15 Makanan Jangkrik Agar Burung Kicau Tampil Maksimal

Diposting pada

Makanan jangkrik memang sangat sepele bagi para pemain burung kicauan, dan jarang terpikirkan bagi mereka untuk memberikan makanan untuk jangkrik yang setiap harinya diberikan oleh burung kicau kesayangannya.

Khususnya untuk jangkrik sebagai pakan harian untuk burung kicau seperti kacer, murai batu, cucak ijo dan masih banyak lagi yang lainnya yang setiap hari memakan serangga kecil ini.

Ya kali ini saya akan membongkar rahasia para pemain burung kicau dalam merawat burung gacoannya tentunya dalam hal pengolahan pakan yang diberikan ke jangkrik, yang nantinya akan diberikan kepada burung kita sendiri.

Apabila anda hobi dengan burung kicau, hal mudah seperti ini, harusnya jangan anda anggap enteng. Namun masih jarang orang mengetahui kanapa jangkrik harus diberi asupan makanan ?. Dan makanan yang sangat digemari oleh jangkrik ini seperti dedaunan sayur dan buah.

Beberapa asupan pakan yang baik untuk diberikan kepada jangkrik


1. Voer

Semua merk voer pastinya banyak mengandung vitamin, protein, nutrisi dan mineral yang berbeda-beda, ada baiknya anda memberikan voer untuk jangkrik sesuai dengan voer yang anda berikan kepada burung kicau rawatan anda, misalkan burung kacer anda diberikan voer topsong kuning, maka berikanlah voer tersebut juga kepada jangkrik.

Dengan cara ini agar lebih seimbang kandungan yang didapat dari Eksra Fooding itu sendiri.

2. Daun Singkong Muda

Banyak segudang manfaat daun ini jika dikonsumsi oleh manusia ataupun hewan, yang dapat meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh, berarti jika kita berikan kepada serangga kecil jangkrik juga pasti sangat baik tentunya.

daun-singkong

Cara menyajikannya, anda harus mencucinya terlebih dahulu daun singkongnya kemudian petik satu persatu pucuk daunnya saja dan buang tangkainya, lalu anda masukan kedalam wadah tempat penyimpanan jangkrik. Biasanya tidak selang dengan waktu lama daun singkong akan ludes di serbu oleh sang jangkrik yang sangat menyukai daun ini.

Baca selengkapnya :  Inilah Rahasia Perawatan Cucak Jenggot Agar Cepat Gacor

3. Daun Pepaya

Jangkrik juga sangat menyukai dedaunan yang satu ini. Daun pepaya ini juga sangat bagus untuk mengatasi masalah kesehatan kulit dan dapat meredakan nyeri atau masalah lainnya yang sedang diderita, baik juga sebagai obat yang mujarab dan baik juga untuk membuat rilek dan tenang suasana hati.

4. Daun Sawi

Daun ini ada 2 jenis, yaitu sawi putih dan hijau, kedua-duanya memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik. Dapat mendetoksin tubuh dan kaya anti oksidan, serta dapat sebagai anti-inflamasi.

daun-sawi

Dan saya menyarankan berikanlah sawi yang berwarna hijau untuk pakan jangkrik agar mendapat asupan yang cukup.

5. Daun Cabai

Daun ini sangat baik bila diberikan untuk jangkrik, yang dapat bermanfaat mencegah burung kicau kegemukan, yang banyak mengandung herbal sifatnya mampu mengobati burung anda yang sedang bermasalah atau terserang peyakit. Dan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk burung kicauan anda agar cepat untuk gacor (rajin berbunyi).

6. Daun Kangkung

Fungsi daun kangkung ini sering digunakan untuk mendongkrak birahi pada burung lovebird. Nah apabila kita sudah mengetahui tujuannya, boleh saja anda berikan kepada jangkrik.

Akan tetapi jangkrik yang telah mengkonsumsi kangkung tersebut khusus untuk diberikan kepada burung yang kurang fighter atau low birahi ya, jangan anda berikan kepada burung yang sudah gacor / tarung, yang ditakuti nantinya si burung tersebut akan over birahi bray.

7. Daun Bayam

Daun ini sangat baik untuk menurunkan tekanan darah, serta dapat membantu pertumbuhan imunitas dan daya tahan tubuh bagi burung kicau, cara penyajiannya tentu berbeda dari setiap masing-masing jenis burung.

Bagi burung yang memakan sayuran seperti burung love bird, boleh langsung memberikan daun bayem tersebut untuk dikonsumsi, namun untuk burung yang mengkonsumsi serangga, ya diberikan kepada serangga terseubt untuk disantap.

