Tips Mendapatkan Stamina Burung Murai Tanpa Umbaran

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, halo sobat kicau mania.. Apa kabar semuanya. Masih tetap bersama situs resmi Kacer.Co.ID yang selalu update informasi berita seputar dunia burung kicau terbaru yang patut untuk anda jadikan sebagai refernsi dalam merawat burung kicau kesayangan anda.

Pada pembahasan kali ini saya akan membahas bagaimana caranya untuk mendapatkan stamina bagi burung murai batu tanpa menggunakan kandang umbaran ?. Penasaran yuk simak ulasan selengkapnya sampai habis agar tidak gagal paham : Disini ada dua cara ya untuk mendapatkan stamina untuk burung murai batu kita apabila ditrek atau digantang akan bekerja dengan maksimal.

Cara alamiah

Tips yang pertama ini dengan menggunakan cara alami ini tentunya yang dapat temen-temen lakukan dirumah dengan mudah, yang intinya ini tidak terlalu merepotkan akan tetapi butuh pengawasan extra agar mendapatkan hasil yang baik. Ya semua pemain burung murai batu ini, berikut dari anda juga pasti mengharapkan memiliki burung yang memiliki stamina yang bagus dengan cara fisik akan tetapi tidak menggunakan umbaran.

penjemuran-murai-batu

Karena pada dasarnya, apabila burung dilatih secara konsisten di dalam kandang umbaran baik dalam jangka waktu yang lama dan tentunya siburung sudah terbiasa di umbar, otomatis mempunyai fisik dan stamina yang kuat, namun banyak sekali dari para hobiis ini banyak yang tidak memiliki fasilitas bagaimana? , jika rumah anda terlalu sempit dan tidak ada ruangan yang membuat tempat untuk kandang umbaran tersebut!. Apakah burung anda yang tidak dilatih dikandang umbaran akan kalah saing dengan yang secara konsisten dan teratur menggunakan kandang umbaran ?.

Baca selengkapnya :  Inilah Spesifik Burung Wambi, Habitat, Ciri, Suara, wambie

Tentunya masih ada cara lainnya yang dapat anda tempuh, jangan khawatir sobat ya, masih banyak jalan menuju roma. Pilihlah alternatif lain untuk mencapai hasil yang sama dengan berusaha semaksimal mungkin memberikan perawatan yang baik untuk burung murai kesayangan anda. Namun bagaimana caranya untuk melakukan tahapan alamiahnya, yaitu dengan cara menjemur burung menggunakan kerodong.

Murai-Batu-Panglima

Memang hampir terlihat mirip dengan sauna, akan tetapi jika penjemuran sauna menggunakan krodong basah dan membasahi si kerodong tersebut, dan cara yang kita lakukan ini berbeda tentunya. Dengan cara menjemur kerodong dengan kondisi yang kering dan seperempat kerodong yang terbuka. Ingat bukan full kerodong lalu burung ini dijemur ya.

Dan apa manfaat dari penjemuran burung dengan langkah-langkah seperti ini, pengertiannya seperti ini : Dengan melakukan tretment ini berguna untuk melatih siburung agar mencapai titik birahi dan mendapatkan emosi dengan memiliki fisik daya tahan tubuh yang sudah terbiasa oleh suhu panas yang wajar hingga menjadikan kondisi si burung yang selalu FIT dan penuh dengan power stamina yang baik.

Berikut langkah-langkahnya dalam melakukan penjemuran menggunakan kerodong :

  • Sebelum menjemur burung ini menggunakan kerodong, seperti biasa anda mengeluarkan burung atau setelah di embun ya biarkan kondisi kandang jangan dikerodong dahulu, biarkan si burung tersebut menghirup udara segar pagi sampai terpapar sinar matahari pagi sekitar 10 sampai 15 menitan lah ya.
  • Setelah penjemuran pagi ini barulah boleh kandang burung mulai di kerodong, namun tetapi dibuka seperempat dari lingkaran kadang atau resleting dari kerodong tetap dibuka, agar oksigen udara masih bisa bersirkulasi dengan baik. Tidak disarankan mengkrodongnya dengan full atau tertutup semua ya.
  • Untuk wadah pakan dan minum tetap disediakan didalam kandang, jangan dicabut ya. Dikhawatirkan burung bisa dehidrasi bisa lapar dan kehausan dan bisa membuat burung bisa terkapar nantinya, repot lagi dah.
  • Untuk durasi lama penjemuran bisa disesuaikan dengan kebutuhan, dan anda harus melakukannya secara bertahap, pada penjemuran pertama lakukan selama 15 menitan, dihari besoknya di naikan waktunya sekitar 30 menit dan seterusnya hingga mencapai kuatnya fisik siburung yang menyesuaikan dan beradaptasi dengan suhu panas yang diberikan.
Baca selengkapnya :  Manfaat Umbaran Untuk Burung Murai Batu

Intinya dalah di penjemuran yang lebih mengarah ke setingan untuk mencapai stamina burung murai batu. Dengan cara ini sangatlah efektif harapannya untuk mendapatkan stamina yang bagus untuk burung murai batu walaupun tidak melakukan umbaran.

penjemuran-kerodong

Cara menggunakan suplemen

Tips yang kedua dengan menggunakan suplemen penambah stamina, atau sering disebutnya dengan doping. Memang cara ini cukup simple tidak ribet pada pola rawatan yang diberikan setiap harinya, jika burung ingin dilombakan, atau di trek di lapangan cukup memberikan suplemen pendongkrak stamina yang banyak dijual di pasaran ya.

Akan tetapi dengan cara ini banyak sekali membutuhkan biaya, sudah pasti harga dari suplemen yang dijual bukanlah harga yang murah ya, bisa mencapai 50 ribuan keatas, bahkan sampai ratusan ribu agar burung murai kita bisa memiliki stamina yang instan, seketika dan spontan untuk siap tarung dilapangan dengan stamina yang mumpuni. Dengan menggunakan cara ini memang tidak ada seninya dalam merawat burung kesayangan kita ya, akan tetapi kekurangannya jika diterapkan dalam jangka waktu yang panjang bisa menyebabkan permasalahan yang cukup serius bagi burung murai batu bisa rusak karena efek dari suplemen tersebut.

Saran pribadi dari saya, gunakanlah tips dan cara alamiah yang pertama cari aman ajalah ya, dan bisa lebih menikmati proses perawatannya yang kita berikan kepada murai batu kita. Demikian informasi singkat yang dapat kami bagikan kepada temen-temen kicau khususnya murai batu mania, semoga kiranya dapat menambah wawasan anda dalam merawat burung murai batu. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya :

√ Cara Mudah Melatih Fisik Dan Stamina Burung Kicau Agar Gacor

√ Manfaat Umbaran Untuk Burung Murai Batu