Mengenal Ciri Burung Kacer Tretes (Harga Dan Suara)

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, bagaimana kabarnya para sobat kicau mania ?. Kali ini saya ingin memberikan tips bagaimana cara Mengenali Ciri kacer tretes, ada lima karakteristik yang dimiliki oleh burung petarung ini yang sangat baik untuk dipelihara, baik untuk bunyi-bunyian dirumah maupun untuk burung lapangan (kontes).

Siapa yang tidak kenal dengan burung kacer ?. Rata-rata semua orang sudah pada mengenalinya, baik yang bukan penghobi maupun bagi para pecinta burung kicauan. Dengan namanya dijagad perburungan sudah tidak asing lagi dan sudah tergolong masuk jajaran kelas bergengsi di setiap gantangan. Tidak sedikit orang yang penasaran dengan burung yang memiliki sifat petarung dan sangat misteri ini.

kacer-tretes

Burung kacer atau sering disebut dengan bahasa latinnya (Magpie-Robin) ini yang sangat populer di indonesia, ada sekitar 2 jenis yang lebih spesifik dalam membedakan burung kacer ini, yakni kacer hitam (tretes) yang sering disebut dengan kacer (jawa) dan kacer poci yang memiliki dada berwarna putih yang sering disebut-sebut dengan kacer (sumatera).

Kedua jenis ini memanglah masih dalam satu ras (kerabat) burung fighter yang memiliki sifat dasar petarung sejati yakni sama-sama dalam genus(Copsyhus).

Burung kacer tretes ini memang sangat banyak yang menyukai dan mencarinya yang ingin dijadikan sebagai peliharaan ataupun gacoan burung lapangan. Biar anda tidak salah pilih ?. Nah untuk memgenali ciri burung tersebut, yuk simak ulasan selengkapnya.

Kelebihan Fisik Yang Dimiliki Oleh Jenis Burung Kacer Tretes


1. Perhatikan Warna Bulu Dada Dan Sayap

Untuk membedakan kacer tretes ini dengan kacer yang lainnya sangatlah mudah, yang dapat anda lihat pada warna yang mendominasi kehitaman (full) pada bulu dadanya, serta garis putih yang ada disayapnya, berbeda dengan jenis kacer poci pada umumnya yang memiliki warna putih.

Baca selengkapnya :  Download Suara Burung Jalak Suren Auto Gacor MP3 Gratis

Bulu yang dimiliki oleh kacer tretes ini juga terlihat lebih halus dan bersih (mengkilat), yang dimana awalnya kebanyakan burung ini memang asli burung habitat yang ditangkap dihutan dan jarang sekali para hobiis yang mampu membudidaya burung jenis kacer ini.

2. Mudah Untuk Dijinakkan

Walaupun burung ini merupakan petarung yang mudah naik dara, yang sangat memiliki sifat petarung yang baik akan tetapi dibalik itu semua memiliki karakter khusus yang sangat Mudah jinak, karena dengan kemampuan beradaptasinya dengan baik, dan sering dipelihara oleh manusia, dengan insting dan naluri yang sangat tinggi baik untuk dipelihara dirumahan maupun untuk diikut sertakan dalam kontes gantangan.

Jinak disini bukan berarti burung kacer tretes ini harus dijinakkan secara total, namun jinak yang baik adalah jinak lalat, dan tidak terlalu giras dan tidak terlalu jinak banget intinya.

3. Suara Kicau Dan Ciri Khas Yang Dimiliki

Untuk membuat burung ini agar dapat rajin berbunyi memang sangatlah mudah, akan tetapi jangan disamakan dengan pola rawatan yang diberikan oleh jenis burung ocehan pada umumnya, burung kacer ini memang sangatlah misterius dan memiliki mental yang sangat baik yang diyakini pasti akan gacor dan rajin berbunyi jika dia sudah merasa nyaman pada lingkungan, dan rawatan yang diberikan oleh majikan yang merawatnya.

Suara istimewa yang dimiliki oleh burung ini, memiliki speed dan durasi yang rapat serta besetannya yang tajam dan mudah untuk menirukan suara burung ocehan lainnya dengan sangat cepat merekam dan mengaplikasikannya untuk dijadikannya senjata rahasia dari burung tersebut.

