Mengenal Ciri Dan Perawatan Burung Prenjak Lumut

Diposting pada

Bagi para pecinta burung, memelihara burung kicau tentunya hal yang sangat menyenangkan. Apalagi jika burung tersebut memiliki kicauan yang unik dan menarik. Salah satu burung dengan kicauan yang khas adalah prenjak lumut.

Sebenarnya nama asli dari burung ini adalah cinenen pisang. Suara burung prenjak lumut seringkali dijadikan masteran untuk memancing burung lain berkicau. Berikut ini ulasan mengenai burung cinenen pisang.

Ciri ciri Burung cinenen pisang dan Suara Khasnya

Cinenen pisang termasuk jenis burung dengan ukuran yang kecil yaitu sekitar 10 cm. Adapun ciri ciri dari burung ini antara lain terdapat bulu berwarna merah karat di bagian atas kepala, sedangkan pada bagian sisi kepalanya berwarna keputihan.

jenis-prenjak-lumut

Burung ini memiliki alis dan mata yang kekuningan. Sedangkan bagian sayap hingga ekornya memiliki warna hijau zaitun. Pada bulu bagian bawah yang meliputi dagu sampai tunggir berwarna warna putih keabu abuan.

Biasanya burung ini sangat menyukai ranting pohon dan suka membentuk kelompok kecil. Di alam bebas, burung ini biasanya mencari makan berupa serangga kecil maupun ulat di antara dedaunan.

Biasanya untuk memperoleh burung ini anda harus membelinya di pasar burung, atau dengan menangkapnya di alam bebas. Caranya dengan menarik perhatian burung ini melalui suara burung ini baik yang asli mapun dengan pemutar audio mp3.

perawatan-prenjak-lumut

Suara burung prenjak lumut cukup banyak diminati karena kicauanya dengan variasi yang cukup banyak. Adanya perbedaan variasi inilah yang membuat suara burung ini seringkali digunakan untuk merangsang burung lain agar lebih rajin berkicau.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Cucak Keling, Mitos, Harga Dan Suara

Kicauan burung ini sangat khas dengan tembakannya yang tajam dan keras. Ada juga beberapa orang yang menggunakan suara kicauan betina untuk mendorong agar burung jantan semakin rajin gacor.

Baca juga artikel seputar burung prenjak :

Perawatan untuk Prenjak lumut agar Rajin Berkicau

Bagi anda yang menginginkan burung cinenen pisang lebih cepat gacor, maka perlu melakukan perawatan yang tepat mulai dari pemberian makanan hingga menjaga kebersihan kandangnya. Adapun jenis makanan untuk burung ini adalah ulat dan serangga.

Namun, agar burung ini mau makan voer, maka anda perlu menyiasati dengan mencampurkannya dengan kroto. Dengan asupan nutrisi yang tercukupi maka suara burung prenjak lumut akan lebih kencang.

Setelah burung ini sudah terbiasa memakan voer dan kroto maka anda bisa memisahkan keduabmakanann tersebut dengan menempatkan di tempat yang berbeda. Untuk pemberian makanan ambahan bisa dilakukan dengan memberikan jangkrik sebanyak 3 ekor pada saat pagi dan 2 ekor ketika memasuki sore hari. Akan lebih baik lagi jika anda memberikan jangkrik dengan mengambil bagian perutnya saja.

suara-prenjak-lumut

Selain itu, anda juga harus memnadikannya secara rutin agar kebersihan tubuhnya tetap terjaga. Hal ini dapat dilakukan dengan menyemprot air ke kandang maupun menyirami air dari ember saat memandikannya.

Setelah dimandikan, jangan lupa untuk menjemurnya. Penjemuran bisa dilakukan dengan menggantang di atas pepohonan atau teras yaitu mulai dari jam 7 hingga 10 pagi. Kondisi tubuh yang bersih akan membuat suara burung prenjak lumut lebih lantang.

Prenjak lumut memiliki suara yang cukup unik dengan kicauan yang bervariasi. Suaranya sangat kencang dan lantang sehingga banyak diminati para kicau mania. Bagi anda yang merawat burung ini, sebaiknya berikan makanan dengan nutrisi yang tepat agar lebih cepat gacor yaitu dengan membiasakan makan dengan voer dengan cara mencampurnya dengan kroto.

Selain itu, anda juga perlu menjaga kebersihan tubuhnya dengan cara memandikan burung ini secara rutin setiap paginya agar burung selalu fit dan sehat gacor tentunya.