Cara Setting Trucukan Untuk Lomba

Diposting pada
3/5 - (2 votes)

cara setting trucukan untuk lomba – Halo sobat kicau mania indonesia, kembali lagi bersama kami Kacer.co.id yang selalu konsisten memberikan tips dan informasi seputar dunia burung ocehan, nah pada pembahasan artikel kali ini seputar burung trucuk atau crocok ya temen-temen yg dimana dikhususka bagi kalian yang masih pemula dan belum tahu bagaimana cara menyeting rawatan harian dan lomba agar burung bisa kerja berdurasi maksimal dilapangan.

Dahulu memang burung ini di anggap remeh dan hanya dikucilkan saja ya, dengan harga pasar yang murah, seakan-akan memberikan nilai kualitas yang sangat buruk dimata para penghobi kicau dan orang pun malas dan jarang sekali ada yang memelihara burung trucukan ini,

seiring waktu berjalan dan perkembangan dunia hobi burung kicau di nusantara ini berkembang sangat pesat, akhirnya melejit dan meroket viral lah jenis trucukan gacor dor yang bisa di setting dan dijadikan sebagai burung mainan untuk kontes lapangan, diberbagai daerah saat ini hampir 75% persentasi gantangan sudah mulai banyak yang membuka kelas untuk burung trucukan ini ya.

Oke tanpa harus banyak basa-basi lagi, yuk kita langsung aja ke topik ulasan intinya seputar bagaimana sih cara setting trucukan untuk lomba yang baik dan benar :

ciri-trucukan-fighter

Mengenali Settingan Burung Trucukan Lomba Agar Tampil Maksimal


Mengenal Karakteristik Burung Trucukan Untuk Lomba

Nah untuk menyeting burung trucukan itu sebetulnya bukan perkara yang mudah dengan dikarenakan burung ini termasuk salah satu burung yang susah beradaptasi beda dengan burung-burung yang lain,

di dalam perlombaan burung berkicau pastinya kita menginginkan burung kita menjadi tampil menjadi juara untuk menjadikan burung trucukan menjadi juara itu pastinya dibutuhkan burung yang bagus mental yang bagus dan pastinya bisa langsung beradaptasi di lapangan dan tentunya kita mengharapkan burung ini bisa maksimal di arena pastinya kan begitu.

Baca selengkapnya :  Inilah Penyebab Burung Kacer Salto Dan Cara Mengatasinya

Tapi jika kita amati untuk bisa menjadikan burung trucukan ini menjadi Fighter itu dibutuhkan mental Burung yang sudah mapan ya temen-temen, biasanya umur trucukan siap lomba antara 3 – 4 tahunan wow, lamanya juga ya.

Dengan usia seperti itu tentu sudah memiliki tingkatan adaptasi yang jauh lebih baik ya, tapi untuk mencari burung seperti ini itu sangatlah susah temen-temen, jadi mau nggak mau kita harus menyeting burung yang sudah kita punya dari awal supaya burung ini bisa tampil maksimal di lapangan,

jangankan kita bawa burung trucukan ini ke lapangan atau gantangan ya, sedangkan pindah sanggar atau pindah tempat saja kalau burung yg masih bahan dan muda ini burungnya bisa macet bunyi ya, nah Inilah susahnya burung trucukan sehingga menjadi tantangan tersendiri buat kita para kicau mania ya. Oke langsung aja kita ke teknis untuk melatih dan menyeting trucukan yang dikhususkan untuk lomba ini ya.

baca juga : cara menjinakkan burung trucukan yang giras

umur-trucukan-siap-lomba

Teknik Pengkrodongan Yang Tepat

Dengan tipikal burung seperti ini Kita juga harus mengkaji ulang Bagaimana supaya burung bisa tampil maksimal di lapangan salah satunya adalah dengan teknik atau metode yang benar, nah dengan sistem pengkrodongan ini ini menurut pengalaman saya ini sangat efektif sekali untuk setingan burung trucukan tentu akan lebih tenang karena dengan sistem ini burung sedikit terkecoh dengan situasi di lapangan,

dan inilah sistem daripada krodong artinya dengan menerapkan pun krodong ini diharapkan burung bisa fokus ke lawan dibanding fokus ke lingkungan ya teman Nah inilah yang saya katakan burung ini bisa terkecoh.

Makanya banyak sekali pemain-pemain di lapangan pasti menerapkan sistem kerodong ya, sebenarnya fungsi daripada kerodong itu apa sebetulnya !. Nah fungsi daripada kerodong itu tentu banyak sekali ya teman-temen, bukan sekedar mengecoh burung tersebut. Tapi mengistirahatkan burung supaya burung ini Bisa bertambah tenaganya mengumpulkan tenaga nah ini juga salah satunya fungsi daripada krodong.