Walaupun burung ini mudah untuk gacor dan memiliki suara yang khas nan merdu, akan tetapi jangan disepelekan dalam memberikan rawatan hariannya agar burung tetap tampil prima. Karena jika anda tidak konsisten dalam merawat burung ini, maka mental burung anda akan berubah menjadi sensitif dan malas-malasan untuk berkicau tentunya.

Baca selengkapnya :  7 Penyakit Burung Lovebird Dan Solusinya

Penasaran dengan suara khas yang dimiliki oleh jenis burung ini ?. Berikut kami sediakan suara kacer tretes audio mp3 auto gacor ngeplong yang dapat anda download secara gratis dibawah ini :

Tembakan Kacer Tretes Gacor

Download link disini


Suara Kacer Tretes Pulihkan Mental Burung Kicauan Lainnya

Download link disini

4. Harga Burung Kacer Jenis Tretes

Seiring kepopuleran burung ini dengan banyaknya permintaan dipasaran yang sangat banyak, menjadikan burung ini dibandrol dengan harga yang relatif cukup mahal. Jika anda tertarik dengan jenis burung kacer ini, anda harus merogoh kocek dalam-dalam, untuk burung kacer hitam yang sudah ngoceh (gacor) berkisar 650 – 850 ribu rupiah. Namun untuk yang masih bakalan (bahan) tangkapan hutan kurang lebih sekitar 250 ribuan.

burung-kacer

Dengan harga diatas merupakan patokan standar dipasaran, dan tentunya berbeda dengan burung kacer yang sudah dirawat / dipelihara oleh majikan atau pemain kicau mania, apalagi sampai burung tersebut sering dilatih dilapangan dan memiliki sertifikat (prestasi) koleksi piala yang cukup mumpuni untuk disebut dengan burung kontes, tentunya bisa lebih berlipat-lipat harga jualnya kawan-kawan. Harga tidak bisa dijadikan parameter yang bisa dibelakangi dengan hobi anda.

Baca juga artikel terkait ini tentang burung kacer.

5. Perawtan Yang Mudah

Dalam perawatan harian sangatlah mudah, jenis burung kacer ini bisa anda pelihara dengan sangkar kotak yang berukuran 40 x 40 x 60 cm dengan no sangkar 1 atau no.2 dan menggunakan tangkringan turun naik seperti tangga, atau juga bisa menggunakan sangkar bulat yang sering digunakan oleh burung murai batu yang berdiameter 40 cm dengan nomor sangkar 3 atau 2, dengan model tangkringan silang dengan diameter 1,5 cm, yang terbuat dari bahan cabang kayu asam ataupun kayu jati.

Baca selengkapnya :  Inilah Keistimewaan Burung Jalak Putih Yang Ada Di Indonesia

Pilihlah kayu dengan permukaan kulit yang asam. Pilih kayu dengan permukaan kulit yang agak kasar tetapi tidak tajam sehingga dapat untuk mengasah paruh burung tersebut agar tidak runcing. Berikut tips rawatan setiap hari yang harus diberikan untuk jenis kacer ini.

  • Untuk rawatan hariannya kacer ini tidak perlu memerlukan kerodong.
  • Berikan kroto segar 1 sendok makan maksimal 4 kali dalam seminggu.
  • Pemberian EF jangkrik dan voor wajib diberikan setiap harinya, dan disesuaikan dengan karakter burung anda masing-masing.
  • Pemberian cacing (merah) 1 sampai 2 ekor dalam satu minggu.
  • Pengumbaran sangat dibutuhkan oleh jenis kacer ini, untuk mengumbarnya dapat dilakukan selama 4 jam seharinya, 4 hari di umbar dengan kurun waktu 1 minggu.
  • Mandi dan jemur sangat dibutuhkan setiap harinya agar selalu menjaga kesehatan dan kondisi burung tersebut.
  • Berikan multivitamin maksimal 2 kali dalam 1 minggu.

Namun dibalik kemudahan dalam perawatan ada juga kelemahan yang dimiliki setiap burung, yang dimana kekurangan / kelemahan yang dimiliki oleh burung ini :

Bulu mudah patah, atau burung mudah sekali terserang penyakit (sakit-sakitan) apabila ada perubahan cuaca (ekstrim) dan saat memasuki masa mabungnya. Suka sekali mbagong dan sering juga ditemui untuk proses mabung yang tidak tuntas.

Demikian Penjelasan yang dapat kami berikan seputar Kacer Tretes. Jika saya ada kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf. Semoga kiranya dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi teman-teman di dunia burung kicau. Terima kasih.