Cara Mudah Mengatasi Murai Batu Ngeriwik Pasca Mabung

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, apa kabar semuanya sedulur kicau mania. Masih tetap bersama situs resmi Kacer.Co.Id yang selalu konsisten update informasi seputar burung kicau, pada episode kali ini masih tentang seputar burung murai batu yang bermasalah setelah pasca mabung.

Ada banyak temen-temen kicau yang bertanya, mengenai masalah yang mereka hadapi ketika merawat burung murai batunya setelah mabung kok volume atau vokal suara kicauan si burung ini menjadi kecil?. Yang berbeda sebelum mabung tersebut. Dan hanya cuman bisanya ngeriwik-riwik aja!.

Nah, maka dari itu disini akan kita bahas tentang kondisi murai batu setelah melewati masa mabungnya, penasaran yuk simak artikelnya sampai akhir.. Agar tidak gagal paham tentang penanganan pasca mabung burung murai batu temen-temen semua.

Masalah burung murai setelah mabung dan cara mengatasinya


Pada saat burung mengalami rontok bulu ini merupakan masa-masa yang sangat kursial yang pasti dialami oleh setiap jenis murai batu apapun, dimanapun burung yang setelah melewati masa mabung ini setelah beristirahat yang lumayan lama.

Dan kebanyakan orang beranggapan secara logika burung yang sehabis mabung ini sudah pasti akan tampil dengan performa yang sangat baik tentunya jika dirawat dengan tepat pada saat burung mabung tersebut. Jawaban ya. Memang benar. Namun jika anda salah rawatan pada masa mabungnya malah akan sebaliknya ya sudah pasti. Sebelum itu kia juga harus menganalisa kondisi fisik dan kesehatan siburung murai batu terlebih dahulu apakah sudah benar-benar FIT atau masih dalam masa pemulihan staminanya.

murai-batu-pasca-mabung

Kondisi burung setelah mabung

Jadi begini temen-temen, masa normal yang wajar ketika burung selama menjalani proses mabung sekitar 3 – 4 bulan, secara otomatiskan jika burung sedang dalam perawatan mabung itu jarang sekali menghirup udara segar, yang kebiasaannya hanya full kerodong saat merontokan bulu dan ketika saat tumbuh bulunya, full isolasilah kondisinya.

Baca selengkapnya :  Manfaat Mandi Sore Untuk Burung Murai Batu

Jadi secara tidak langsung burung itu jenuh yang sering menghela udara yang tidak bersirkulasi dengan baik di dalam kerodong dengan bau dari kotoran yang memiliki sifat pengurai disitu udara akan berubah menjadi lembab, udara yang tidak bagus akhirnya dihirup oleh siburung, memang benar resiko perawatan mabung memang seperti itu tidak salah ya, karena ada maksud dan tujuan agar si burung tidak terganggu dalam proses mabungnya.

Memaksimalkan rawatan harian

Terus sebaiknya bagaimana?. Yang anda harus lakukan ya biarkan saja agar proses mabung itu terus berjalan sampai si burung dengan kondisi yang tuntas dari rontok hingga tumbuh bulu.

Jika kiranya bulu sudah tumbuh dengan sempurna baru boleh kita seting rawatan harian seperti biasanya, seperti memberikan extra fooding jangkrik atau kroto dengan konsisten dan takaran yang disesuaikan dengan karakteristik burung kesayanganya masing-masing.

masalah-murai-batu-volume-kecil

Boleh mulai dari dimandikan setiap pagi ataupun di waktu sore hari, lakukan perawatan yang wajar disamakan seperti kondisi siburung sebelum mabung. Jadi jika volume burung tidak keluar setelah pasca mabung, jadi temen-temen tidak perlu khawatirlah ya, lakukanlah dengan penuh kesabaran dalam memaksimalkan perawatan harian untuk murai batu yang sehabis mabung ini sekitar 1 sampai 2 bulanlah, jika tidak ada masalah pada kesehatannya, seiring dengan naiknya birahi burung dan pemulihan fisik volume vokal suara si murai batu pasti akan kembali normal lagi.

Dan pantau terus aktifitas si burung murai batu, apakah sudah mau mengeluarkan suara ngeplong dan terkadang mengeluarkan isian materi baru setelah dimasteri saat masa mabung tempo hari, ataukah masih dalam kondisi ngeriwik aja setiap harinya.

Jika sudah melebihi batas waktu rawatan harian pada umumnya si burung murai ini terlihat tidak normal-normal volume mengeluarkan suara kicauannya cuman hanya ngeriwik aja.., berarti ada masalah pada siburung ini ya.

Baca selengkapnya :  Inilah Beberapa Hal Yang Dapat Membuat Burung Stres

Bisa jadi bermasalah pada saluran pernafasannya, dan harus cepat ditangani menggunakan obat yang kiranya mudah didapat di kios burung. Saran saya berikan antibiotik untuk burung yang mengalami masalah peradangan virus, biasanya merk yang bagus seperti bionic yang harganya sekitar 60 ribuanlah.

Gunakanlah obat sesuai dosis yang disarankan pada kemasan ya temen-temen, agar tidak terlalu over dosis nantinya. Dan saya yakin jika sudah diberikan obat ini pantau perkembanganya pasti ada perubahan yang berbeda dari sebelumnya, dan pasti murai batu anda akan kembali normal dan tampil maksimal.

Demikian informasi cara mudah mengatasi murai batu yang hanya ngeriwik saja setelah pasca mabung ini, semoga dapat bermanfaat bagi temen-temen kicau semuanya. Terima kasih.

Baca artikel lainnya tentang burung murai batu :

√ Murai Batu Ngelowo Bukan Berarti Burung Jelek
√ Terapi Nol Settingan Untuk Kembalikan Performa MURAI BATU
√ Penanganan Yang Tepat Untuk Murai Batu Mabung Tidak Tuntas
√ Memilih Burung Murai Yang Nembak Atau Durasi Ngerol