Baca selengkapnya :  Manfaat Laron Untuk Burung Berkicau Kacer dan Murai

8. Daun Binahong

Daun ini memang sangat sulit untuk ditemukan, dan tergolong daun yang langka. Namun ada banyak sekali khasiat yang dimiliki oleh daun binahong ini sob.

daun-binahong

Daun dikenal sebagai digunakan sebagai bahan pengobatan herbal segala macam penyakit, dan pastinya sangat cocok jika diberikan untuk dikonsumsi oleh jangkrik kita ya sob.

9. Singkong Rebus

Manfaat yang didapat dari singkong ini sungguh dasyat bray, dan sangat baik untuk kesehatan seperti melancarkan pencernaan, menurunkan berat badan dengan penuh kandungan serat dan kalori yang baik untuk tubuh dan dapat untuk mengobati diare.

Namun jika anda ingin diberikan untuk pakan jangkrik, ada baiknya rebuslah terlebih dahulu singkong tersebut, lalu boleh anda menyantapnya serta diberikan kepada jangkriknya.

10. Jagung Manis Muda

Manfaat dan kandungan dari jagung adalah asam float dan B12 yang dapat menurunkan sel dalam darah yang dikarenakan kekurangan vitamin. Serta mampu meningkatkan kadar vitamin A, baik untuk menangani masalah pada pencernaan.

Jagung ini juga sangat baik diberikan kepada jangkrik apabila burung anda terlihat lesu, yang memiliki badan kurus dan kurangnya nafsu makan.

11. Cabai Merah

Manfaat cabai ini juga sangat banyak bray, berikan cabai merah yang masih segar kepada jangkrik apabila burung anda kurang gacor, dan terserang parasit virus di dalam tubuhnya, serta mampu melancarkan pernapasan.

Dan sangat baik apabila burung kicau anda sedang mengalami suara yang serak. Agar dapat menjernihkan suara dan membuatnya tambah gacor.

12. Buah Pisang

Buah yang sering dijumpai ini ternyata memiliki kandungan vitamin yang baik serta sebagai sumber energi dan dapat mencegah segala macam penyakit tentunya.

buah-pisang

Jangkrik sangat menyukai buah pisang ini, berikanlah untuk pakan jangkrik, buah pisang yang sudah matang seperti kepok putih atau kuning.

13. Timun

Manfaat buah timun ini juga mampu membantu agar tubuh tetap terhidrasi, kecukupan asupan mineral dan mampu menurunkan birahi tekanan darah dan hipertensi yang mampu menurunkan berat badan.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Kolibri Wulung - Makanan, Harga Dan Suara

Berikan kepada jangkrik, buah timun ini: apabila burung kicau kesayangan anda terlihat terlalu over emosi.

14. Jahe Merah

Jahe ini juga memiliki khasiat yang sungguh luar biasa bagi kesehatan, dapat juga mengatasi masalah asam lambung pencernaan, mual yang bisa mengurangi rasa sakit, dapat mencegah peradangan dan yang pastinya jika diolah sebagai minuman yang sering dikenal sebagai bandrex atau wedang jahe, sudah pasti bahan yang utama yang digunakan adalah jahe merah om.

Jahe dapat menghangatkan tubuh dan sangat baik diberikan kepada jangkrik, yang nantinya dikonsumsi oleh burung kita. Berikan jahe ini pada cuaca ekstrem atau musim penghujan.

jahe-dan-kunyit

15. Kunyit

Manfaat kunyit ini hampir sama dengan jahe, dan sangat baik untuk pengobatan alternatif yang sering digunakan sebagai bahan dasar jamu gendong.

Lalu bagaimana jika kunyit ini kita berikan sebagai pakan jangkrik untuk makanan burung kita?. Ya tentunya sangat baik agar selalu dapat menjaga kesehatan burung kicau tersebut.

Dari 15 makanan jangkrik yang direferensikan berdasarkan penelitian dan pengalaman yang sudah saya alami. Anda boleh mencobanya satu persatu untuk merasakan efek yang pas dan sesuai dengan harapan dan keinginan anda.

Berikanlah olahan pakan dengan kualitas terbaik jika burung anda ingin menjadi yang terbaik tentunya. Dalam pemberiannya anda dapat memvariasikan ataupun lebih konsisten dalam memberikan asupan pakannya setiap hari. Jika dikiranya sudah cocok dengan asupan tersebut, sebaiknya anda harus terus konsisten dalam memberikannya.

Baca juga artikel lainnya : Cara Pemberian Jangkrik yang Benar untuk Burung Kicau

Demikian Pengalaman yang dapat kami berikan, sekiranya dapat membantu dan menambah pengetahuan anda dalam dunia kicau saat ini. Semoga bermanfaat, terima kasih.