Baca selengkapnya :  Trik Mudah Pahami Karakter Burung Kicau Dengan Cepat

Dan kerodong ini tidak hanya baik diterapkan saat dilapangan saja ya, bisa juga kalian biasakan dirumah pada saat rawatan hariannya tentu akan lebih bagus lagi ya, di samping kita menerapkan sistem kerodong ini pastinya kita juga akan menerapkan setingan extra fooding mandi jemur juga pengerodongan tadi temen-temen.

Nah ini harus berkolaborasi secara bersamaan sehingga diharapkan burung ini bisa nampil dengan maksimal Nantinya di lapangan dengan dikarenakan burung lomba itu dibutuhkan pertama tenaga dan yang kedua suhu tubuh yang maksimal dan stabil pastinya ya.

Setting Pemberian Pakan EF (Ekstra Fooding)

Berbicara masalah birahi dan emosi untuk jenis burung trucukan untuk lomba ini sangatlah penting dan harus kalian ketahui ya temen-temen, untuk birahi trucukan yang kami sarankan disini tentu tidak terlalu tinggi juga tidak terlalu rendah birahinya juga.

Harus stabil ya antara emosi dan birahinya juga, yg seharusnya tidak terlalu tinggi tidak terlalu rendah di bawah emosinya ya, jika terlalu over ketinggian emosi juga tidak bagus ya, dan ini bisa berakibat burung ini menjadi banyak tingkah dan berulah ya.

Nah jadi harus berjalan sejajar teman-teman kita lanjut langkah pertama yang harus kita lakukan untuk menerapkan setingan lomba untuk burung trucukan yang pertama adalah kita mendongkrak birahi daripada burung dengan cara perbanyak pemberian EF ekstra puding jenis jangkrik ya.

Ini langkah pertama Kenapa harus dengan jangkrik dikarenakan dengan kita memberikan jangkrik lebih tinggi diharapkan burung ini akan terdongkrak daripada birahinya dan kandungan nutrisi yang terdapat pada jangkrik itu juga bakal bisa menambah tenaga dari pada burung trucukan tersebut.

Nah untuk selanjutnya disni, kita juga memberikan extra fooding tambahan seperti ulat Hongkong dengan tapi jangan terlalu banyak dikarenakan jika kita memberikan ulat Hongkong terlalu banyak itu bisa mengakibatkan burung ini menjadi over birahi dengan cepat, tentu ini sangat berbahaya sehingga burung ini bisa berulah saat ketika digantang nanti. Baca juga artikel terkaitnya seputar makanan yang bagus untuk burung trucukan.

Baca selengkapnya :  Inilah Manfaat Burung Kenari Untuk Peliharaan Dirumah

Tips Menyeting Burung Trucukan Sebelum Lomba

Nah untuk menyeting burung trucukan lomba jika versi saya itu dimulai dari H-2 teman-teman contohnya jika kita mau mengikuti lomba di hari Minggunya kita mulai setting burung trucukan tersebut dari hari Jumat pagi teman-teman.

Yaitu dengan cara kita mengeluarkan burung jangan di subuh hari tujuannya untuk supaya burung ini tidak bunyi di saat kita sudah setting temen-temen,

ini tujuannya jika kita keluarkan di subuh hari biasanya kalau burung yang sudah mapan nanti tak keluarkan di jam 6 pagi, lalu kita berikan ekstrak kuning jenis jangkrik 2 lebih banyak dari biasanya di hari minggu kita kasih EF jangkrik seperti biasa hariannya dengan porsi 3 pagi 3 sore,

maka boleh kita naikan menjadi 5 ekor di pagi hari di hari Jumat teman dan kita menambahkan jenis EF yaitu jenis ulat Hongkong cukup 2 ekor saja ya teman-teman tujuan dari pada pemberian ulat Hongkong ini karena ini bersifat panas dan cepat sekali untuk mendongkrak birahi ya.

Jadi kita berikan harus bertahap ya, supaya birahi burung trucukan kesayangan kalian tersebut sampai di hari h-nya itu tidak mengalami over birahi yang sangat tinggi sehingga kita nanti bisa susah untuk menurunkan nya ya.

Dari ulasan yang kita bahas ini tentang cara menyeting burung trucukan lomba dengan teman-temen, tentunya saya hanya berbagi atau share pengalaman ya kepada teman-teman yg masih pemula bukan berarti saya menggurui. Demikianlah tips cara setting trucukan untuk lomba selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat.

baca juga : daftar harga burung trucukan

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari