Rahasia Sukses Budidaya Burung Cendet

Diposting pada

Tentunya dengan perawatan harian yang baik dan benar om bos. Untuk perawatan pada umumnya terbagi menjadi 4 yaitu : perawatan harian, lomba, mabung, budidaya. Setap masing-masing perawatan yang diterapkan pastinya berbeda-beda.

Burung cendet memiliki ukuran sekitar 20-25 cm. Bagian ujung paruhnya membentuk kait seperti burung falkon. Bagaimana om bos ?.. Tertarik untuk mencoba ternak burung cendet?.. Ini langkah-langkahnya akan dibahas lengkap dibawah ini :

5 Cara Mudah Beternak Burung Cendet – (Pentet)

1. Persiapan Kandang

Dalam ternak burung cendet hal pertama yang harus disiapkan yaitu kandang. Kandang burung cendet sebaiknya dibuat luas, ukuran rekomendasi untuk ukuran kandang ternak burung cendet yaitu minimal 90 x 90 x 180 cm, semakin luas kandang semakin bagus, hal ini dikarenakan burung cendet merupakan burung predator.

Persiapan-Kandang

Rumput-rumput kering dan ranting kecil biasanya sering dijadikan sebagai sarang. Desainlah kandang sebagus dan senyaman mungkin yang dimana pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik sangat dibutuhkan untuk membantu proses jalannya ternak burung ini agar menjadi lancar.

2. Memilih indukan

Sebelum om bos memilih indukan untuk burung cendet, ada baiknya om bos harus mengetahui terlebih dahulu jenis kelamin burung cendet tersebut tentunya. Begini cara membedakan cendet jantan dan betina :

cara-membedakan-cendet-jantan-dan-betina

Jika kandang sudah dipersiapkan, proses ternak burung cendet selanjutnya yaitu memilih indukan yang bagus. Beberapa patokan yang dapat digunakan untuk mebedakan burung jantan dan betina yaitu kepala burung cendet jantan lebih ceper dan datar serta memiliki warna tubuh yang lebih bagus dan mengkilat dibandingkan dengan burung betina.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Ternak Jalak Kebo

3. Proses menjodohkan

Perhatikan perilaku keduanya. Jangan terlalu tergesah-gesa untuk memaksakan apabila kedua indukan belum menandakan yang menjadi jodohannya.

Pada tahap awal proses perjodohan, burung akan sering bertengkar, mengingat burung cendet merupakan burung petarung, hal ini sangat wajar terjadi. Jika burung jantan sudah mulai mendominasi maka proses perjodohan menunjukan tanda-tanda keberhasilan karena burung betina akan lebih mengalah.

4. Memberi pakan

Perhatiakan dalam hal pemberian pakan pada burung cendet yang sedang di tangkar selama masa perjodohan. Pakan yang bisa diberikan dalam sehari yaitu berupa 50 ekor jangkrik, satu sendok ulat hongkong, untuk menaikan birahi dengan menggunakan full EF dan ditambah dua sendok makan ulat kandang untuk mendukung keberhasilan proses perjodohan.

makanan-burung-cendet

Jangan sampai telat pula untuk menyediakan air minum. Catatan : dalam memberikan pakan harian cendet tentunya dibedakan dengan pola pakan untuk cendet yang ingin atau sedang di tangkar.

5. Merawat telur dan anakan

Burung cendet bertelur antara 2-3 butir, dan beberapa bahkan terkadang ada yang menghasilkan 6 butir telur. warna telur burung cendet hampir mirip dengan warna telur burung kacer.

Merawat-telur-burung-cendet

Berapa lama telur burung cendet menetas ?. Biasanya menetas pada hari ke 14-21. Namun bagaimana cara menetaskan telur burung pentet, didalam kandang tangkar baiknya diberikan lampu untuk menghangatkan telur yang bertujuan agar cepat menetas.

Jika telur sudah terlihat menetas segara berikan pakan tambahan berupa jangkrik, ulat hongkong, belalang, kroto, cacing, ulat bambu, kelabang dan lain-lain, pemberian pakan juga harus disesuaikan dengan kebutuhan burung.

merawat-anakan-burung-cendet

Namun jika dilihat dari segi bisnis sangat prospek budidaya pentet. Dan di analisa sesuai harga burung pentet / cendet yang akan laku dipasaran beserta harganya relatif terjangkau untuk kalangan kicau mania kelas bawah dan menengah.

Baca selengkapnya :  3 Tips Jitu Ternak Burung Prenjak

Berikut harga burung cendet terbaru :

  • Cendet Madura mulai dari Rp 75.000 dan yang paling mahal seharga Rp 250.000.
  • Cendet Raja bisa didapat pada kisaran Rp 100.000 hingga Rp 300.000.
  • Cendet yang sudah gacor lebih mahal dari yang masih bakalan, harga tergantung dari jenisnya, tempat lokasi masing-masing.

Dan apabila om bos dapat berhasil membudidaya burung cendet ini, yang pastinya akan menjadi dapur yang sangat membantu dan menambah penghasilan yang lumayan untuk om bos.

Dalam beternak burung cendet memang kelihatannya cukup mudah dilakukan, akan tetapi sangat sulit untuk dipraktekan – namun kita juga perlu ketlatenan dalam merawatnya agar burung tetap produktif dan menghasilkan anakan yang berkualitas.

Demikian sedikit informasi yang dapat kami berikan sesuai dengan pengalaman yang ada dilapangan – Semoga bermanfaat.