Memilih Burung Murai Yang Nembak Atau Durasi Ngerol

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, kembali lagi masih bersama situs resmi Kacer.Co.Id yang selalu konsisten membahas informasi seputar burung kicauan, khususnya burung murai batu.

Pada kesempatan kali ini saya akan akan membahas tentang bagaimana baiknya memilih jenis atau tipe burung murai yang mempunyai karakter suara yang sering mengeluarkan tembakan atau burung yang mainnya durasi atau istilah ngerol panjang.

Jadi ada beberapa temen kicau yang bertanya masalah tentang tipikal atau tipe karakter yang dimiliki oleh si burung murai ini, yang dia katanya ingin main dikelas murai batu. Akan tetapi dia juga ingin memelihara burung murai ini yang sudah mapan dan siap tempurlah istilahnya moncer dan siap gantang di arena kontes. Dan menanyakan tipe burung seperti apa yang enak dan stabil jika dibawa kelapangan intinya!.

Menurut saya sih, semua jenis burung baik itu tipe yang ngerol atau pun tembakan sekalipun okeh, hanya saja jika dilihat dari karakternya yang kita sesuaikan. Kita kembalikan dulu dan analisa karakteristiknya si burung tersebut dan pola rawatan yang diberikan kepada siburung.

Misalkan anda ingin memilih karakter siburung yang jika dalam kondisi apapun dibawa kemana aja dalam kondisi TOP Perform atau istilahnya full fighterlah ya, sebaiknya temen-temen memilih jenis burung yang berdurasi tempurnya.

Tips mengetahui tipe dan jenis burung murai batu


Ciri-ciri murai batu yang bertipe durasi

– Memiliki mental yang baik (full fighter).
– Usia sudah dewasa mapan dan mabung sudah lebih dari 3 kali mabung.
– Berbadan besar atau ideal.
– Ekor yang sedang (lumayan panjang)
– Memilik gaya tarung yang baik ketika ditrek.
– Volume suara keras.
– Lagu yang dibawakan menyusun ngerol bervariasi.
– Gacor dor dimana tempat berada, sangat cepat untuk beradaptasi dengan baik.

Baca selengkapnya :  Inilah 4 Jenis Burung Parkit Terbaik, Habitat, Harga, Suara

Ket : Menurut analisa fakta dilapangannya untuk jenis murai yang memiliki tipe durasi ini kebanyakan didominasi oleh burung murai kota agung.

murai-kota-agung-durasi

Ciri-ciri murai batu yang bertipe tembakan

– Mental semi fighter
– Berpostur pada umumnya tergantung kondisi fisik burung tersebut.
– Berekor panjang
– Suara khas yang dimiliki saat di trek mengeluarkan tembakan
– Membawakan lagu dengan irama yang enak dan tertata
– Volume suaranya biasanya menyesuaikan dari irama lagu yang dibawakannya.

Ket: Untuk tipe murai yang memiliki karakter semi fighter dengan karakter suara mendominasi tembakan ini biasanya jenis burung murai batu yang berasal dari medan bahorok ekor panjang, atau jenis silangan balak 6 ataupun 8.

murai-batu-medan-bahorok

Bagi pemain lama murai batu tentunya sudah pasti berpengalaman dan mengetahui jenis dan tipe burung murai yang ada, istilahnya 2 karakter yang berbeda ini antara tipe yang nembak dan ngerol jika sedang ditrek.

Jika anda sudah mengetahui karakteristik burung anda sendiri, sudah pasti anda dapat mengetahui kelebihan dan kelemehan gacoan anda tentunya, dan dapat diatur dan diantisipasi sendiri.

Bagaimana temen-temen bisa analisa sendiri karakter si burung murai kesayangan anda!. Tipe tembakan ataukah yang ngerol ?.ehehhe. Okelah demikian informasi yang singkat ini yang dapat kami berikan berdasarkan pengalaman fakta yang ada dan semoga dapat menambah wawasan temen-temen kicau semua, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel terkait tentang burung murai batu :

√ Cara Mengatasi Masalah Burung Murai Batu Cabut Bulu
√ Rahasia Settingan Pakan EF Harian Murai Batu
√ Cara Tepat Memilih Voer Murai Batu Yang Baik
√ Penanganan Yang Tepat Untuk Murai Batu Mabung Tidak Tuntas