Murai Batu Ngelowo Bukan Berarti Burung Jelek

Diposting pada

Burung murai batu kerap kali membuka sayap begitu bertemu musuh atau biasa disebut dengan ngebetman. Umumnya kondisi tersebut dibarengi perilaku burung ngejeruji atau turun dari dasar sangkar dengan ngeriwik. Yang mana itu sering kali disenangi murai mania. Lantaran mengurangi tampilannya begitu dilombakan.

Ngebetman dikenal juga sebagai ngelowo yang mana itu merupakan karakter dari burung bertipe petarung seperti murai batu itu sendiri. Kondisi tersebut sama dengan kacer mbagong.

Yang mana perilaku tersebut sering muncul ketika burung itu dalam kondisi kurang sehat. Walau begitu penyebab murai batu ngelowo sampai sekarang juga belum diketahui dengan pasti. Sesuai pengalaman murai mania yang mana kondisi itu ada lantaran beberapa faktor sebagai berikut :

Sebab kenapa ?. Kondisi burung murai tidak stabil

  • Bisa juga burung tersebut mengalami OB terlalu (over birahi).
  • Murai batu down begitu melihat musuh agresif.
  • Murai batu belum tuntas masa mabungnya tapi malah dipaksa beradu dengan burung lain.
  • Murai batu dijemur melebihi waktu yang dianjurkan.
  • Murai batu jinak.
  • Karakter dari burung itu sendiri memang seperti itu.

Banyak sekali kasus murai batu ngelowo terlalu jinak dan sering ngebatman, begitu pula saat didekati oleh pemiliknya atau orang lain. Tetapi begitu lomba, justru burung tersebut tampil trengginas, dan malahan bisa juara.

gambar-murai

Itu pernah ditemui dalam sebauh kompetisi. Maka dari itu guna menangani murai batu yang terlanjur ngelowo, apalagi karena luar faktor jinak. Pastinya bakalan ada pola perawatan yang dapat yang diterapkan berdasarkan penyebab yang diuraikan di atas.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Memilih Burung Cucak Jenggot Yang Berkualitas Baik

Murai batu ngelowo yang over birahi ketika bertaruh justru cenderung lebih menunjukkan perilaku ngebetman ketika melihat musuh. Cara mengatasinya yaitu dengan diberikan terapi penenangan. Jadi sementara cobalah untuk tidak memaksakan untuk berlomba selama 1-2 bulan.

Kalau nanti kondisinya lebih baik barulah boleh diikut sertakan kembali.

Berikan perawatan yang khusus (terapi)

Nah, ada beberapa terapi yang dapat kalian lakukan guna menurunkan birahinya tersebut yaitu :

  • Sering mengembunkan setiap pagi.
  • Coba untuk mengurangi jatah makan tambahan atau extra fooding (EF) yang dapat memicu birahi. Seperti misalnya jangkrik. Kemudian pakan yang bisa mengurangi over birahi yaitu cacing tanah atau ulat bambu. Di mana akan diberikan pada pagi dan sore hari dengan rutin supaya kondisinya kembali pulih.
  • Sering mengumbar burung dalam kandang.
  • Mengurangi waktu berjemurnya.
  • Memberikan multivitaminberupa BirdVit saat masa terapi.

Tetapi begitu perilaku ngebatman bukan lantaran over birahi, tetapi disebabkan oleh mental ketika berlomba di lapangan. Cobalah untuk melakukan terapi. Yang membedakan EF berupa jangkrik malah diberikan dengan ad libitum atau semau burung itu sendiri.

Sebab mental yang down bisa juga disebabkan lantaran burung kurang asupan protein berupa jangkrik dan kroto. Maka dari itu murai batu jangan sampai melihat burung sejenis sampai 1-2 bulan. Jika kondisinya telah kembali baik barulah berikan perawatan terapi khusus yang dimana telah dijelaskan diatas.

Tips mencegah burung murai ngelowo

Nah, terkait pencegahan supaya momongan kalian tak bertingkah ngebetman ketika di lapangan, kalian bisa memperhatikan beberapa hal sebagai berikut :

murai-trotol-ngelowo

  • Perhatikan terkait umur burung tersebut sebelum diikutkan lomba. Burung muda yang belum memiliki pengalaman bertemu musuh, apalagi musuh yang sudah mapan. Maka emosi burung tersebut belum stabil sehingga sering meluap-luap, hal itu dapat memicu burung jadi kelelahan, drop mental, dan malah jadi ngebetman.
  • Jangan ikut lombakan murai kalau belum tuntas masa mabungnya atau pun masih dalam masa mabung. Apalagi ketika proses dorong ekor atau pun sayap. Lantaran murai berada belum memiliki fisik dan juga stamina prima. Itu itu burung – burung itu rentan sekali kalah mental. Dapat dikatakan sama halnya dengan murai batu yang tengah memasuki masa mabung.
  • Seandainya kalian ngebetman dan terjadi lantaran murai begitu lama dijemur, maka terapi yang harus dikerjakan yaitu mengurangi EF yang dapat memicu birahi. Cukup dengan memberikan cacing tanah dan ulat bambu saja untuk makannya. Kemudian untuk frekuensi mandi ada baiknya bila ditambah tetapi dengan durasi penjemuran yang berkurang.
  • Seandainya ngebetman terjadi lantaran murai batu yang jinak, itu nanti yang dibutuhkan ialah kemauan pemiliknya. Seperti halnya dengan memberi makan jangkrik atau pun pakan serangga. Jadi jangan disodorkan langsung pada burungnya, namun cukup dengan dimasukkan pada cepuk saja. Maka itu nantinya demikian murai dapat berkurang manjanya pada sang pemilik. Di samping itu juga pengumbaran bisa juga membuat burung jadi tak begitu jinak. Murai batu ngelowo.
  • Kalau ngebetman terjadi lantaran sifat bawaan burung itu sendiri, maka itu lumayan sulit menanganinya. Yang dapat dilakukan yaitu dengan rutin memberi multimineral berupa BirdMineral.
Baca selengkapnya :  Cara Mudah Membuat Racikan Makanan Burung Kolibri Agar Gacor

Itu nanti bisa membantu untuk mengatasi metabolismenya, yang mana naluri tersebut sebagai burung fighter bakalan kembali datang dan siap untuk diajukan kompetisi.

Nah, itulah serangkaian murai batu ngelowo yang diharapkan bisa bermanfaat bagi pembaca.