Cara Merawat Lovebird Mabung Agar Cepat Selesai

Diposting pada

cara merawat lovebird mabung – Assalamualaikum wr, wb. kembali lagi bersama website Kacer.Co.ID yg selalu konsisten memberikan informasi terupdate yang berkualitas dan relefansi tentunya, seputar tips permasalahan, setingan, jenis burung kicauan, nah pada episode kali ini kami akan berbagi pengalaman tentang cara merawat burung lovebird yang sedang mabung.

Burung yg sudah memasuki masa moulting atau rontok bulu pasti di alami setiap jenis burung kicauan ya, terutama burung lovebird pun tentu mengalaminya, namun yang harus kalian pahami disini tentang masalah perawatan yang tepat ketika burung melewati masa-masa itu,

karena jika salah dalam memberikan pola rawatannya maka diyakini pasti burung nantinya akan bermasalah di kedepan harinya, dan bisa menurunkan performa sebelum ketika burung sebelum mabung.

Oke pada artikel kali ini akan kita bahas tuntas ya, cara merawat burung lovebird lagi mabung. Yuk simak pembahasan lengkapnya dibawah ini :

Apakah Burung Lovebird Juga Bisa Mabung ?


Perbedaan Mabung Dan Nyulam Pada Lovebird

Ada beberapa pertanyaan dari lovebird mania pemula, yang menanyakan apakah mabung dan nyulam itu berbeda ?. Bagaimana tips perawatan yang tepat nya..!

Ternyata masih ada aja ya, dari temen-temen yg masih bingung dengan kondisi lovebird mabung atau nyulam ?. Apa sih bedanya nyulam dengan mabung itu ?. Nah untuk membedakannya sebenarnya ada cara merawat lovebird mabung pertama yang simpel banget ya, pada umumnya banyak teman-teman yang menanyakan hal ini,

biasanya bagi pemilik lovebird di bawah 2 tahun, dan mabung itu sendiri pada tahap awal dimulai dari usia 4 sampai 8 bulan itu adalah usia tercepat masa mabung dan waktu selesainya ya, jadi saya pernah punya lovebird di usia 4 bulan sudah mulai masa mabung tapi itu tidak banyak terjadi di semua lovebird,

Baca selengkapnya :  Penyebab Dan Solusi Kacer Suka Mandi Di Cepuk

kalau rata-rata usia mabung yang pertama sih biasanya dialami oleh lovebird di usia sekitar 5 sampai 5,5 bulan kurang lebihnya, serta biasanya selesainya itu di usia 7 sampai 8 bulan diharapkan untuk merampungkan tumbuh bulunya sih paling lama waktu antara 1 sampai 1 setengah bulan,

tapi nanti akan ada tambahan waktu masa pemulihannya sekitar satu setengah bulan juga, sampai nanti dia kembali lagi performanya seperti sedia kala, jadi lama nya total masa mabung itu sekitar 3 bulan dari waktu mulai jatuh bulu pertama lalu masa tuntas di bulu baru dan yang terakhir adalah masa pemulihannya.

lovebird-mabung-atau-nyulam

Dan nanti pada masa mabung yang kedua biasanya dimulai pada usia 1,2 tahun, Sampai 1,3 tahun untuknya memakan waktu yang sama dengan masa mabung yang pertama, lalu nanti Masa mabung yang selanjutnya lagi itu bisa lama banget ya temen-temen,

bisa mencapai lebih dari 1 tahunan jadi untuk itu tidak perlu dibahas lagi ya sampai di sini sudah ada gambaran tentang masa mabung.

Catatan : Proses mabung alami yang di alami burung lovebird yang sudah kami jelaskan diatas, waktu serta prosesnya ya temen-temen,

Nah di luar waktu-waktu itu mabung yang sudah dijelaskan diatas, biasanya jika burung lovebird ini rontokin bulu itu berada di fase nyulam bulu ya.

