Cara Merawat Burung Kenari Nyilet

Diposting pada
Rate this post

Pada kesempatan kali ini situs resmi Kacer.Co.Id akan memberikan tips cara merawat burung kenari nyilet, nah bagi temen-temen kenari mania yang masih pemula tentu belum mengetahui atau mengenal apa sih itu nyilet ?.

Saya akan memberikan tips cara mengatasi kenari nyilet ya teman-teman kenari nyilet itu adalah kenari yang lagi sakit dan badan nya itu terlihat kurus ya teman-teman kalau terlalu kurus itu sering dikeal dan disebut kenari nyilet dan bagaimana cara mengatasinya berdasarkan pengalaman pribadi, dan sudah terbukti ampuh dan cepat sembuh ya.

Oke tanpa harus banyak basa-basi lagi, yuk kita langsung akan ke pokok pembahasannya, bagaimana cara merawat burung kenari nyilet :

Kenapa Burung Kenari Bisa Terserang Penyakit Nyilet ?


Tips Mengetahui Ciri Kenari Nyilet

Jangan main asal tebak aja ya, burung lesu atau tidak mau gacor langsung divonis terkena nyilet, nah sebelum kalian menuduh burung kenari itu nyilet atau tidaknya sebaiknya harus mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri kenari itu nyilet seperti apa ?.

Oke biasanya saya kalau ada kenari yang sedang sakit, terlihat lemas, lesu kurang aktif dalam beraktifitas apalagi berkicau ya, dan cara yang tepat untuk mengetahui kenari ini nyilet atau tidak !.

Ya nanti kita ambil dan kita pegang langsung saja badan atau tubuhnya dan kita cek di dalamnya kita raba-raba badannya serta di dilihat apakah berbentuk lurus kurus tulang pada bagian dadanya seperti silet ?. Dan jika iya sudah pasti burung kalian terjangkit penyakit nyilet ya temen-temen.

Baca selengkapnya :  Cara Menjinakan Burung Gelatik Batu Giras dengan Mudah

ciri-kenari-nyilet

Penyebab Kenari Nyilet

Ada banyak faktor kenapa burung kenari kesayangan kalian bisa nyilet ?. Yang pertama kurang perhatian dalam hal segi pemberian pakan, mungkin saja jenis pakan yang temen-temen kasihkan selama ini kurang terjamin kandungan asupan gizi, sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh burung kenarinya.

Dan bisa juga karena terjangkit virus yang menular baik dari udara, ataupun sesama jenis unggas khususnya burung kicauan lainnya, dan juga bisa karena kurangnya memperhatikan kebersihan kandang dari kotoran, atau wadah pakan dan minum yang jarang dibersihkan, bahkan dari kerodong yang jarang di cuci ya, itu mungkin saja salah satu penyebabnya.

Jadi intinya kalian sebagai perawat harus telaten dan rutin memberikan pakan harian yang berkualitas serta selalu menjaga kebersihan agar si burung selalu sehat.

baca juga : cara membuat kenari gacor siang malam

Obat Kenari Nyilet Paling Ampuh

Ada banyak tipe dan jenis merk obat untuk burung kicau yang sedang sakit nyilet, baik itu yg dijual di toko kios pakan burung, ataupun kalian bisa membelinya di media toko online seperti toped, shopee dan lainnya, berikut daftar beberapa obat yang kami rekomendasikan baik dan aman serta ampuh untuk mengatasi penyakit nyilet beserta harganya :

  • Sempati VIT : Rp 10.000-
  • Anti Kurus Untuk Ocehan Rp 10.000-
  • Obat Cacing Sempati : Rp 19.000-
  • D2K Obat Burung Nyilet & Kurus : Rp 11.500-
  • Megabac – S : Rp 129.900-
  • X-WORM : Rp 10.000-
  • Vita Love : Rp 37.900-
  • Anti Nyilet : Rp 20.000-
  • Maestro Prominent Keel : Rp 20.000-
  • Spektra Obat Burung : Rp 15.000-

Dan untuk pengalaman pribadi saya biasanya menggunakan obat Spektra ya teman-temannya, karena selain harganya yang terjangkau khasiatnya juga sangat baik dan sudah saya rasakan sendiri hasilnya, maaf bukannya promosi ya, namun jika temen-temen ada yang ingin mencoba jenis merk lainnya juga tidak masalah ya, asalkan cocok, manjur dan sesuai dengan kemampuan kalian masing-masing.

Baca selengkapnya :  Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang

obat-kenari-nyilet-paling-ampuh

Tips Perawatan Khusus Untuk Burung Kenari Yang Sedang Nyilet

Hal yang pertama yang harus diperhatikan disini adalah pemberian pakan hariannya ya, nah untuk jenis makanan untuk menggemukan kenari tentu bisa kalian kasihkan pakan telur puyuh rebus, ataupun jenis makanan yang pro ataupun high class gitu ya seperti pakan kenari smart choice Royal Canary Belgian Formula, nah dengan makanan berkualitas seperti itu maka akan cepat dalam masa pemulihan burung kenari kesayangan kalian ya,

karena banyak sekali mengandung vitamin, protein dan mineral serta nutrisi yang komplit, dan sangat baik dan dibutuhkan oleh burung kenari anda.

makanan-untuk-menggemukan-kenari

Selain pemberian pakan, burung juga harus kita isolasikan ya di tempat yang tenang, dan jauhkan dari jenis burung kenari gacor lainnya, dikhawatirkan burung kenari yang sedang sakit nyilet ini karena fisik dan staminanya sedang menurun maka mentalnya juga yang ditakuti bisa tambah drop nantinya. Dan kenari yang sedang nyilet ini tidak boleh dimandikan apalagi di jemur ya,

biarkan burung beristirahat dengan tenang dan di full kerodong saja, namun kebersihan wadah pakan dan minum juga harus diganti setiap hari, pakan harus selalu fresh ya, kotoran kandang wajib dibersihkan setiap harinya serta pemberian obat nyilet yang sudah dijelaskan diatas juga harus kalian kasihkan seusai dengan anjuran pemakaiannya ya, agar aman.

Oke itu saja tips cara merawat burung kenari nyilet, yang bisa kami share kepada temen-temen kenari mania, selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat ya, salam kicau mania. Terima kasih.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari