Tips Mudah Memelihara Burung Ciblek Untuk Lomba

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, apa kabarnya sobat kicau semua ?. Kembali lagi situs resmi Kacer.Co.ID yang selalu update info seuptar dunia burung kicauan, karena gantangan sudah mulai dibuka kembali serempak di tanggal 7 juni 2020 kemarin, antusias dari para kicau mania sangat senang sekali walaupun harus mengikuti standarisasi protokol kesehatan ya.

Walaupun negara kita sedang prihatin karena wabah si covid-19 tentunya tidak menyurutkan semangat dan mental para pemain burung gantangan, asalkan tertib dan menjaga jarak, menggunakan masker ya inshallah aman-aman aja.

Kembali kepokok bahasan, kali ini kami akan berbagi tips mudah memelihara burung ciblek untuk lomba, khususnya untuk para ciblek mania nih yang sering mencari setingan yang tepat agar burung gacoannya bisa stabil dan ngebren durasi ketika di gantang. Penasaran !. Yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini :

Cara sederhana merawat ciblek agar menjadi juara kontes


karakter-burung-ciblek

Karakter burung ciblek

Akan lebih maksimal jika temen-temen sebelum merawat burung ciblek untuk dijadikan sebagai gacaoan lomba harus mengetahui karakter burung tersebut di alam liarnya, ataupun habitat alam yang ada pada umumnya, yang dapat kita analisa dan amati, agar nanti untuk mengikuti kemauan dan kebiasaan si burung sangat mudah.

Rata-rata burung ciblek ini sangat senang berkembang biak di daerah persawahan, bukit, ladang terbuka dan gunung-gunung kecil ataupun bukit, yang tidak begitu rimbun atau lebat pepohonannya dan cenderung di tempat yang daerahnya bersuhu panas.

Makanan utama yang disukai

Dengan anda mengetahui dari makanan utama apa yang paling disukai oleh jenis burung ini tentunya, pakan utama harian burung ini sangat menyukai ulat-ulat kecil, seperti ulat daun atau pohon, ulat kandang dan ulat hongkong.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Poksay Jambul Putih

Dengan anda sudah mengetahui makanan utama dari burung ini, tentunya sangat mudah untuk anda merawatnya dengan baik dan maksimal setiap harinya dengan selalu memberikan apa yang dibutuhkan oleh si mungil bersuara ngebren tembakan ini.

makanan-burung-ciblek

Perawatan Harian


Dalam memberikan perwatan burung kicauan harian memang tidak berbeda jauh denga burung jenis lainnya, khususnya untuk burung ciblek ini, akan tetapi ada beberapa hal yang sedikit berbeda berdasarkan pengalaman para pemain ciblek mania yang sudah membuktikannya dan berhasil membuat ciblek menjadi stabil dan gacor, karena jika salah rawatan yang anda berikan buaknnya mendapatkan hasil yang baik malah bisa-bisa si ciblek ini rusak.

Jika burung ciblek dengan kondisi yang sudah rusak karena salah rawatan, maka tentunya akan sulit lagi untuk di kembalikan / dipulihkan mental tempur dan macet bunyi yang berkepanjangan.

Cara memandikan

Hal yang harus dihindari dalam memberikan perawatannya, jangan sekali-kali memandikan burung ciblek ini setelah burung dijemur, karena akan berakibat fatal dan membuat si burung bisa stres, dan birahinya tidak stabil, macet bunyi drop, bahkan bisa sakit. Namun bagaimana cara memandikan yang tepat untuk burung ini ?.

Agar mendapatkan dan memberikan rasa nyaman kepada si burung ciblek ini saat mandi, maka semprotlah sedikit saja mengguanak spray untuk pancingan, lalu sediakan cepuk mandi burung di dalam sangkarnya untuk dapat mandi sendiri, intinya tidak memaksakan dengan menyemprotnya sampai basah kuyup ya!. Biasakan si burung agar mandi sendiri di dalam sangkarnya.

Cara pemberian pakan

Namun untuk makanan yang aman untuk dikonsumsi burung ciblek ini selain ulat-ulatan, kroto juga sangat baik diberikan namun hanya sedikit saja ya !. Tidak disarankan mengasih kroto burung ciblek ini dengan takaran yang berlebihan.

Baca selengkapnya :  Alasan Memilih Kapas Tembak Sebagai Burung Masteran Terbaik

Karena akan berdampak buruk pada mental dan fisik si burung, yang dimana bulu akan sering berjatuhan nyulam tidak akan pernah berhenti, dan ketika ketemu sejenis atau musuhnya akan kurang fighter dan tidak mau memainkan ekor dengan gaya naik turun dan ngebrennya, dan gaya matung seperti kehilangan mental tempurnya malah.

Itulah gejala-gejala yang akan diakibatkan karena ciblek ini jika terlalu banyak makan kroto. Walaupun anda memaksakan dalam memberikan kroto ini, maksimal 1 minggu sekali saja dan itupun hanya sedikit sekali yang diberikan waktu ketika burung itu di jemur, dengan takaran porsi 3 – 5 butir telur kroto yang masih segar (fresh).

Intinya hati-hati dalam pemberian kroto dengan takaran yang berlebih, karena pakan utama si burung ciblek ini adalah ulat, dan wajib anda berikan setiap hari pakan ulat hongkong yang masih kecil-kecil ataupun yang masih muda berwarna putih, kepala si ulat hongkong ini harus dibuang, berikanlah porsi ulat hongkong ini secara konsisten dan berkesinambungan, jangan merubah-rubah takaran yang biasa anda berikan setiap harinya.

Cara menjemur

Sebelum burung ciblek ini melakukan penjemuran, ada baiknya diberikan pakan tambahan EF terlebih dahulu. Misalkan pada umumnya dalam memberikan EF untuk burung ciblek ini, pada waktu pagi hari cukup berikan 3 ekor ulat hongkong dan 2 ekor jangkrik yang kecil-kecil.

penjemuran-burung-ciblek

Karena sifat dari burung ciblek ini memiliki suhu yang panas, jadi wajib bagi anda untuk mejemurnya setiap hari dengan waktu yang telah ditentukan. Jemurlah burung dengan durasi yang cukup lama (penjemuran kencang) sekitar 3 – 4 jam perharinya.

Karena dari penjemuran yang maksimal ini akan mempengaruhi terhadap mental si burung ciblek itu sendiri, yang dapat memiliki mental baja dan siap tempur dengan mengluarkan semua kemampuannya dengan optimal.

Baca selengkapnya :  Apa itu burung Kutilang Jambul ?. Berikut Penjelasan (Lengkap)

Jika pola rawatan dalam memelihara burung ciblek ini anda terapkan dengan rutin, rajin dan konsisten setiap harinya, maka anda dengan mudah akan mencetak burung ciblek gacoan anda akan menjadi juara lomba. Selama mencoba dan mempraktekan apa yang telah dijelaskan diatas, semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.

Baca Juga : Makanan Burung Ciblek Agar Gacor Ngebren