadi cukup satu minggu satu kali saja.

Dan untuk air mandinya Kita campur dengan air es atau juga bisa es baty ya, waktu pemandiannya sekitar pukul : 19.00 – 20.00 WIB dan jangan terlalu malam juga ya temen-teman, pola ini baik diterapkan untuk burung cendet kalian dengan menggunakan air es supaya cepat menyetabilkan birahi burung tersebut ya.

Tips Penjemuran

Nah kalau untuk penjemurannya dikarenakan ini memang terkadang panas juga terkadang hujan tapi sering jadinya itu hujan, nah kita maksimalkan diwaktu panas tersebut jika panasnya di waktu pagi hari kita juga maksimalkan Sampai jam berapa pun kita tetap menjalani penjemuran ya temen-teman,

nah jika panasnya siang juga kita menjalankan penjemuran dengan cara di kerodong ya teman supaya burung ini tetap aman jika panasnya di sore hari kita juga tetap memanaskan burung ini dengan catatan tetap harus full menggunakan kerodong.

Kenapa harus dikerodong temen-temen Nah di sini juga untuk menghindari melihatnya burung-burung yang lain sehingga birahinya itu akan timbul kembali, dan jika melihat burung-burung yang lain temen-temen maka yang terjadi nantinya bisa kembali menaikkan birahinya,

Baca selengkapnya :  Tips Setingan Kroto Untuk Murai Batu Yang Tepat Agar Gacor

terapi penjemuran full kerodong itu salah satu terapi untuk membakar daripada lemak yang masuk kedalam tubuh burung tersebut seperti pemberian extra fooding yang terlalu banyak itu bisa terbakar dengan cara dijemur secara maksimal sehingga burung ini birahinya bisa berubah menjadi emosi teman-teman dan berbanding terbalik ya.

Oke jadi itu saja tips cara mengatasi cendet over birahi, semoga bisa bermanfaat ya, selamat mencoba dan semoga sukses. Salam cendet mania.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari