Mengungkap Fakta Misteri Burung Dodo Yang Sudah Punah

Diposting pada

Kini hanya tinggal sebagai sebuah sejarah, keberadaan burung Dodo menghilang begitu cepat dari muka bumi. Sudah sekitar 300 tahun yang lalu, sejak keberadaannya dinyatakan menghilang dari bumi tercinta.

Kepunahan yang terjadi pada burung ini tampaknya tidak sia sia, sebab mereka meninggalkan pelajaran penting akan rapuhnya ekosistem pulau. Agar mengenalnya lebih dekat, berikut deretan fakta menarik yang dibawanya.

misteri-burung-dodo

Fakta Misteri Dari Si Burung Punah


1. Diperkirakan Punah Sejak Tahun 1662

Berdasarkan dari catatan sejarah yang tertinggal, pada tahun 1598 hewan satu ini pun ditemukan pertama kali oleh pelaut kebangsaan Belanda. Satu tahun berlalu, hewan ini pun mulai diburu oleh para pelaut tersebut.

Tidak hanya si Dodo yang hewan yang sudah punah, namun spesies invasif pun turut dihancurkan. Akibat dari pemusnahan tersebut, Dodo pun terakhir terlihat pada tahun 1662. Namun apa yang membuatnya menjadi hewan penuh misteri ?.

Hingga saat ini, kepunahan si burung Dodo tidak cepat diketahui ataupun disadari. Oleh karenanya, sebagian menganggap bahwa hewan satu ini hanyalah mitos belaka. Untuk memberikan bukti nyata, barulah di abad ke 19 pada peneliti Dodo dilakukan dengan berpatokan dari sisa sisa tengkorak kepala keringya.

Semakin menuai misteri, lantaran kepunahan Dodo dapat dikatakan terjadi hanya dalam kurun waktu kurang dari satu abad saja.

hewan-yang-sudah-punah

2. Tinggal di Sebuah Pulau Bernama Mauritius

Burung endemik yang berasal dari pulau Mauritius, hewan ini tinggal di negara kepulauan atau lebih tepatnya di sebelah timur Madagaskar. Karena keberadaannya yang sudah punah, Dodo jika dilihat sekilas sepertinya masih memiliki kerabat dengan burung burung moa, namun hanya bisa dibuktikan keberadaanya lewat gambar serta catatan tertulis yang berasal dari abad ke 17. Berdasarkan dari gambaran serta catatan tersebut, hewan ini digambarkan sebagai hewan yang gemuk, dengan warna bulu abu abu kecoklatan.

Baca selengkapnya :  Inilah Standar Penilaian Gantangan Burung Kacer

Ciri lain yang digambarkan, yaitu kakinya yang berwarna kuning dengan sejumput bulu ekor serta paruhnya yang tebal. Namun siapa sangka, si burung Dodo miliki kerabat dekat bernama rodrigues solitaire yang keberadaannya juga dinyatakan telah punah. Namun yang anehnya lagi burung satu ini jika dilihat sekilas mirip dengan quagga, dan ada juga yang mengatakan mirip dengan harimau tasmania.

Namun hewan satu ini juga miliki kerabat lainnya, yang bernama merpati Nicobar. Meski dikatakan sebagai burung, pada kenyataannya hewan yang dinyatakan punah ini masuk dalam burung yang tidak bisa terbang.

3. Miliki Kemampuan Berlari Cepat

Meski tidak memiliki kemampuan terbang layaknya burung pada umumnya, hasil studi menyatakan bila tulang kakinya mengatakan bila burung satu ini dapat berlari cukup cepat.

Ketidakmampuannya untuk terbang, karena burung ini miliki ukuran sayap yang kecil nan pendek. Tak hanya sampai disitu, berdasarkan data yang didapatkan bila otot dada dan sayapnya lemah sehingga tidak memungkinkan untuk membawanya terbang.

Para ahli biologi menuturkan bila, hewan ini kehilangan kemampuan terbangnya karena tak memiliki pemangsa. Hidupnya yang bisa dikatakan jauh dari predator, membuatnya tidak mengembangkan kemampuan untuk bertahan hidup. Terlanjur beradaptasi dengan lingkungannya yang damai, membuat sayapnya tumbuh kecil dan tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Sedangkan kemampuan berlarinya, didapatkan dari kakinya yang kuat untuk menompang berat tubuhnya yang digambarkan cukup besar tersebut. Dari kekuatan kakinya tersebut, membuatnya mampu berlari dengan gesit. Sehingga anda tidak bisa meremehkannya, hanya karena si burung Dodo tidak mampu terbang seperti burung kebanyakan.

Burung jenis ini merupakan hewan yang sudah punah sejak beberapa abad silam, ada yang mengatakan bahwa keberadaannya hanyalah mitos belaka. Namun pada abad ke 19, para peneliti pun melakukan penelitian berdasarkan dari sisa sisa tulang kepala yang ada hingga kini.

Baca selengkapnya :  Jenis Burung Cililin, Perawatan, Habitat, Harga, Suara

Kepunahan si Dodo yang terjadi begitu cepat, mengundang tanda tanya yang cukup besar hingga kini. Namun ada pula yang mengatakan bila, manusialah yang harus bertanggung jawab atas punahnya hewan tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami berikan tentang burung dodo. Jika saya ada kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf. Semoga kiranya dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi teman-teman kicau semua.