Cara Merawat Burung Nuri Kepala Hitam

Diposting pada

Masih bersama situs resmi Kacer.Co.Id. Nah pada artikel kali ini kami akan membahas bagaimana cara merawat burung nuri kepala hitam dengan tepat ya, agar mudah jinak, gacor dan selalu sehat ya guys,

sangat banyak para pecinta burung kicauan khususnya para pemain lapangan (latber) atau kontes tentu sangat malas memelihara burung nuri kepala hitam yg satu ini ya, karena tidak bisa di bawa-bawa ke arena gantangan, ya wajar saja burung tipikal seperti nuri papua kepala hitam ini kan bukan burung aduan atau fighter untuk kontes, melainkan untuk jenis burung peliharaan dirumah saja ya temen-temen.

Nah kira-kira usia burung nuri kepala hitam sudah bisa kita pelihara dengan aman ya, maksud aman disini dalam segi perawatannya si burung tersebut sudah bisa mengadaptasi dengan manusia, agar tidak mudah stres dan bisa mengakibatkan kematian nantinya, sayang kan apabila burung nurinya sampai mati !. Karena nilai jual dipasarannya bukan harga yg murah ya ?.

Lalu bagaimana cara mengetahui umur burung nuri kepala hitam ini ?. Tentu temen-temen bisa langsung menanyakan kepada si penjualnya ya, agar lebih memudahkan kita sebagai perawat nantinya untuk melakukan tips pelatihan serta pola rawatan yang tepat sesuai dengan usia si burung nuri kesayangan kita.

Tips Perawatan Harian Burung Nuri Agar Selalu Sehat


Makanan Burung Nuri Kepala Hitam

Pada rawatan yg paling utama ini, kalian harus memberikan makanan terbaik dan disukainya ya, tentu yg cocok untuk burung nuri kalian, contohnya disini adalah susu untuk burung nuri kepala hitam bisa kalian kasihkan setiap hari ya untuk merk susunya bisa disesuaikan dengan kesukaannya, dan di usahakan susu yg putih ya !. Bukan susu rasa coklat !.

Baca selengkapnya :  Manfaat Bawang Putih Untuk Burung Kicau

Ini hanya saran saja ya, jenis susu yang sangat cocok buat burung nuri papua kepala hitam ini adalah susu kaleng frisian flag atau juga bisa kalian menggunakan dancow.

susu-untuk-burung-nuri-kepala-hitam

Namun tidak sembarangan ya cara memberikannya, ada porsi dan takaran yg khusus agar asupan yang dibutuhkan si burung bisa didapat dengan pas dan seimbang, nah untuk takaran susu yang paling baik cukup 2 sendok makan + 14 sendok makan air matang hangat ya temen-temen.

Dan sebaiknya dalam penyajiannya kalian menggunakan wadah atau tempat susu yg terbuat dari keramik atau gelas beling ya pada saat pembuatan susu ya, buat burung nuri kesayangan kita. Tujuannya supaya rasa enak dari susunya tetap terjaga ya, tentu akan membuat burung nuri kita merasa senang dan penuh semangat untuk meminumnya.

Dan untuk minum susu cukup diberikan satu kali saja dalam sehari ya, boleh diwaktu pagi ataupun sore hari ya, usahakan susu yg kalian berikan adalah susu yg segar ya, bukan susu bekas kemarin atau yg sudah tidak layak diminum.

Nah jika kondisi cuaca terik dan panas, sesekali bolehlah kita memberikan susu yang dingin ya, sebelumnya yg sudah di dinginkan di dalam kulkas, agar bisa menambah sensasi rasa baru agar burung nuri kesayangan kita tidak bosan dan jenuh ya.

Selain itu makanan tambahan untuk burung nuri itu apa ya ?. Untuk pemberian pakan tambahan boleh kita berikan sekali dalam seminggu, buah pepaya dan semangka adalah jenis ekstra fooding yang sangat disukainya ya.

makanan-burung-nuri-kepala-hitam

Analisa Masalah Kesehatan Burung Nuri Kepala Hitam

Jika kalian amati pada bentuk kotorannya, lalu kalian melihat bentuk tinja atau kotoran pada saat mengkonsumsi susu ini yang keluar misalkan berbentuk sangat encer, berwarna bening, atau berwarna kuning keputih-putihan, dengan kondisi seperti ini istilah di kitanya mah burung sedang mencret lah ya.

Baca selengkapnya :  Daftar Harga Pasaran Burung Cendet Terbaru 2021

Namun kita jangan salah paham dulu ya, jika pertanda seperti itu menandakan burung nuri kepala hitam kesayangan kita sedang kondisi yang baik-baik saja atau sehat, sebenarnya tinja encer itu bukan diare ataupun mencret, akan tetapi menjadi sesuatu hal yg wajar ya temen-temen.

Karena manfaat dari susu ini adalah sebagai makanan burung nuri agar cepat bicara ya, karena kita jadikan sbagai pakan utama untuk burung nuri kita yang nantinya akan cepat pintar dan mudah dilatih ya, baik dalam hal pemasteran suara agar cepat bisa berbicara ataupun proses dalam hal penjinakkannya lebih cepat mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

cara-memandikan-burung-nuri-kepala-hitam

Cara Memandikan Burung Nuri Kepala Hitam

Nah cara yang tepat untuk memandikan si nuri kesayangan kita ini, jika burung sudah jinak sebaiknya kalian siapkan wadah khusus untuk tempat mandinya ya, yang berisikan air bersih, lalu kalian letakan saja di bawah lantai, biarkan si nuri ini mandi dengan sendirinya ya, ingat burung yang sudah jinak ini tidak usah dipaksakan lagi dengan mandi cara di semprot ya ?. Biarkan dengan keinginannya saja mandi sendiri ya.

Namun jadwal pemandian yang kalian berikan pada waktu atau jam terbaiknya itu sekitar pukul : 10.00 WIB sampai dengan 13.00 WIB siang bolong ya, selepas dari waktu yg telah ditentukan, sebaiknya burung tidak usah kalian mandikan ya. Untuk lama durasi pemandian kalian kasih waktu sekitar 5 – 10 menitan saja ya, setelah itu angkat wadah pemandiannya.

Setelah burung selesai dimandikan, masukan kembali burung nuri kedalam kandangnya ya, tanpa penjemuran ya temen-temen, tanpa penjemuran bulu burung nuri ini akan kering dengan sendirinya ya, cukup di angin-anginkan saja, berbeda dengan jenis burung ocehan lainnya, jika kalian paksakan untuk melakukan penjemuran bagi burung nuri tersebut di khawatirkannya bulu-bulu burung nuri kalian akan tampak kusam dan bisa rusak ya.

Baca selengkapnya :  Cara Ternak Burung Blackthroat

Demikianlah tips info seputar cara merawat burung nuri kepala hitam yg bisa kami share kepada temen-temen pecinta burung nuri di indonesia, semoga kiranya dapat bermanfaat untuk kalian semua. Terima kasih. Sukses selalu.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari