5 Jenis Makanan Burung Ciblek Agar Gacor Ngebren Siang Malam

Diposting pada

makanan burung ciblek – cara melatih ciblek ngebren panjang tentu tidak semudah yang dibayangkan, semua butuh proses dari perawatan yang maksimal dalam memberikan pakan harian yang berkualitas, setingan mandi, jemur, dan lainnya.

Banyak para kicau yang masih pemula yang bingung bagaimana cara yang tepat dalam memberikan pakan harian ataupun setingan lomba yang baik untuk burung ciblek ini. Makanan burung ciblek di alam liar ini yang sangat disukai adalah serangga-serangga kecil seperti ulat, rayap, laba-laba kecil, telur semut (kroto), dan jangkrik kecil.

Tips Makanan Terbaik Untuk Burung Ciblek


1. Ulat Hongkong

Untuk tipe jenis burung ciblek ini yang memiliki suhu tubuh yang panas, sangat baik jika mengkonsumsi ulat hongkong setiap harinya dengan takeran yang pas, misalkan anda memberikannya ulat hongkong ini sesuai kebiasaan dan kesangguapan burung untuk memakan kroto tiap harinya.

Boleh anda berikan ulat hongkong 5 ekor dipagi hari dan sore 5 ekor, agar dapat menstabilkan kondisi kebutuhan asupan yang kurang agar bisa tercukupi.

ulat-hongkong

2. Kroto

Banyak manfaat dan kandungan gizi yang ada pada kroto atau telur semut ini, yang dimana mengandung nutrisi yang sangat tinggi, sifatnya untuk menggacorkan burung ciblek ini. Ingat sebelum memberikan kroto pada burung ciblek, harusnya anda bersihkan terlebih dahulu kotoran-kotoran yang menempel pada telur-telur semut tersebut.

Biasakan dalam memberikan kroto pada burung dalam kondisi yang masih segar ya, jangan yang sudah bau atau mau basi, dikhawatirkan jika memkasakan untuk memberkan kroto yang sudah tidak fresh ini akan berakibat fatal dan berdampak buruk yang akan menjadi bumerang untuk kita sendiri. Berikan kroto cukup 1 minggu sekali saja.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Burung Bubut (Makanan, Harga Dan Suara)

kroto-segar

3. Jangkrik

Extrafooding jangkrik ini sangat baik jika diberikan kepada burung ciblek, yang dimana manfaat dan kandungan yang dimiliki oleh jangkrik itu sendiri banyak mengandung protein hewani, omega 3, 6, dan 9 yang dapat meningkatkan stamina tubuh agar selalu energik gesit dan lincah.

Berikanlah jangkrik yang berukuran kecil-kecil saja, yang terjangkau untuk langsung dimakan oleh si burung, berikan secara rutin setiap hari : pagi 1 ekor dan sore 1 ekor saja.

jangkrik

4. Voer

Sediakanlah voer setiap harinya, karena manfaat kandungan yang dimiliki oleh voer tersebut sudah mampu melengkapi gizi, nutrisi alami yang dibutuhkan oleh si ciblek itu sendiri.

leopard

Namun voer leopard untuk ciblek sebaiknya diberikan untuk pakan harian, pilihlah jenis voer yang halus agar dapat memudahkan si burung kecil ini untuk memakannya, cek kualitas voer setiap harinya, jika sudah tidak layak atau sudah ada di dalam cepuk pakan selama 3 hari, walaupun belum habis ada baiknya diganti yang masih fresh, agar si burung tidak ada masalah dalam pencernaan kesehatannya.

voer dorodod edan ciblek biasa sering digunakan sebagai setingan untuk tampil dilapangan atau arena kontes yang bertujuan agar dapat menjadikan burung cepat buka paruh dan gacor maksimal, serta bisa membuat uara menjadi ngempal dan kuat volumenya saat di lombakan. Bagusnya voer dorodod edan ini diberikan ketika di H-6 sampai hari H.

dorodod-edan

5. Telur Rebus

Telur rebusan yang baik diberikan kepada burung jenis ini sebaiknya, telur ayam ataupun telur burung puyuh yan dimana harus sudah matang direbus dengan air, tiriskan hingga dingin, kemudain dikupas ataupun dibelah menjadi dua bagian, berikan setengahnya saja dari telur tersebut.

telur-rebus

Untuk pemberiannya bisa di kombinasi, misalkan hari senin diberikan telur puyuh rebus, dan kemudian hari sabtunya dikasih telur ayam rebus, maksimal satu minggu dua kali. Karena manfaat dasar pemberian telur rebus ini dapat meningkatkan metabolisme dan mampu mendongkrak energi pada burung kicauan khususnya untuk burung ciblek ini.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Memahami Karakter Dasar Burung Love Bird

minuman burung ciblek agar gacor salah satu yang bisa siapkan oleh para pemain ciblek mania ini seperti : rebusan air mengkudu dan air jahe yang diolah dengan baik biasanya saat pemberian air minum ini di selang seling, maksimalnya seminggu 2 kali saja.

Tujuan dari pemberian minuman ekstra bertenaga ini agar burung lebih memiliki power dan stamina yang baik, menjernihkan suara kicauan, dan dapat membuat tubuh sehat, meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang oleh virus atau parasit jahat yang dapat membuat si ciblek bisa sakit.

Baca juga : Cara Memilih Ciblek Jawara