Bahaya Pemberian Kroto Pada Murai Batu

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, kembali lagi masih bersama kami di website resmi Kacer.Co.Id yang selalu konsisten membahas informasi terbaru tentang seputar dunia burung kicau. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang bahaya pemberian kroto pada murai batu, yang dimana tidak sedikit para hobiis murai maniak ini yang masih belum mengetahuinya.

Manfaat dari pemberian kroto ini memang sangatlah bagus ya temen-temen, apalagi khusus diberikan kepada burung gacoan murai batu, yang pastinya dapat melengkapi gizi dan nutrisi yang baik, dengan birahi si burung menjadi stabil dan gacor, serta masih banyak lagi manfaat dari kroto tersebut jika di konsumsi oleh setiap jenis burung kicauan.

gambar-kroto-berkualitas-baik

Kroto dapat menimbulkan dampak buruk bagi murai batu

Namun disini saya tidak akan membahas secara detail manfaat dari keroto. Melainkan bahaya pemberian keroto pada murai batu ya !. Lho kok banyak manfaatnya bisa menimbulkan bumerang dan efek yang bisa berbahaya ?. Kenapa bisa seperti ini.

Ada kasus yang sedang viral pada burung lomba yang sedang digantang di arena kontes besar tiba-tiba bisa manti mendadak ?. Dan setelah dianalisa dan di proscek diwaktu pagi sebelum digantang burung kontes ini diberikan kroto kotor dan kondisinya juga sudah kurang baik yang diberikan kepada murainya, dan mungkin dengan tersedak kotoran yang termakan oleh si burung ini tersumbat di saluran pernafasan yang dipaksa untuk burung dinaikan kegantangan dan hasilnya malah seperti senjata makan tuan bagi sipemiliknya.

kroto-fresh

Pengalaman ini kita ambil sebagai pelajaran tentunya dimana si kroto ini akan menjadi berbahaya jika kita berikan kepada burung khususnya untuk murai batu jika si kroto tersebut apabila tidak dibersihkan terlebih dahulu. Terkadang memang si penjual dari kios-kios yang malas membersihkannya, yang dimana kroto tersebut masih dalam keadaan kotor, seperti halnya banyak kotoran seperti semut kering, kayu-kayu kecil, pasir atau batu-batu yang tidak sengaja bisa bercampur dengan kroto tersebut.

Baca selengkapnya :  Tips Merawat Kenari Jantan Dari Anakan Agar Cepat Gacor

Cara pemberian kroto yang baik

Sebelum anda membeli kroto di kios pakan burung terdekat, biasakan anda harus menanyakan terlebih dahulu kepada si penjualnya, kroto ini baru dan segar atau sudah nginep atau sisaan kemarin!. Diusahakan carilah kroto yang baru datang yang di kirim dari pengepul pakan keroto ini dikiosnya, biasanya ada jam-jam tertentu si kroto ini datang untuk disetor ke kekios. Dalam kondisi seperti ini bisa dibilang kroto yang ada masih dalam kondisi yang fresh.

kroto-segar

Akan tetapi jika anda tidak mengetahuinya juga tidak masalah, adapun dengan cara secara langsung melihat bentuk fisik dari kroto tersebut apakah masih putih segar dan tidak berbau, jika anda cium aroma keroto sudah bau berarti kroto sudah jelek, dan sebaiknya jangan dibeli apalagi diberikan kepada burung murai batu kita.

Jadi anda sebagai pemilik harus memperhatikannya dengan teliti apapun yang anda berikan kepada burung kesayangan baik itu pakan harian ataupun pakan tambahan EF seperti kroto ini juga harus dijaga kebersihannya.

Pakan kroto dalam kondisi yang bersih (segar) fresh tentu sangat disukai oleh murai batu, hingga terkadang tidak lagi tersisa dan habis total memakannya berarti kroto yang anda berikan inilah sudah pasti berkualitas baik serta dalam kondisi yang bersih dan segar.

Demikian informasi padat singkat dan jelas berdasarkan pengalaman dari para temen-temen kicau mania semua tentang bahaya pemberian kroto jika salah dalam memberikannya, semoga dapat bermanfaat.

Baca artikel lainnya :

√ Memilih Kerodong Yang Tepat Untuk Burung Murai Batu
√ Efek Samping Pemberian Ulat Hongkong Untuk Murai Batu
√ Cara Mengatasi Masalah Burung Murai Batu Cabut Bulu
√ Cara Mudah Mengatasi Murai Batu Ngeriwik Pasca Mabung