Inilah Desain Kandang Ternak Lovebird yang Harus Anda Ketahui

Diposting pada

Kandang merupakan sebuah tempat tinggal bagi para hewan peliharaan yang dibuat sedemikian rupa dengan luas dan lebar yang disesuaikan dengan besar kecilnya hewan tersebut. Seorang pemilik hewan, pasti akan membuat kandang yang bisa membuat hewan peliharaannya nyaman dan tercukupi segala kebutuhannya.

Jika kamu berniat melakukan ternak burung lovebird, maka kamu membutuhkan kandang ternak lovebird yang baik dan berkualitas. Jadi, tidak semua kandang bisa dijadikan sebagai ternak burung dengan corak serta warna indah tersebut. Tetapi, kamu harus membuat sebuah kandang yang sesuai dan bisa membuat burung nyaman berada disana.

Ada beberapa jenis kandang yang bisa kamu jadikan tempat untuk ternak burung lovebird, berikut jenis-jenisnya.

kandang-ternak-lovebird-umbaran

Kandang Umbaran

Kandang ternak lovebird umbaran seringkali disebut sebagai kandang koloni karena memiliki ukuran yang relatif besar. Kandang ini bisa digunakan oleh beberapa burung lovebird sekaligus dalam jumlah yang banyak.

Biasanya, kandang umbaran digunakan khusus untuk burung lovebird indukan yang akan diseleksi untuk diternakan.

Untuk cara menyeleksi burung lovebird tersebut terbilang cukup mudah, lho. Kamu hanya perlu memasukkan beberapa jenis lovebird betina serta jantan dan biarkan mereka dalam satu kandang untuk menghasilkan telur lovebird yang kemudian menjadi burung lovebird selanjutnya.

Kandang ternak lovebird umbaran sangat cocok digunakan untuk melakukan perjodohan burung. Karena dengan hal ini, kamu tidak memerlukan banyak waktu untuk saling memasangkan burung betina dengan yang jantan.

Dengan adanya kandang ini, maka burung-burung tersebut akan saling berpasangan dengan sendirinya tanpa campur tangan kita sendiri. Jika sudah diketahui masing-masing pasangannya.

Maka kamu bisa memindahkan kedua burung tersebut ke kandang khusus mereka berdua. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kandang ternak koloni atau umbaran tersebut bisa menghemat waktu sekaligus tempat dan biaya. Biasanya, kandang ini memiliki bentuk kotak yang memanjang ke arah samping atau atas. Kamu bisa membuat kandang ini dengan berbagai ukuran tergantung jumlah burung lovebird yang akan dijodohkan.

Baca selengkapnya :  Inilah Racikan Jamu Minuman Kacer Biar Cepat Gacor

Biasanya, kandang ternak lovebird umbaran atau koloni ini memiliki ukuran panjang dari mulai 1,5 meter sampai 4 meter dengan lebar 1.5 meter dan tinggi sampai 2 meter. Jika kamu tak sempat membuatnya, maka kamu bisa membelinya dengan harga yang relatif murah.

kandang-kolini-lovebird

Biasanya patokan harga untuk jenis kandang ini adalah sekitar tujuh ratus ribu rupiah.
Dengan menggunakan kandang koloni atau umbaran, burung lovebird ternakmu akan lebih leluasa untuk terbang kesana kemari dengan bebas. Sehingga, burung tidak akan mudah stress dan terhindar dari hal-hal buruk lainnya. Kandang jenis ini juga akan memudahkan kamu dalam memberi makan serta minumnya.

Nah, jadi bagi kamu yang ingin melakukan ternak burung lovebird, sebaiknya kamu menggunakan jenis kandang ternak lovebird ini untuk menghasilkan perjodohan yang baik serta banyaknya telur yang menetas dengan sempurna.

Kandang Perjodohan Tunggal

Setelah kamu mengetahui jenis kandang ternak koloni atau umbaran, maka selanjutnya kamu bisa membuat kandang sekat atau kandang perjodohan tunggal untuk ternak burung lovebird kamu.

Fungsi dari kandang ternak lovebird sekat ini adalah sebagai tempat pasangan burung lovebird yang sudah melakukan perjodohan. Biasanya, mereka akan dipindahkan ke kandang ini dan melakukan perkawinan dengan aman. Kandang sekat atau perjodohan ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar namun tidak terlalu kecil pula. Kandang tersebut dibuat sesuai jumlah burung yang ada didalamnya.

Ketika kamu akan membuat kandang jenis ini, maka kamu harus menyertakan tempat untuk burung lovebird betina bertelur dan sekaligus mengeraminya. Biasanya, seekor burung lovebird betina akan mengerami telurnya selama dua sampai empat hari dengan menghasilkan telur sebanyak lima sampai sepuluh butir telur.

kandang-penjodohan-tunggal-lovebird
Pada masa ini, kamu harus selalu memantau kandang ternak lovebird dan memberinya makan serta minum secara berkala. Tetapi, jangan sampai kamu mengusik telur-telurnya karena hal tersebut hanya akan membuat induk burung marah dan stress.

Baca selengkapnya :  Cara Pemberian Jangkrik yang Benar untuk Burung Kicau

Jika telur-telurnya sudah menetas, maka kamu bisa mengambil dua tindakan untuk hal tersebut. Pertama, kamu bisa membiarkan anak-anak burung lovebird dipelihara dan dirawat oleh induknya sendiri, atau kedua kamu bisa mengambilnya setelah tujuh hari untuk dipisahkan dan dirawat olehmu dengan pemberian makanan yang teratur selama empat jam sekali.

Namun, untuk saran yang lebih baik, kamu bisa membiarkan anak-anak burung lovebird tersebut bersama induknya agar bisa dirawat dengan baik. Barulah setelah besar dan bisa hidup mandiri, kamu bisa memisahkan anak-anak burung tersebut ke tempat atau kandang ternak lovebird yang baru.

Demikian informasi singkat mengenai dua jenis desain kandang ternak lovebird yang bisa kamu ketahui. Jika kamu memiliki bahan-bahan untuk membuat kandang tersebut, maka kamu bisa membuatnya sendiri tanpa harus membeli. Jadi, akan lebih hemat bukan?.