Penyebab Burung Love Bird Nyulam Bulu

Khusus untuk lovebird biasanya nyulam bulu itu rontok nggak banyak ya, hanya beberapa helai bulu besar dan beberapa helai bulu kecil aja, sebenarnya apa sih penyebab lovebird itu nyulam ?. Oke saya jelasin satu-satu ya :

  • Yang pertama adalah lovebird dalam masa adaptasi lingkungan baru, contoh bagi teman-teman yang membeli burung lovebird dari daerah yang suhunya berbeda dengan tempat tinggal kalian, maka secara otomatis ada beberapa lovebird yang akan merontokkan bulunya, akan tetapi nggak banyak ya, karena burung tersebut masuk dalam proses adaptasi.
  • Lalu yang kedua adalah adanya perubahan pakan yang diberikan dalam hariannya, Umumnya dari pakan Netral ke pakan kenceng ya, ini sama dengan poin pertama lakbet akan beradaptasi dengan asupan hariannya biasanya dalam kurun waktu seminggu itu akan banyak bulu kecil yang rontok secara bergantian.
  • Kita lanjut ke point yang ketiga, bisa juga karena lovebird ini kurang cocok dengan pola perawatan yang diberikan, bagi temen-temen harus sedikit waspada ya.
  • Karena masalah rawatan tidak sesuai itu awalnya, jika pola rawatan yg salah ini kalau diterusin lama – kelamaan si lovebird ini akan stres maka banyak kasus cabut bulu terjadi di Point ini.
  • Nah untuk poin ke empat itu biasanya rontoknya bulu karena masih ada bulu tua yang nggak rontok saat masa mabung dulu ya, nah bulu tua ini biasanya juga nggak banyak kalau bulu besar itu paling hanya satu sampai dua helai aja ya.
Baca selengkapnya :  Manfaat Terapi Sauna Untuk Burung Kacer

Dan nanti kalau ini nggak rontok saat masa mabung biasanya nanti dia akan rontok ketika si lovebird ini mengalami tiga poin yang sudah dijelaskan tadi ya.

Oke sampai di sini cukup muda ya untuk membandingkan burung lovebird kita itu mabung atau nyulam ya, pokoknya selama dia itu enggak dalam masa mabung berarti dia cuma nyulam bulu aja.

Baca juga : cara menggacorkan lovebird single fighter

Tips Memberikan Perawatan Burung Lovebird Mabung


Mandikan Burung Sampai Basah Kuyup

Nah adapun cara cepat merawat lovebird mabung kalian bisa memandikan setiap harinya dengan menggunakan semprotan langsung membasahi tubuh burung, usahakan sampai basah kutup ya, dan jangan lupa kotoran yang ada di dasar sangkarnya juga dibersihkan,

karena jika tidak dibersihkan dikhawatirkan akan menjadi sarang penyakit / virus dan bakteri yang membuat burung stres dan macet ketika menjalani proses mabung nya ini.

cara-merawat-lovebird-mabung-nyulam

Pemberian Pakan Yg Berkualitas

Nah untuk makanan lovebird yang bagus saat mabung temen-temen bisa memberikannya pakan standar harian utama ya seperti milet putih, atau bisa juga dikombinasikan dengan biji kwaci, milet merah ataupun biji kenari seed dengan takaran yg disesuaikan dengan kebiasaan si burung ya,

dan berikan pakan ekstra alami seperti jagung manis muda setiap harinya, agar bisa menambahkan stamina si burung ketika merontokan bulunya biar lebih cepat, nah setelah burung kasih makan, lalu ketahapan selanjutnya pengkrodongan.

Pengkrodongan Dan Pemasteran

Sehabis di berikan pakan kesukaannya, walaupun kondisi si burung lovebird ini bulunya masih basah, langsung aja dikerodong ya, jangan menjemur burung ketika sedang mabung seperti ini,

dan tahap pemasteran sebaiknya menggunakan audio mp3 suara burung lovebird ngekek panjang ya, karena pada masa inilah adalah kesempatan emas untuk si burung lebih fokus mendengarkan suara isian / masteran yang kita berikan, agar nantinya setelah top performa kondisinya telah pulih lagi burung bisa membongkar isian yang telah kita ajari / masteri ketika saat mabung itu.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Perawatan Burung Kacer Biar Gacor

Pengkondisian Kandang Di Tempat Yg Nyaman

nah hal penting yang harus saya tekankan adalah pada masa mabung itu sebaiknya pemilik menahan diri untuk tidak sering-sering menempatkan lovebird dalam lingkungan bertekanan tinggi, contoh lingkungan bertekanan tinggi kayak gimana nih !.

Semisal kalau di rumah, si posisi kandang lovebird ini dalam kondisi tidak dikerodong dan sering melihat lovebird dominan yang gacor di sana, jika hal ini terus dibiarkan, yg dikhawatirkan proses perawatan lovebird mabungnya nanti akan terganggu ya temen-temen.

Demikianlah informasi yang bisa kami berikan seputar cara merawat lovebird mabung, yang bisa kalian aplikasikan dirumah, semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat ya bagi para lovebird mania di nusantara. Terima kasih.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari