Cara Menjinakkan Burung Trucukan

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

cara menjinakkan burung trucukan – Halo sobat kicau mania nusantara dimanapun kalian berada masih kembali lagi berjumpa bersama situs resmi Kacer.Co.Id yang dimana pada kesempatan kali ini kami akan mengulas dan berbagi tips pengalaman bagaimana cara menjinakkan burung trucukan hasil tangkapan yg masih giras liar agar mudah jinak dan gacor ya !.

Burung trucuk atau sering dikenal dan disebut crocok / trucukan sebenarnya sama saja ya, hanya sebutan atau panggilannya saya di sesuaikan di tempat tinggal atau daerah kalian masing-masing, burung yg satu ini sangatlah istimewa jika dilihat dari ciri dan karakteris yang dimilikinya ya,

nah jadi tidak heran para kicau mania khsususnya di indonesia banyak sekali yang menyukai dan memelihara burung trucuk ini. Oke lanjut ke topik bahasannya ya, yuk simak aja langsung info cara menjinakkan burung trucukan giras dibawah ini :

Cara Menjinakkan Burung Trucukan Dengan Cepat


Membuat Burung Trcuk Merasa Lapar

Nah yang harus kita lakukan adalah kita harus mencabut wadah pakan dan makanan Pur atau buah yang ada dalam sangkar mulai dari malam hari ya teman-teman, dengan tujuan paginya burung itu sudah merasa lapar ya, sebelum dikasih makan terlebih dahulu kita Semprot dengan semprotan biasa dengan metode paling aman dan tenang karena semprotan basah ini dengan menggunakan sprayer tentu tidak akan membuatnya menjadi stres ya, malahan burung akan terasa nyaman dan lebih tenang ya.

Baca selengkapnya :  Mengenal jenis burung poksay mandarin, habitat, makanan, harga

Biasanya para kicau mania pemula banyak melakukan cara yg salah ya, yg dimana memandikannya dengan cara langsung menggunakan tangan maupun dengan cara disiram dengan air keran biasanya mengakibatkan burung menjadi bertambah stress ya.

cara-menjinakkan-burung-trucukan

Cara Memandikan Burung Trucukan Yang Tepat

nah jadi kita menerapkan metode aman saja ya dengan cara menggunakan sprayer semprot sampai basah dengan cara cairan dicampur sampo burung dengan tujuannya untuk merekatkan dulu supaya cepat dan mudah kuyup dengan menggunakan shampho khusus burung ini tentu akan lebih cepat menjalani proses penjinakkan ini ya temen-temen.

Setelah burung dimandikan basah kuyup kita Diamkan sejenak burung ini sampai benar-benar mengepakkan bulunya didis nyisir ya, dengan catatan kandang kita harus selalu taruh di bawah ya,

dengan tujuannya supaya burung ini kontak dengan benda maupun orang-orang di sekeliling kita semakin sering kontak semakin terbiasanya burung trucuk kesayangan kalian itu jadi bisa dikatakan bisa lebih cepat jinak jika sering kontak dengan benda maupun orang-orang di sekitarnya.

Cara Pemberian Pakan EF Yang Benar

Nah jika bulu-bulu sudah mulai terlihat agak kering baru kita mulai menggodanya dengan pakan serangga EF seperti jangkrik atau ulat hongkong ya. Di depan burung itu jika sudah merasa lapar pasti dia akan mengajarkan kita karena dia tidak makan dari malam hari sehingga dia ada kemungkinan kalau pagi-pagi itu sudah merasa lapar,

Untuk makanan yang bagus untuk burung trucukan adalah jangkrik ya, setelah burung itu merasa lapar baru kita menggunakan metode cara memberikan jangkrik sedikit demi sedikit ya teman-teman.

Saat pemberian EF nya ini jangan sampai burung ini benar-benar menjadi kenyang sehingga burung ini mudah untuk jinak dan lebih kenal dengan kita sebagai pemiliknya yang rutin setiap harinya memberikan pakan harian dengan secara langsung dengan tangan kita ya, agar membangun rasa kontak dan menjiwai antara si majikan dengan si burung yang kita rawat agar tidak takut lagi dan berharap kepada kita sebagai pemiliknya.

Baca selengkapnya :  7 Jenis Makanan Burung Kolibri Terbaik Agar Cepat Gacor

Burung Jangan Di Kerodong (Di Ablak Saja)

Dalam proses penjinakan burung jangan pernah kita menggunakan kerodong ya, jadi kita cukup mengablak saja setiap harinya dan itu bermaksud dengan tujuan untuk mengenalkan kontak dengan sekeliling kita agar si trucukan ini lebih cepat beradaptasinya dengan tempat atau daerah teritorialnya ya.

Nah jadi intinya kalian harus sesering mungkin meletekan kandang itu di tanah atau dibawah ya, atau dipinggir jalan yang sering di lalui oleh orang lewat seperti motor mobil dan benda-benda lainnya juga lalu-lalang manusia dan tak kalah penting yaitu harus sering-seringlah burung ini ditaruh nya di lantai maupun di tanah.

Oke dengan beberapa tips diatas jika kalian telaten, konsisten dan penuh kesabaran, tentu akan lebih mempercepat proses penjinakan burung trucuk kalian akan berhasil ya.

Demikianlah info dan tips seputar cara menjinakkan burung trucukan, selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat. Salam kicau mania.

Baca juga : daftar harga burung trucukan

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari