Makanan Burung Trucukan

Diposting pada

makanan burung trucukanAssalamualaikum wr, wb. Halo sobat kicau mania nusantara, masih berjumpa lagi bersama situs resmi Kacer.Co.Id web yg selalu konsisten memberikan tips seputar rawatan burung kicauan. Nah dikesempatan kali ini kami akan memberikan informasi seputar makanan favorit burung trucukan biar sehat dan gacor setiap hari !.

Untuk temen-temen penghobi burung trucukan ini pasti sangat membutuhkan info menarik kali ini ya, khususnya yg masih baru atau pemula, oke tanpa langsung berlama-lama langsung aja kita bahas penjelasan lengkapnya dibawah ini :

Makanan Terbaik Untuk Burung Trucukan


Seperti yg sudah sama-sama kita ketahui ya, untuk makanan burung trucukan di alam liar tentu sangat menyukai pakan buah dan serangga. Oke disini akan kita bahas jenis makanan burung trucukan hariannya yg sudah kita pelihara ya agar selalu rajin berkicau.

Nah burung trucukan merupakan salah satu burung Primadona di kalangan para Kicaumania karena kemampuan kicauannya yang variatif dan mumpuni tentunya, salah satu burung yang masih memiliki kerabat dekat dengan burung.

Namun bagi burung yang memiliki kemampuan ropel dengan baik ini biasanya dijadikan masteran bagi burung kicau lain seperti cucak ijo, cucak rawa dan murai batu guna mendapat kemampuan ini asupan makanan burung trucukan, serta perawatan dan latihan haruslah tepat mengingat aspek pakan merupakan hal yang sangat penting untuk perkembangan ropelan dan juga keaktifan burung ini dalam berkicau.

makanan-burung-trucukan-di-alam-liar

Maka dari itu temen-temen harus perlu cermat dan tepat dalam mengasihkan makan hariannya Nah untuk lebih jelas mengenai makanan burung trucukan yang bagus tersebut seperti apa ?. Simak terus artikel ini sampai habis ya gusys.

Baca selengkapnya :  Cara Menjinakan Burung Gelatik Batu Giras dengan Mudah

Pemberian EF (Pakan Tambahan)

Bagaimana cara agar suara burung trucukan keras ?. Nah bagi para penghobi burung trucukan mereka sering memberikan makan sayur untuk memancing burung ini agar menghasilkan intensitas kegacoran yang lebih rajin dan bisa ngeropel dengan memaksimalkan volume dari suara kicauannya.

Biasanya jenis sayuran yang diberikan oleh kebanyakan pemelihara yaitu sayuran Oyong atau juga dikenal sebagai gambas ya temen-temen. Para perawat burung trucukan ini berasumsi jika memberikan EF gambas ini secara teratur akan menghasilkan burung trucukan yang lebih rapat suara ropelan nya.

Selain sayuran untuk makanan pendamping burung trucukan yang jadi favorit adalah beberapa jenis buah-buahan yang mereka sukai seperti halnya pepaya pisang dan juga mangga, nah jenis buah-buahan tersebut mampu membuat performa tubuh si burung tersebut selalu terjaga staminanya ya. Ya saran saya berikanlah EF Oyong / gambas di setiap hari senin dan kamis misalnya, serta untuk buah di variasikan pada hari sabtu ataupun minggu.

Selain itu pemberian keroto cukup seminggu sekali saja, dengan takaran satu sendok makan, tapi ingat saat memberikan kroto ini harus kondisi yang masih segar ya, jangan memberikan keroto yg sudah bau atau basi, karena bisa mengganggu kesehatan si burung nantinya. Nah untuk ulat hongkong bisa kalian kasih sebanyak 2 – 3 ekor cukup satu kali saja dalam satu minggunya ya.

Baca juga : perawatan trucukan

Pemberian Pakan Wajib Hariannya

Selain dari pakan tambahan, kalian juga wajib memperhatikan pakan harian yg wajib dikasihkan setiap harinya ya yang berupa voer, nah kira-kira jenis atau merk apa yg dominan disukai oleh burung trucukan tersebut ?.

voer-topsong-untuk-trucukan

Saran saya berikanlah voer topsong untuk trucukan yang memiliki kandungan protein dan vitaminnya yg sedang ya, untuk voer biasanya yg direkomendasikan ini yang warna kuning ya temen-temen. Cara memberikannya cukup disajikan di wadah pakan khusus untuk voer yg memiliki ukuran tidak terlalu besar dan juga tidak kekecilan ya, setiap hari voer sisa harus diganti dengan yg baru untuk menjaga kualitas fresh dari voer itu sendiri, jadi setiap hari jangan terlalu banyak-banyak memberikannya cukup setengah atau 1/4 dari wadah tersebut ya.

Baca selengkapnya :  Cara Memaksimalkan Volume Burung Kacer Yang Tepat

Selain voer, buah dan sayur, kalian juga dapat memberikannya pakan serangga berupa : jangkrik setiap hari dengan takaran yg disesuaikan dengan karakter si burung trucukan piaraan masing-masing ya, untuk standarnya biasanya dalam pemberian jangkrik ini bisa 3 ekor / hari (pagi 2 dan sore 1).

Demikianlah tips yg bisa kami share tentang makanan burung trucukan yg bisa kalian terapkan kepada trucukan kesayangan kalian agar bisa lebih gacor maksimal setiap harinya ya. Selamat mencoba dan semoga dapat bermanfaat.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari