Makanan Yang Bagus Untuk Burung Merpati

Diposting pada
Rate this post

makanan burung merpati – Halo sobat Kacer.Co.Id semua ?. Bagaimana kabarnya !. Jumpa lagi kita di saluran website sebagai media sharing yang selalu konsisten memberikan tips dan informasi yg bermanfaat, nah di kesempatan kali ini kami akan berbagi tips mengenal jenis makanan burung merpati yang aman dan sehat untuk di konsumsi harian ataupun setingan lombanya.

Khusus bagi yang masih pemula disini, saya tekankan lagi ya dalam segi rawatan pemberian pakan tidak boleh asal-asalan, karena apapun jenis pakannya yang kalian berikan kepada burung tersebut tentu sangatlah berpengaruh besar untuk fisik, kesehatan serta kesiapan burung saat dilapangan. Nah kita sebagai perawat dan pemilik tentu harus bijak ya dan memberikan yg terbaik untuk perawatan hariannya serta makanan yang berkualitas yang dibutuhkan si burung pastinya.

Oke tanpa banyak basa-basi lagi, yuk mendingan kita simak aja langsung informasi selengkapnya dibawah ini :

Apa Saja Makanan Burung Merpati


Jagung

Jenis pakan biji-bijian alami yang memiliki kandungan karbohidrat yang sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh burung ya, nah biasanya penghobi burung merpati ini memberikan asupan pakan ini sebagai pakan harian (pokok) wajib ya, tinggal saja untuk takarannya di sesuaikan dengan karakter burungnya masing-masing.

Sumber karbohidrat yang ada pada jagung ini bisa menjadikan sumber energi serta melancarkan pencernaan (metabolisme), serta menstabilkan burung ketika saat terbang dan berreproduksi ketika ingin di kawinkan / diternak ya.

makanan-merpati-biar-cepat-gemuk

Beras Merah

Hal yg harus kalian ketahui makanan burung merpati selain jagung adalah beras merah ya, kenapa disrankan dalam hal pemberian beras merah ?. Kenapa tidak beras putih !. Nah disini akan kita bahas ya, beras merah ini memiliki vitamin yang jauh lebih baik dan lengkap ketimbang beras putih temen-temen. Karena banyak sekali mengandung vitamin B, zat besi dan magnesium yang baik bagi kesehatan burung ya agar tidak mudah terserang penyakit.

Baca selengkapnya :  Inilah Suara Ancaman Murai Batu Wajib Punya Untuk Burung Lomba

Khasiat yg dimiliki oleh pakan beras merah ini bagi burung merpati bisa sebagai pemulihan tenaga ketika burung kelelahan setelah di adu kelapangan, dan bisa juga sebagai pembetukan syaraf organ jika kondisi burung masih anakan / bahan ya.

makanan-anak-burung-merpati

Kacang Kedelai

Untuk salah satu makanan penambah stamina merpati tentu sudah kalian ketahui serta mudah untuk di dapatkan ya temen-temen yaitu kacang kedelai yang biasa digunakan sebagai bahan dasar dari tempe ataupun susu, dengan asupan dan kandungan vitamin, protein yang dimilikinya sangat baik bagi kesehatan burung ya.

makanan-penambah-stamina-merpati

Kacang Tanah

Nah untuk kacang tanah ini bisa dikatakan sebagai pakan merpati tinggian yang bagus, yang sering dipakai / digunakan bagi para master ataupun pemain lama yg sudah senior pasti menggunakan atau memberikan makanan ini untuk burung gacoannya agar bisa lebih memiliki stamina dan kestabilan saat melambung di udara.

pakan-merpati-tinggian-yang-bagus

Kacang Ijo

Jika burung merpati temen-temen memiliki body atau tubuhnya terlihat kurus, tentu perlu dicoba ya makanan merpati biar cepat gemuk kalian bisa memberikannya kacang ijo, namun jangan dikasihkannya setiap hari, yg dikhawatirkan burung takut over dan bisa obesitas nantinya. Cukup takaran setingan pemberian pakan kacang ijo ini dalam kurung waktu seminggu 1 – 2 kali saja ya temen-temen.

makanan-kesukaan-burung-merpati

Baca juga : cara memilih burung merpati kolong

Wajib Tahu Kapan Jadwal Makan Burung Merpati ?

Nah kira-kira kapan waktu yg tepat untuk memberikan pakan kepada burung merpati, khususnya bagi burung kolongan ya, saya menyarankan berilah setelah selesai burung setelah di lombakan atau main dari lapangan (latihan kolong) ya.

Baik itu walaupun pagi selesainya siang atau sore. Jadi kenapa saya ketika burung selesai main baru diberi makan teman-teman ?. Kalau kita memberikan makan burung merpati sebelum latihan tentu burung akan menjadi kekenyangan, kemudian burung malas terbang dan yang ketiga pasti burung kalau kita Lepas Itu kebanyakan hinggap kemana-mana nantinya, karena sebab karena kekenyangan itu tadi ya.

Baca selengkapnya :  Cara Mengatasi Burung Kacer Takut Juri Saat Dilombakan

Jadi kenapa saya, selalu membiasakan burung setelah main itu baru dikasih pakan, tentu burung makannya lahap banget kalau setelah burung dimainin dan diberi makan itu, selain itu tidak mengganggu aktivitas dari burung untuk istirahat teman-teman jadi selesai dia makan baru kita bisa istirahatkan burungnya ya. Nah setelah itu kalian juga jangan sampai lupa untuk memberinya minuman burung merpati dengan air mineral / matang yang bersih dan segar ya.

Oke Demikianlah tips singkat, padat dan jelas seputar makanan burung merpati, semoga bisa di ambil segi positifnya dan manfaatnya bagi temen-temen semua ya.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari