Cara Ternak Burung Blackthroat

Diposting pada

Kacer.Co.Id, nah pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips dan pengalaman seputar cara ternak burung blackthroat, khususnya bagi temen-temen yg baru ingin mencoba atau memulainya tentu sangat membutuhkan informasi ini ya, jadi kalian harus simak baik-baik langkahnya agar bisa menambah pengetahuan dan bisa sukses dalam mencetak anakan blackthroat yang kalian impikan!.

Lansung aja ke pokok pembahasannya bisa kalian baca selengkapnya dibawah ini :

Tips Gampang Budidaya Burung Blackthroat Bagi Pemula


Persiapan Kandang

Kandang ternak yang kalian siapkan tentu menjadi aspek penting dan modal awal yg menjadi faktor penentu keberhasilan atau tidaknya, jadi temen-temen jangan menyepelekan dalam membuat atau menyiapkan kandang ternak.

beternak-blackthroat-dan-permasalahannya

Kalian harus amati terlebih dahulu dari segi ke-amanannya dan kenyamanannya, karena jika kandang bisa tergolong sudah aman dan nyaman tentu burung yg ditangkarkan juga pasti akan mudah untuk ber-reproduksi aktif dan sangat cepat ya.

Untuk pembuatan kandang ternak blackthroat ini yg aman disarankan mengguakan jeruji besi ataupun kawat yg kokoh, dan pastikan jauh dari gangguan tikus ataupun serangga lainnya yg bisa membahayakan burung yang sedang kita ternak ya, dan diusahakan juga pada bagian kaki pondasi dari kanang ki lumuri oli atau gemuk ya agar tidak bisa dilewati semut ya.

Karena serangga kecil yang satu ini jika menyerang burung kita juga sangat bahaya ya. Nah biar lebih amannya lagi agar di area kandang ternak kita tidak di ganggu semut ?. Temen-temen bisa membelinya obat inteksida pembasmi semut yg banyak dijual di toko-toko kios burung ya, jika sudah menggunakan obat serangga ini saya yakin tempat atau area penangkaran kalian aman dan bebas dari gangguan semut. Jika dalam hal persiapan kandang ternak ini sudah tidak ada masalah barulah ke tahapan selanjutnya.

Baca selengkapnya :  Manfaat Bawang Putih Untuk Burung Kicau

Tips Membedakan Burung Blackthroat Jantan Dan Betina

Nah sebelum ketahapan perjodohan tentu kalian harus mengetahui terlebih dahulu ya jenis kelamin si burung blackthroat tersebut, tentu caranya sangatlah mudah ya. Yang pertama temen-temen harus melihat dan amati tingkah lakunya si burung terlebih dahulu.

Untuk si jantannya tentu mampu mengeluarkan suara kicauan yg jauh lebih lantang, mengkristal dan jernih, nah jika sudah ketemu titik birahinya si burung jantan biasanya mampu berkicau ngotot sambil buksay atau (buka sayap).

Untuk ciri fisik (body) sang betina terlihat dan berbentuk lebih bulat ya, dari pada si jantannya, nah dari cenkraman kakinya saat berada di tangkringan juga harus kalian amati, untuk betina biasanya kurang mencengkram kuat ya, berbeda dengan si jantan, kakinya jika bertengger terlihat kokoh dan kuat ya.

Namun untuk segi kecerahan bulu dari warna si pejantannya ini lebih pekat, jika warna pada bulu si betina lebih cenderung memudar atau terlihat kurang jelas ya. Dan sorot mata si jantan jauh lebih tajam pastinya dari pada si betina yg biasa terlihat lebih sayu. Nah jika temen-temen sudah mampu dan paham membedakan antara si pejantan blackthroat ataupun si betinanya maka kita lanjut ke tahapan selanjutnya.

cara-menjodohkan-burung-blackthroat

Penjodohan Dan Pemberian Pakan Berkualitas

Di tahapan ini, jika kalian sudah menentukan indukan yang berkualitas dan kiranya sudah menjadi gacoan untuk di tangkar maka sebaiknya diperhatikan juga asupan pemberian pakan hariannya, biasanya porsi atau takarannya biasa, maka jika ingin diternakan tentu harus di tambah atau dibanyakin EF (ekstra fooding) seperti sayuran-sayuran sebagai sumber protein dan vitamin alami yg sangat baik dan bisa cepat memacu birahi burung tersebut ya.

Baca selengkapnya :  3 Jenis Burung Pentet Cendet Kontes, Pilis, Sembur, Gondrong

Nah untuk proses penjodohan ini bisanya memerlukan waktu kurang lebih satu bulan untuk masa pengenalan pasangannya ya, dengan jangka atau durasi tersebut tergolong cepat ya, bahkan ada yang lebih lama atau malahan jika kiranya burung tidak ada menandakan respon yang baik tentu tidak berjodoh dan harus di ganti pasangan dengan yang lain ya, karena tipe burung blackthroat ini salah satu burung yg tidak sembarangan dalam hal memilih pasangannya.

makanan-blackthroat

Proses Bertelur, Pengeraman Hingga Penetasan

Hal yang harus diperhatikan dan paling penting pada point pertama yg sudah kita bahas ya, namun ada tambahan sedikit untuk masalah penempatan kandang, usahakan posisi kandang di tempat yang bersuhu sejuk, tidak terlalu panas ataupun dingin ya. Karana jika lingkungan atau suhu di tempat tangkaran kalian sangat dingin maka burung juga akan sulit untuk melakukan pengeraman dan menetaskan telurnya.

sarang-burung-blackthroat

Jika si indukannya ini sudah mulai bertelur dan mulai mengeraminya biarkan saja, biasanya sampai kurun waktu 14 harian lah ya, jika sudah menetas juga biarkan saja jangan di pegang-pegang si anakannya ataupun di utak-atik oleh kalian ya, fokus saja kepada pemberian pakan yg berkualitas bagi indukannya yg nantinya akan meloloh sendiri anakannya, tentu dengan cara seperti lebih aman dan kalian juga tidak terlalu repot-repot dong untuk mengurusi anakan si baby ini setiap jam harus di loloh.. Bener nggak!. Jadi intinya berikan kepercayaan langsung pada indukannya saja ya, yang mengasuh dan membesarkan anaknya.

Demikianlah panduan mudah cara ternak burung blackthroat yg bisa kalian praktekan jika ingin mencobanya, semoga dapat bermanfaat. Sukses selalu kicau mania nusantara.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari